11 Ide Bisnis Anak Kuliahan

Apa ide bisnis anak kuliahan tanpa modal? Apakah kamu seorang mahasiswa yang giat dan ingin memulai bisnis selagi kuliah? Apakah kamu ingin lulus dari kampus tanpa harus mencari pekerjaan dan tergantung pada orang tua.

Dengan meningkatnya biaya kuliah dan biaya pengeluaran lain-lainnya, sangat penting  untuk anak kuliahan mendapat pekerjaan atau bisnis sampingan, tapi karena pengaruh ekonomi yang buruk makin sedikit peluang kerja, semakin ketatnya persaingan, dan banyaknya pekerjaan yang diotomatisasi dengan teknologi. Jadi bersiaplah untuk menghadapi realita ekonomi dan kehidupan yang keras.

Tapi kamu bisa hidup enak dan mencapai kesuksesan karir jika menerapkan strategi yang tepat, memulai bisnis ketika kuliah akan mengajarkanmu tentang tanggung jawab dan kesuksesan. Ada banyak ide bisnis anak kuliahan seperti game online, bikin kue, bikin aksesoris lucu, jual gadget, dll. Tanpa basa basi lagi berikut ide bisnis anak kuliahan yang menguntungkan

Ide Bisnis Anak Kuliahan

Desain Grafis
Jika kamu punya keahlian dalam desain kreatif dan mempunyai karya yang bisa dibanggakan, kamu bisa memulai bisnis desain grafis. Kamu bisa menawarkan pada mahasiswa atau dosen yang ingin mempercantik riset, laporan, atau presentasi mereka. Kamu bisa mendapat penghasilan tambahan dari mendesign banner untuk acara-acara kampus.

bisnis anak kuliahan
Event Organizer
Banyak acara rangkaian kampus dari pihak mahasiswa untuk malam penghargaan, matrikulasi dan acara-acara pertemuan. Kamu bisa tuh menawarkan layanan kamu untuk merencanakan dan menghandle acara tersebut dan mendapat bayaran.

Meskipun memulai bisnis ini sangat menantang karena anda perlu meyakinkan sponsor sehingga kamu bisa dengan mudah menghandle pekerjaan ini. Pertama-tama kamu bisa menawarkan pekerjaan ini secara gratis untuk membuktikan bahwa kamu event organizer yang bisa diandalkan.

Katering Mahasiswa
Kamu bisa membuat bisnis katering sarapan, makan siang, dan makan sore dan mengantarkannya untuk mahasiswa yang butuh jasa kamu, biasanya mahasiswa yang malas keluar kos, menghindari pantangan makanan tertentu, sehat dan praktis.

Persewaan Alat-Alat Camp
Hobi mendaki gunung sudah menjakiti sebagian besar mahasiswa, tapi membeli perlengkapan naik gunung dan tenda sangat mahal dan jarang dipakai, sehingga mahasiswa memilih untuk menyewa peralatan selain praktis juga lebih murah. Peluang bisnis ini masih jarang dan sangat menguntungkan.

Fotografi dan Videografi
Mahasiswa yang suka menangkap momen indah dalam foto, membuat atau mengedit video bisa menjual jasa untuk dokumentasi acara, dan pesanan-pesanan untuk profil perusahaan.

Bermain Game Online
Para penggila game bisa memanfaatkan game online menjadi ladang uang mereka seperti jasa joki menaikkan level karakter, menjual uang virtual, dan menjual barang-barang langka yang jarang didapatkan dalam game, dll.

Penulis Freelance
Jika kamu ahli dalam kata atau ahli dalam bahasa tertentu kamu bisa memulai bisnis penulis freelance ini, promosikan jasa kamu dalam membuat artikel, review, postingan blog, eBook, press release, proposal bisnis di forum online, sosial media.

Bisnis E-Commerce
Jika kamu punya teman yang ingin menjual barang kamu bisa menjualkan barang teman kamu itu dan menawarkan di internet, caranya simpel ambil foto terbaik lengkap dengan deskripsi produk sehingga pembeli potensial bisa menawar produk tersebut, buat perjanjian untuk komisi produk yang akan kamu bantu jual, sering-seringlah bertanya pada temanmu jika ingin menjualkan sesuatu, atau kamu bisa menjual program affiliate.

Jualan Kue atau Jajanan Kantin
Kamu punya keahlian membuat kue atau jajanan tertentu, buatlah jajanan tersebut dan kamu bisa mempromosikan kue buatanmu dengan tester dan jika enak biasanya teman-temanmu akan pesan lagi dan lagi. Bisa juga kamu titipkan kantin kampus, jangan lupa mencantumkan brand dan kontak kamu agar bisa mendapat pesanan.

Guru dan Tutor Les
Sebagai mahasiswa, kamu pasti punya keahlian di satu atau dua mata pelajaran. Kamu bisa mendapat uang dari mengajar murid yang tidak ahli dalam mata pelajaran tersebut.

Presenter (MC)
Kamu bisa menjadi presenter untuk acara-acara kampus, event-event diluar kampus, dan pesta.

Beberapa ide bisnis kreatif dapat terinspirasi dari produk yang sudah ada di pasaran. Ambil contoh minuman cincau, yang sekarang datang dengan berbagai macam varian rasa dan sangat disukai pecinta minuman.

Kebanyakan ide bisnis anak kuliahan yang dimulai dari kecil bisa mendatangkan profit yang besar, dan peluang-peluang bisnis ini memudahkan mahasiswa karena bisa dikerjakan dari rumah, kos atau lingkungan kampus.

Jika kamu punya ide-ide lain tentang bisnis anak kuliahan bisa kamu tuliskan pada kolom komentar di bawah. Jangan lupa share, like, dan retweet artikel ini yaa. Selamat berbisnis!