9 Bisnis Sampingan Karyawan untuk Orang yang Sibuk

Mempunyai bisnis sampingan karyawan ketika anda sudah memiliki pekerjaan tetap yang full-time tentu tidaklah mudah, tetapi tentu hasilnya (peningkatan jaminan finansial dan rasa kepuasan) membuat waktu anda tidak terbuang percuma.

9 ide bisnis sampingan karyawan untuk orang sibuk ini dapat dikerjakan pada waktu malam hari, weekend, bahkan pada jam makan siang, dimana artinya bisnis sampingan karyawan ini dapat berjalan bersama pekerjaan utama anda (pastikan anda tidak melanggar kebijakan perusahaan anda).

Ide Bisnis Sampingan Karyawan

Website Designer
Jika kamu mempunya keahlian di bidang teknik dan sisi artistik dari pembuatan web di pekerjaan utamamu, maka carilah klien tambahan di sela-sela pekerjaanmu adalah cara mudah mendapatkan penghasilan tambahan. Karena setiap orang dari perusahaan besar sampai freelancers membutuhkan website untuk melancarkan pekerjaannya. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja 28.500 posisi website designer dibutuhkan sampai tahun 2022

bisnis sampingan karyawan
Konsultan Sosial Media
Orang yang terbiasa dan ahli dengan Facebook, Twitter, Linkedln, Pinterest dan banyak situs social media lainnya dapat memanfaatkan keahlian mereka untuk membantu orang/perusahaan tertentu mengembangkan brand atau berjualan. Ada kebutuhan besar di tahun sosial media ini karena sebagian besar masyarakat menggunakan sosial media dimanapun dan kapanpun.

Developer Aplikasi
Pekerjaan ini mungkin tidak eksis satu dekade yang lalu, tapi terus berkembang pesat akhir-akhir ini. Situs iPhone app market sendiri memposting 4.318 lowongan pekerjaan di Freelancer.com pada kuartal pertama tahun 2013. Menurut data PayScale.com, developer aplikasi wiraswasta maupun yang part-timer mendapatkan rata-rata $40 per jam. Developer aplikasi dapat membuat apps mereka sendiri ataupun bekerja untuk klien.

Illustrator
Illustrator adalah pekerja seni yang menciptakan logo sebuah blog, cover e-book sampai banner website, pengerjaan bisa hanya dengan tangan atau program computer. Range klien dari perusahaan besar sampai freelancer yang mau membuat blog atau website mereka tampak professional. Anda bisa memulai mencari bisnis sampingan karyawan ini di situs online seperti Dribbble.com

Penjaga Hewan Peliharaan
Merawat hewan peliharaan orang lain termasuk mengajak jalan anjing sampai menjaga kucing atau memberi makan ikan. Ya walaupun ini bukan pekerjaan yang dibayar mahal. Pekerjaan ini temasuk relatif mudah, apalagi untuk orang yang punya waktu fleksibel dan cinta hewan.

Instruktur Yoga
Mengingat jam sporadik instruktur yoga, pekerjaan ini dapat dilakukan dengan pekerjaan utama, dimana tidak ada hubungannya sama sekali dengan apa yang instruktur yoga kerjakan di matras. Pelatihan instruktur yoga sangat intensif, membutuhkan sektar 200 jam (atau lebih) untuk latihan dan belajar. Kelas yoga biasanya sore-malam setelah pulang kerja atau weekend, dimana mengajar yoga mudah diatur dengan pekerjaan utama kita.

Penjual Bunga (florist)
Menjual karangan bunga untuk pernikahan, ucapan selamat sampai berbela sungkawa bisa menjadi alternatif pilihan bisnis sampingan karyawan yang bisa anda kerjakan di sela-sela pekerjaan utama anda. Bisnis ini bisa terus berkembang asal anda punya daftar konsumen, membangun brand secara online atapun bertumbuh dengan promosi mulut ke mulut.

Blogger
Blogger umumnya tidak menghasilkan banyak uang dari blog sendiri. Tetapi mereka menghasilkan uang dari berbagai aktivitas seperti mengelola website orang lain atau menyediakan konten bagi para pelaku bisnis internet. Blogger juga mendapat uang dari mengajari orang lain, menjual produk seperti digital guide atau webinar, dan mengajar workshop. Blogging sangat mudah dikerjakan untuk bisnis sampingan, karena menulis bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja.

Guru Bimbel atau Guru Les
Tutor sangat membantu murid mengajarkan mata pelajaran yang mereka tidak bisa. Guru les bisa mengajar di rumah mereka sendiri, datang ke tempat murid atau melamar ke tempat bimbel. Adapun guru les yang mengajar murid disabilitas atau yang punya kondisi kesehatan.


Contoh-contoh bisnis sampingan karyawan yang tercantum diatas hanya sebagian, ada banyak pilihan lain yang dapat anda pertimbangkan dan anda hanya perlu riset dan cocokkan dengan keahlian anda, bagaimana pekerjaan ini berdampak pada kehidupan anda dan pekerjaan utama anda. Selamat berbisnis sampingan!