5 Tips Memulai Bisnis Internet yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan



Sesederhana kedengarannya sih, memulai bisnis internet bukanlah sesuatu yang dapat dengan mudah dilakukan. Sama seperti usaha biasa, ada banyak hal yang perlu untuk anda rencanakan dan pertimbangkan juga. 

Jika Anda telah berpikir dan mencari tips memulai bisnis internet Anda sendiri dan tidak tahu dimana dan bagaimana untuk memulai, berikut adalah tips yang anda tidak boleh lewatkan: 



Tips Memulai Bisnis Internet

Tahu tentang Bisnis Anda
Anda perlu memutuskan bagaimana tepatnya Anda akan mendapatkan penghasilan secara online. Apakah Anda akan menjual produk atau menawarkan jasa? Jika Anda menjual barang-barang fisik, akankah barang-barang tersebut dibuat oleh Anda atau orang lain? Selanjutnya, Anda akan langsung menjual mereka atau akan Anda hanya bekerja sebagai afiliasi? Ini hanya beberapa hal yang perlu Anda tentukan sebelum Anda akan memulai bisnis internet online

tips memulai bisnis internet
Tahu Siapa Audiens Anda
Audiens Anda adalah target pasar Anda. Jika Anda tidak mengenal mereka, pada siapa akan Anda tawarkan bisnis Anda? Anda tentu tidak bisa menawarkan apapun kepada semua orang. Dunia maya adalah tempat yang besar dan jika Anda gagal untuk mempersempit konsentrasi Anda pada pasar tertentu, Anda mungkin akan gagal dan merugi dalam waktu singkat. 

Membeli Domain dan Hosting
Meskipun mungkin benar bahwa Anda dapat memulai bisnis internet tanpa harus membeli nama domain dan hosting Anda sendiri, pembelian hosting dan domain lebih disarankan untuk anda melakukannya. Ini memberi Anda kebebasan total bagaimana Anda ingin situs Anda terlihat dan branding yang paling terpenting. 
Beberapa hal yang perlu Anda ingat ketika berpikir tentang nama domain adalah:

  • Domain harus pendek, mudah diucapkan, dan mudah diingat
  • Domain harus mudah dieja
  • Domain harus mencerminkan tentang apa situs anda
  • Sebisa mungkin, domain harus memiliki ekstensi dot com (.com) karena ekstensi ini adalah domain yang kebanyakan orang pikirkan ketika mengingat nama domain

Pelajari dan Terapkan Teknik Copywriting
Anda tidak bisa menganggap remeh copywriting ketika Anda menjalankan dan memulai bisnis internet. Anda harus terus-menerus diingatkan bahwa Anda tidak memiliki kemampuan untuk melihat klien secara fisik, Anda perlu menemukan cara-cara bagaimana pribadi Anda akan terdengar oleh mereka. Pelajari dasar-dasar copywriting dan tentukan bagaimana copywriting dapat membantu Anda memasarkan bisnis Anda. Buatlah kata-kata di layar komputer anda seolah-olah klien anda benar-benar ada, berlatih berbicara dengan pembaca secara pribadi. 

Mendatangkan Traffic
Sebuah traffic yang baik berarti Anda memiliki jumlah pemirsa atau pengunjung yang banyak dan tertarget. Hal ini sangat penting jika Anda ingin berhasil di bisnis online Anda karena pembaca atau pelanggan yang sama adalah pelanggan potensial Anda.

Artikel terkait: 5 cara meningkatkan SEO website

Menghasilkan traffic yang baik juga penting karena memungkinkan Anda untuk menjadi lebih terlihat tidak hanya untuk pengguna internet tetapi untuk mesin pencari juga. Jika mesin pencari melihat Anda dan (dengan usaha Anda) menempatkan Anda di atas daftar (halaman pertama) mesin pencari, maka Anda pasti bisa menikmati aliran pendapatan anda dengan mantap. Ini adalah tips memulai bisnis internet yang dapat membantu Anda sukses dalam mengejar karir Anda.
IBX5B627F64244B2