Bagaimana Cara Memulai Usaha Roti Rumahan

Roti telah lama menjadi makanan pokok bagi manusia, roti dengan varietas dan rasa yang berbeda telah dibuat dan dijual pada perusahaan komersial yang dikenal sebagai bakery. Banyak orang memasukkan roti dalam diet harian mereka karena sudah siap makan dan mudah dikonsumsi; sehingga membuat usaha roti sangat menguntungkan.

Menurut perusahaan riset swasta, usaha roti dan bakery termasuk top 10 industri yang cepat berkembang untuk bisnis kecil pada tahun 2014. Jadi, jika anda pembuat roti yang terampil dengan keahlian entrepreneur, memulaui usaha roti rumahan merupakan langkah yang menguntungkan. And juga harus memahami bagaimana merencanakan startup dan menjalankan bisnis secara efektif untuk menghasilkan pendapatan yang cukup untuk bertahan dalam bisnis ini dan mendapat keuntungan. Berikut langkah-langkah bagaimana cara memulai usaha roti rumahan:

Memulai usaha roti rumahan

Tentukan jenis usaha roti apa yang ingin anda jalankan. Anda dapat memilih untuk hanya menjual kue atau roti, muffin, donat dan roti panggang lainnya. Anda juga dapat menjual kombinasi antara kue-kue khusus (rainbow cake, red velvet, black forest) dan roti-roti pada umumnya. Beberapa orang membuka usaha kue-kue khusus atau kue untuk acara special seperti pernikahan dan ulang tahun. Tentukan jika anda ingin menjual roti anda secara langsung (etalase saja) atau anda memungkinkan orang-orang untuk duduk dan menikmati roti di tempat anda, tentukan juga minuman panas dan dingin sebagai pendamping roti.


cara memulai usaha roti rumahan
Tentukan lokasi. Jika anda memulai usaha roti rumahan, pastikan tempatnya cikup untuk mengakomodasi oven roti, rak panggang, tempat penyimpanan, konter, meja, dan kursi. Pertimbangkan juga kamar kecil dalam rencana anda. Jika anda berencana untuk mengoperasikan jenis kafe roti dimana orang bisa makan di tempat, anda perlu menambahkan toilet umum. Jika hanya toko roti etalase dimana anda menjual roti langsung dibawa pulang, anda hanya butuh ruang yang tidak terlalu besar untuk anda dan staff anda.

Mengetahui peraturan kesehatan kota dan negara. Pastikan lokasi anda lolos inspeksi kesehatan dan kelayakan dari dinas kesehatan.

Periksa harga peralatan yang akan anda gunakan. Beberapa peralatan mungkin berharga jutaan – puluhan juta rupiah; oleh karena itu, berkelilinglah dan bandingkan harga antara toko satu dan toko lainnya.

Pertimbangkan pembiayaan dari bank. Mendapatkan pinjaman untuk usaha kecil melalui bank atau institusi microfinance lainnya. Dari modal yang anda dapatkan ini cukup untuk menutupi pembelian peralatan, bahan-bahan, biaya produksi, utilitas, furniture, renovasi, launching toko, dan gaji pegawai sampai 6 bulan.

Artikel terkait: apa itu microfinance?

Dapatkan pengalaman saat merencanakan masa depan anda. Setiap usaha tidak dapat langsung tumbuh dalam semalam, anda membutuhkan rencana dan mempunyai tujuan jangka panjang. Ketika merencanakan bisnis anda kedepannya anda bisa belajar mengembangkan usaha roti anda, dengan cara membuat resep roti yang enak dan banyak disukai dan bagaimana cara melayani pelanggan. Anda juga bisa belajar di sekolah kuliner sebagai pastry chef untuk belajar teknik membuat kue yang tidak anda pelajari di rumah.

Rekrut pegawai. Anda membutuhkan seorang kasir, pelayan pelanggan dan pembuat/pemanggang roti. Tentukan berapa orang yang anda butuhkan untuk membantu memanggang roti, penyajian dan menangani pelanggan sesuai kebutuhan usaha roti anda. Anda mungkin membutuhkan satu atau dua pemanggang roti yang berpengalaman, satu orang kasir bekerja untuk anda.

Buatlah website dan sosial media. Manfaatkan website dan sosial media sebagai alat marketing anda menjual roti, eksplorasi keunikan produk roti dan brand anda dan gunakan hal tersebut untuk menarik minat para penikmat roti. Pertimbangkan juga untuk pemesanan secara online dan pengiriman ke luar daerah anda.


Persiapan membuka usaha roti rumahan. Iklankan pembukaan usaha anda dengan mencantumkan iklan di koran atau menyebarkan selebaran. Anda juga dapat mengadakan acara amal dan meberikan roti dengan label anda secara gratis. Berikan kartu nama dan selebaran kepada mereka sebagai bentuk promosi.