Strategi
marketing restoran adalah alat yang sangat berguna bagi pengusaha restoran. Mungkin ini adalah saat yang tepat bagi anda untuk mengganti
atau memperbarui strategi marketing anda dan belajar dari bisnis restoran yang
suskses di luaran sana. Disini anda akan belajar cara memperkuat strategi anda
dalam hal memasarkan restoran, apa yang berhasil dan apa yang tidak.
Marketing restoran tidak
selalu sama setiap waktu. Sangat penting untuk restoran untuk merambah internet
dan membangun keberadaan secara online. Dewasa ini banyak orang menggunakan
internet untuk mencari restoran yang mereka inginkan. Mereka menggunakan mesin pencari untuk menemukan situs review
konsumen untuk menemukan restoran dan menentukan dimana mereka akan menggunakan
uangnya. Mereka ingin melihat menu sebelum berkunjung dan lebih memfavoritkan
restoran yang mempunyai keberadaan secara online.
Artikel terkait: Desain logo bisnis untuk kesuksesan branding anda
menemukan situs review konsumen untuk menemukan restoran dan menentukan
dimana mereka akan menggunakan uangnya. Mereka ingin melihat menu sebelum
berkunjung dan lebih memfavoritkan restoran yang mempunyai keberadaan secara
online.
Lakukanlah pencarian di
google dan ketik nama restoran anda. Peringkat berapa anda? Apakah anda berada
pada halaman pertama pencarian? Pertimbangkan kompetisi anda, apakah pelanggan
anda akan memilih restoran berdasar hasil pencarian? Berikut stragi marketing
restoran secara online yang bisa anda lakukan
Strategi Marketing Restoran Secara Online yang Bisa anda Coba
Selalu Up to Date. Siapkan
diri anda untuk selalu mengetahui trend, fakta, dan perkembangan terbaru akan
membantu anda menganalisa strategi marketing restoran anda. Haruskah anda
merubah cara promosi? Dll.
Punya Website yang
Fungsional. Apakah pelanggan anda bisa menemukan restoran secara online? Pastikan
mereka bisa, dengan website yang teroptimasi anda bisa mempengaruhi pelanggan
seperti yang anda inginkan. Kuncinya adalah bagaimana pelanggan menuju website
anda sebelum menemukan restoran kompetitor. Anda bisa membuat blog tentang
makanan, daftar menu spesial dan mengarahkan pengunjung website anda menuju
sosial media dan situs review online.
Terlibat dalam praktik SEO
lokal. Website bukan hanya untuk perusahaan besar, Sekarang banyak bisnis kecil
menyadari tentang pentingnya memiliki website dan mengimplementasikan strategi
internet marketing. Pastikan 100% website anda muncul pada halaman pertama google dengan kata kunci yang relevan dengan restoran anda (misal: bebek goreng
bandung).
Artikel terkait: Cara meningkatkan SEO website
Artikel terkait: Cara meningkatkan SEO website
Mengundang food bloggers. Undanglah
food blogger lokal untuk me-review restoran anda dengan imbalan berupa makanan
dan pelayanan gratis. Link dari blog/website luar akan membantu anda menaikkan
peringkat pencarian anda pada mesin pencari, dan review yang positif akan
meningkatkan reputasi anda.
Pantau situs review. Bisnis
anda berjalan atau tidak berdasar reputasi. Perhatikan apa yang orang katakan
tentang restoran anda. Disinilah dimana pelanggan offline anda mengumumkan
secara online pengalamannya (berharaplah agar positif) tentang restoran anda. Dan
jangan lupa berterimakasih atas review positif dan tuntaskan masalah dari review
negatif.
Buatlah fungsi reservasi pada
website anda. Cara ini memudahkan pelanggan untuk memesan meja daripada
repot-repot menelepon. Mereka lebih memilih reservasi dengan beberapa kali
klik.
Kembangkan database email
anda. Jika anda membandingkan dengan strategi marketing secara langsung, email
marketing lebih efisien, ramah lingkungan dan cepat sampai pada pelanggan.
Promosikan penawaran anda dari email atau sosial media.
Dapatkan atensi dari sosial
media. Perkuat marketing mulut ke mulut anda dengan keberadaan sosial media.
Hal ini memberikan anda kelebihan untuk terlibat dengan pelanggan anda 365 hari
selama setahun. Persembahkan brand anda dan ajak pelanggan untuk berbagi
cerita. Pengalaman yang tidak ternilai.
Berikan sedikit insentif agar
orang memperhatikan. Berikan insentif agar calon pelanggan anda follow anda di
sosial media atau datang ke restoran, dan buatlah agar telihat simpel. Jika
anda secara terus menerus mencatumkan menu spesial pada Facebook anda, pelanggan
anda juga akan bosan, kreasikan, jangan takut untuk membuat kejutan, jadilah
bagian dari komunitas lokal.
Adakan kontes. Ini salah satu cara terbaik untuk memberi penghargaan pada fans sosial media anda, mengembangkan
basis pelanggan dan fans anda, bawa pelanggan baru, dan loyalitas. Berikan
pelanggan anfa kesempatan untuk memenangkan hadiah besar dan anda memberikan
alasan untuk mereka kembali lagi.
Artikel terkait: 5 cara meningkatkan loyalitas pelanggan
Berikan penampilan fresh pada
menu anda. Jika anda sudah mempunyai desain yang bagus dan bekerja dengan baik,
mungkin ini tidak perlu. Jika anda mempunyai menu yang membosankan dan
ketinggalan jaman, pelanggan akan berpikir makanan anda tidak memikat lagi.
Bertanyalah! Bertanyalah apa
makanan dan pelayanan yang kurang memuaskan dari restoran anda. Dan perbaiki
kualitas testoran anda dari waktu ke waktu.
Kelola reputasi online anda.
Situs review menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari reputasi bisnis
restoran, dan review negatif menjadi potensi yang berbahaya untuk bisnis anda.
Mintalah pada pelanggan yang puas terhadap pelayanan anda denga menulis review
adalah cara terbaik mengelola reputasi online anda
Cara-cara diatas adalah
strategi marketing restoran secara online. Selalu ingat bahwa tidak cukup untuk
berpromosi secara offline, sedangkan kita sudah memasuki era digital dan
beraktivitas secara online. Jadilah pemilik bisnis restoran yang interaktif
ddan bertanggung jawab.