12 Strategi Marketing Restoran Secara Online

Strategi marketing restoran adalah alat yang sangat berguna bagi pengusaha restoran. Mungkin ini adalah saat yang tepat bagi anda untuk mengganti atau memperbarui strategi marketing anda dan belajar dari bisnis restoran yang suskses di luaran sana. Disini anda akan belajar cara memperkuat strategi anda dalam hal memasarkan restoran, apa yang berhasil dan apa yang tidak.

Marketing restoran tidak selalu sama setiap waktu. Sangat penting untuk restoran untuk merambah internet dan membangun keberadaan secara online. Dewasa ini banyak orang menggunakan internet untuk mencari restoran yang mereka inginkan. Mereka menggunakan mesin pencari untuk menemukan situs review konsumen untuk menemukan restoran dan menentukan dimana mereka akan menggunakan uangnya. Mereka ingin melihat menu sebelum berkunjung dan lebih memfavoritkan restoran yang mempunyai keberadaan secara online.


menemukan situs review konsumen untuk menemukan restoran dan menentukan dimana mereka akan menggunakan uangnya. Mereka ingin melihat menu sebelum berkunjung dan lebih memfavoritkan restoran yang mempunyai keberadaan secara online.

Lakukanlah pencarian di google dan ketik nama restoran anda. Peringkat berapa anda? Apakah anda berada pada halaman pertama pencarian? Pertimbangkan kompetisi anda, apakah pelanggan anda akan memilih restoran berdasar hasil pencarian? Berikut stragi marketing restoran secara online yang bisa anda lakukan

Strategi Marketing Restoran Secara Online yang Bisa anda Coba

strategi marketing restoran
Selalu Up to Date. Siapkan diri anda untuk selalu mengetahui trend, fakta, dan perkembangan terbaru akan membantu anda menganalisa strategi marketing restoran anda. Haruskah anda merubah cara promosi? Dll.

Punya Website yang Fungsional. Apakah pelanggan anda bisa menemukan restoran secara online? Pastikan mereka bisa, dengan website yang teroptimasi anda bisa mempengaruhi pelanggan seperti yang anda inginkan. Kuncinya adalah bagaimana pelanggan menuju website anda sebelum menemukan restoran kompetitor. Anda bisa membuat blog tentang makanan, daftar menu spesial dan mengarahkan pengunjung website anda menuju sosial media dan situs review online.

Terlibat dalam praktik SEO lokal. Website bukan hanya untuk perusahaan besar, Sekarang banyak bisnis kecil menyadari tentang pentingnya memiliki website dan mengimplementasikan strategi internet marketing. Pastikan 100% website anda muncul pada halaman pertama google dengan kata kunci yang relevan dengan restoran anda (misal: bebek goreng bandung).

Artikel terkait: Cara meningkatkan SEO website

Mengundang food bloggers. Undanglah food blogger lokal untuk me-review restoran anda dengan imbalan berupa makanan dan pelayanan gratis. Link dari blog/website luar akan membantu anda menaikkan peringkat pencarian anda pada mesin pencari, dan review yang positif akan meningkatkan reputasi anda.

Pantau situs review. Bisnis anda berjalan atau tidak berdasar reputasi. Perhatikan apa yang orang katakan tentang restoran anda. Disinilah dimana pelanggan offline anda mengumumkan secara online pengalamannya (berharaplah agar positif) tentang restoran anda. Dan jangan lupa berterimakasih atas review positif dan tuntaskan masalah dari review negatif.

Buatlah fungsi reservasi pada website anda. Cara ini memudahkan pelanggan untuk memesan meja daripada repot-repot menelepon. Mereka lebih memilih reservasi dengan beberapa kali klik.
Kembangkan database email anda. Jika anda membandingkan dengan strategi marketing secara langsung, email marketing lebih efisien, ramah lingkungan dan cepat sampai pada pelanggan. Promosikan penawaran anda dari email atau sosial media.

Dapatkan atensi dari sosial media. Perkuat marketing mulut ke mulut anda dengan keberadaan sosial media. Hal ini memberikan anda kelebihan untuk terlibat dengan pelanggan anda 365 hari selama setahun. Persembahkan brand anda dan ajak pelanggan untuk berbagi cerita. Pengalaman yang tidak ternilai.

Berikan sedikit insentif agar orang memperhatikan. Berikan insentif agar calon pelanggan anda follow anda di sosial media atau datang ke restoran, dan buatlah agar telihat simpel. Jika anda secara terus menerus mencatumkan menu spesial pada Facebook anda, pelanggan anda juga akan bosan, kreasikan, jangan takut untuk membuat kejutan, jadilah bagian dari komunitas lokal.

Adakan kontes. Ini salah satu cara terbaik untuk memberi penghargaan pada fans sosial media anda, mengembangkan basis pelanggan dan fans anda, bawa pelanggan baru, dan loyalitas. Berikan pelanggan anfa kesempatan untuk memenangkan hadiah besar dan anda memberikan alasan untuk mereka kembali lagi.


Berikan penampilan fresh pada menu anda. Jika anda sudah mempunyai desain yang bagus dan bekerja dengan baik, mungkin ini tidak perlu. Jika anda mempunyai menu yang membosankan dan ketinggalan jaman, pelanggan akan berpikir makanan anda tidak memikat lagi.

Bertanyalah! Bertanyalah apa makanan dan pelayanan yang kurang memuaskan dari restoran anda. Dan perbaiki kualitas testoran anda dari waktu ke waktu.

Kelola reputasi online anda. Situs review menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari reputasi bisnis restoran, dan review negatif menjadi potensi yang berbahaya untuk bisnis anda. Mintalah pada pelanggan yang puas terhadap pelayanan anda denga menulis review adalah cara terbaik mengelola reputasi online anda


Cara-cara diatas adalah strategi marketing restoran secara online. Selalu ingat bahwa tidak cukup untuk berpromosi secara offline, sedangkan kita sudah memasuki era digital dan beraktivitas secara online. Jadilah pemilik bisnis restoran yang interaktif ddan bertanggung jawab.