Bisnis yang ingin brand-nya tidak terlupakan membutuhkan
desain logo yang mudah diingat.
Logo adalah hal pertama dari bisnis yang dilihat oleh
pelanggan, sehingga membuat logo yang tepat sangat penting untuk membuat
impresi yang baik dari bisnis anda.
Dan Ferguson, direktur pemasaran dari DesignCrowd,
mengatakan bahwa desain logo bisnis yang dibuat dengan teliti dan cemerlang
adalah elemen sentral dari desain branding bisnis anda.
“Desain logo bisnis mengkomunikasikan volume tentang
siapakah diri anda dan nilai apa yang anda pegang,” kata Ferguson. “Namun
beberapa (bisnis kecil dan menengah) meluangkan waktu untuk untuk melangkah
mundur dan berpikir tentang apa yang logo mereka benar-benar katakan tentang
identitas branding mereka.”
Ketika merancang logo, buatlah agar bisnis tampak menjaga
kekonsistenan, simpel, dan mudah diingat, kata ferguson.
“Pikirkan hati-hati tentang warna, bentuk, pola dan font
tulisan yang anda gunakan dan juga emosi apa yang ditimbulkan oleh logo kepada
brand anda” kata dia. “JIka ada ketidaksesuaian antara identitas, nilai dan
logo anda, akan menyebabkan anda sulit untuk memasarkan sebuah brand yang
membingungkan dan tidak menarik.
Untuk membantu bisnis kecil, Ferguson menggaris bawahi
bagaimana warna, bentuk, dan fonts logo anda mempengaruhi cara pelanggan melihat
brand anda:
Desain Logo Bisnis yang Baik
Sinyal Warna
Psikologi warna memainkan peran besar dalam menyampaikan
pesan apa yang logo anda kirim dan interpretasikan. 80 persen pelanggan percaya bahwa warna
mempengaruhi pengenalan brand anda, dan lebih dari 84 persen mengatakan bahwa
warna adalah alasan utama mereka membeli produk anda. Apa yang warna logo anda
sampaikan tentang brand anda? Emosi apa yang dimunculkan dari warna logo anda?
Bentuk yang memberi pesan
Bentuk logo berarti lebih dari yang anda pikirkan. Bentuk
logo digunakan untuk meningkatkan makna brand anda, dan memberikan wawasan
lebih dalam kepada identitas dan pesan emosional.
Desain melingkar, misalnya, dapat menyampaikan pesan-pesan
positif, daya tahan, komunitas, dan bahakan feminitas. Bayangkan World Wide
Fund (WWF) atau Chanel.
Desain persegi, atau penggunaan sudut tajam, mengandung arti
pesan keseimbangan, simetri, kekuatan, profesionalisme, dan efisiensi.
Contohnya adalah Adobe atau National Geographic.
Desain yang didominasi segitiga mengkomunikasikan pesan
untuk kemaskulinan, kuat, keilmiahan, hukum, dan religious. Contoh populer adalah
Adidas dan Google Play.
Garis pada logo anda penting juga. Garis horizontal
menyampaikan emosi yang terkait dengan ketenangan, dan komunitas, sedangkan
garis vertical lebih terkait dengan kekuatan, agresi, dan maskulinitas.
Fonts
Setiap elemen desain mempunyai tujuan yang jelas. Hal yang
sama berlaku pada fonts. Sama seperti warna, fonts menjadi pengidentifikasian untuk
brand anda dan memberi pengaruh sama seperti bentuk logo. Lihatlah pada fonts
yang anda gunakan pada logo anda. Kenapa anda memilih fonts ini? Apa pesan yang
dibawa dan ditampakkan oleh brand anda? Sebagai petunjuk umum:
- Font yang bersudut dapat mengungkapkan identitas brand anda sebagai dinamis, tegas
- Font yang lembut dan bertipografi bulat terlihat lebih muda dan soft.
- Font Bold terlihat lebih maskulin, sementara font kursif tampak lebih feminine.
Sebagai panduan umum, satu font pada logo sangat ideal, tapi
jika anda harus menyisipkan lebih, jangan campur lebih dari dua fonts. Anda
harus memastikan fonts anda tampak jelas, mudah dibaca, dan berhubungan dengan
brand anda.
Artikel ini menjawab pertanyaan anda tentang desain logo bisnis yang baik? Berikan komentar anda di bawah, dan jangan lupa untuk share, like, dan retweet artikel ini. Terima kasih!