Bisnis Online Dropship: Cara Termudah Jualan Online

Banyak orang malu dan menghindar ketika memulai toko online karena biaya start-up dan kerepotan dalam dalam pemenuhan pesanan. Tapi bayangkan jika seseorang membayar biaya persediaan ribuan barang anda di muka dan mengelola operasi pesanan anda. Akan terasa lebih mudah untuk memulai, dan anda bisa menjalankan bisnis ini dari manapun dan kapanpun. Terdengar menarik? Inilah sistem bisnis online dropship

Dalam artikel ini, akan diajarkan segalanya tentang bisnis online dropship. Penjelasan tentang definisi sederhana, daftar kelebihan dan keuntungan, bagaimana cara mencari pedagang grosiran yang melayani dropship, dan solusi terhadap masalah umum yang berhubungan dengan bisnis online dropship.

Apa itu Dropship?
Dropship adalah metode ritel dimana anda tidak menyimpan produk dalam stok. Sebaliknya anda bermitra dengan pemasok barang  dalam persediaan mereka – Anda memberikan pesanan pelanggan anda dan pemasok mengirimkan barang langsung kepada pelanggan anda. Manfaat terbesar dari layanan dropship adalah anda tidak perlu khawatir tentang isu pemenuhan pesanan dan persediaan barang.

cara bisnis online dropship

Juga, Kebanyakan pelanggan tidak mengetahui jika anda dropship, karena “label pengiriman” memungkinkan anda mengirimkan barang dari pemasok dengan alamat pengirim dan invoice yang disesuaikan dengan toko bisnis online anda.

Kelebihan Bisnis Online Dropship

Ada beberapa alasan anda harus mempertimbangkan sistem dropship:

Anda tidak perlu banyak modal: Sistem dropship memudahkan anda menjual secara online. Anda tidak perlu investasi besar-besaran untuk persediaan barang, namun anda bisa menawarkan ribuan item pada pelanggan.

Kenyamanan dan efisiensi: Sukses meluncurkan dan menumbuhkan bisnis online membutuhkan kerja ekstra, terutama jika anda sumber daya yang terbatas. Tidak perlu khawatir tentang pemeuhan pesanan tentu sangat nyaman dan membebaskan waktu anda berkonsentrasi pada marketing, pelayanan pelanggan dan operasi bisnis online dropship anda.

Mobilitas: Dengan terpenuhinya isu pemenuhan fisik dan kerja berhubungan dengan barang, anda bebas mengoperasikan bisnis online anda dimanapun selama anda terhubung dengan koneksi internet.

Bagaimana cara mencari Pemasok/Supplier

bisnis online dropship
Cara mencari pemasok barang yang anda ingin jualkan anda bisa bergabung dengan komunitas penjual dropship atau mencari di toko online besar seperti TokoPedia.com atau OLX.co.id cari barang yang anda ingin jual dan kontak supplier tersebut untuk diajak bekerja sama dalam menentukan sistem dropship yag anda akan jalankan.

Mungkin tidak semua supplier yang barangnya ingin anda bantu jual setuju dengan dropship, tapi supplier ini bisa anda masukkan dalam daftar follow up, anda juga bisa memanfaatkan google untuk mencari supplier dropship, ini yang perlu anda lakukan:

  • Cari dengan teliti: Pemasok barang dropship biasanya sangat buruk dalam SEO dan marketing sehingga tidak selalu muncul di halaman satu google seperti “supplier tas tangan”. Sebaiknya anda mencari sampai halaman 10 – 20 hasil pencarian, bersabarlah.
  • Jangan menilai dari covernya: Supplier mugkin sudah lama tidak mengupdate webistenya. Jadi jangan heran dengan design website dan layoutnya. Belum tentu supplier seperti itu punya kualitas yang buruk.
  • Gunakan banyak kata kunci: Ketika mencari supplier, jangan berhenti dengan kata kunci “grosir” – pastikan anda juga mencari  dengan kata kunci “ distributor”, “reseller”, “gudang” dan “supplier”.


4 Masalah Umum dengan Dropship

Sistem Pengiriman dropship bukan sistem bisnis online yang sempurna, seperti model bisnis yang lain, sistem dropship punya beberapa kelemahan. Dengan perencanaan dan strategi yang matang, isu ini bisa dikelola denga baik dan tidak mencegah anda untuk menjalankan bisnis online dropship hingga sukses.

1) Akan ada banyak kompetisi dan margin besar
Produk yang bisa di-dropship akan memunculka banyak kompetisi dan ini mengarah pada harga yang mencekik dan menyebabkan margin keuntungan berkurang, menjadikan sulit menjalankan bisnis ini.
Untuk sukses menjalankan bisnis ini, anda tidak bisa bersaing dengan harga, anda perlu menwarkan value produk yang anda jual dengan cara lain, biasanya dengan edukasi tentang produk anda, pelayanan memuaskan atau banyaknya pilihan.

2) Sinkronisasi dengan persediaan susah & salah paham tentang tersedianya barang
Cara terbaik untuk mengurangi masalah ini adalah bekerja sama dengan banyak supplier dengan jenis produk yang sama. Sangat berisiko hanya bergantung dengan satu supplier. Setidaknya mempunyai dua supplier memungkinkan tersedianya barang yang bisa dikirimkan.

3) Susah jika menjual barang yang belum pernah anda lihat
Dewasa ini, sangat memungkinkan menjadi ahli dalam bidang apapun melalui informasi online. Menjual barang dari produsen dengan website yang detail dan rinci memungkinkan anda untuk familiar dengan produk tersebut tanpa pernahmenyentuhnya. Dan jika anda butuh menjawab pertanyaan spesifik tentang produk, berkomunikasi dengan supplier akan menjawab pertanyaan yang anda butuhkan.

Anda juga bisa membeli barang yang anda promosikan agar mengenal barang tersebut, dan bisa menjual lagi barang tersebut dengan status “bekas”. Jadi bisa menutupi biaya investasi anda.

4) Melibatkan pihak ketiga mengakibatkan kesalahan dalam pemenuhan pesanan, kekeliruan, dan masalah logistic.
Dropshipper terkenal terkadang melakukan kesalahan. Suppliers yang baik mengganti barang yang keliru untuk menyelesaikan masalah, tetapi jika mereka tidak mengganti, anda harus bersedia menangani masalah ini untuk meluruskan kesalahpahaman ini pada pelanggan.

Jika anda menyalahkan supplier anda ketika ada masalah pemenuhan pesanan, anda bisa dilabeli sebagai dropshipper amatir dan tidak professional. Demikian juga, jika anda tidak bersedia menanggung biaya pengiriman karena supplier tidak mau menanggung biaya pengiriman, reputasi anda bisa diujung tanduk.

Salah satu kendala utama bisnis online dropship adalah kesediaan anda menanggulangi biaya pengiriman pesanan, dan selalu utamakan pelanggan anda  - maka bisnis anda akan bertahan untuk jangka waktu yang lama.

Apakah Drophip jalan menuju kesuksesan bisnis online anda? Tentu saja tidak, sama seperti kesuksesan seperti bisnis online lainnya, anda perlu investasi waktu anda pada kualitas platform website, marketing, dan pelayanan pelanggan.

Tapi dropship memberikan cara mudah untuk memulainya dan memanfaatkan modal orang lain tanpa perlu berinvestasi besar-besaran. Jika dikelola dengan baik, dropship akan menjadi fodasi kesuksesan bisnis online anda.