Pengertian Shareholder dan Stakeholder adalah

Shareholder dan Stockholder adalah keduanya sama sama pemegang saham di suatu perusahaan, namun apa yang membedakan?

Dalam setiap perusahaan ada Shareholder dan Stakeholder. Kedua investor ini memiliki kepentingan di perusahaan. Apapun yang terjadi dengan perusahaan, keduanya akan terkena pengaruh. Itulah mengapa penting bagi mereka untuk membantu mengelola dan turut serta dalam mengembangkan perusahaan, jadi investasi mereka akan bernilai setiap sen-nya.

Sebelum kita bahas perbedaan kedua pihak ini mari kita bahas tentang definisi shareholder dan stakeholder terlebih dahulu:

Pengertian Shareholder adalah

pengertian shareholder stakeholder adalah
Shareholder adalah seseorang yang mempunyai saham finansial di suatu perusahaan. Ini berarti shareholder adalah pemilik sebagian dari perusahaan. Mereka akan mendapat keuntungan jika perusahaan bertumbuh, berkembang, dan mendapat nilai lebih dari produksi perusahaan.

Shareholder adalah orang-orang pada umumnya yang memberikan uang mereka ke pada perusahaannya untuk menjadi pemilik sebagian dari perusahaan. Shareholder bisa membeli saham melalui pasar saham. Perusahaan membutuhkan shareholder untuk meningkatkan modal mereka.

Shareholder akan mendapatkan keuntungan tergantung dari produksi dan berapa keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan. Selain itu, karena mereka mempunyai saham di perusahaan, mereka juga adalah stakeholder terbesar dari perusahaan. Ini karena apapun yang terjadi dengan perusahaan, shareholder akan terkena dampaknya secara langsung. Jika perusahaan mendapat untung, shareholder juga mendapat utung dari dividen dan bonus. Jika perusahaan mengalami kerugian shareholder juga akan merugi.


Pengertian Stakeholder adalah

Stakeholder di sisi lain adalah seseorang yang mempunyai minat dan kepentingan dalam perusahaan; ini bisa kepentingan finansial atau kepentingan-kepentingan yang lain, bisa langsung bisa juga tidak langsung. Jika seseorang terkena dampak dari apa yang terjadi terhadap perusahaan, entah itu baik atau buruk, dia adalah stakeholder.

Karyawan, staff, keluarga mereka, pelanggan, dan supplier adalah beberapa contoh dari stakeholder. Shareholder adalah termasuk stakeholder juga karena mereka terkena dampak langsung atas apa yang terjadi dengan perusahaan.

Organisasi lain ada yang hanya mempunyai stakeholder dan tidak ada shareholder. Salah satu contoh disini adalah universitas. Universitas tidak memiliki saham, tapi mempunyai banyak stakeholder. Stakeholdernya termasuk mahasiswa, dosen, administrator, sampai tukang bersih-bersih.

Perbedaan Shareholder dan Stakeholder

  • Shareholder mempunyai saham finansial di perusahaan, sedangkan stakeholder punya kepentingan dalam finansial perusahaan atau tidak sama sekali.
  • Shareholder bisa menjadi stakeholder, tapi stakeholder bukan shareholder
  • Shareholder terkena dampak langsung atas apa yang terjadi dengan perusahaan sedangkan stakeholder bisa terkena dampak secara langsung atau tidak langsung atas apa yang terjadi dengan perusahaan.
  • Stakeholder punya pengaruh besar terhadap apa yang akan terjadi dengan perusahaan sedangkan shareholder hanya akan terkena dampaknya saja.
  • Shareholder memiliki sebagian dari perusahaan, Tapi tidak semua stakeholder mempunyai itu.


Artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang pengertian shareholder dan stakeholder? Jika anda punya pendapat dan pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini. Jangan lupa share, like, dan retweet artikel ini ya. Terima kasih!