Bagi banyak pengguna
sosial media termasuk bisnis yang memanfaatkan sosial media, tujuan utamanya
adalah membuat kontennya “go viral”. Baik itu pemilik channel Youtube atau
manajer perusahaan/bisnis kecil yang mencoba membangun social
presence-nya.
Sederhananya para pengguna sosial media ini ingin post,
tweet, foto, atau videonya diperhatikan dan disebar ke banyak audiens, sehingga
konten tersebut mempunyai dampak besar ke banyak orang.
Karena sifat umum dari
sosial media, banyak pengguna dengan strategi marketing yang tepat mempunyai
potensi untuk membuat kontennya menjadi viral.
Brand besar dan kecil
terus memikirkan cara-cara kreatif untuk menjadi bagian dari perbincangan yang
sedang tren di ranah sosial media, baik itu berhubungan atau tidak dengan
produk dan perusahaan.
Sebagai contoh tweet
viral dari Oreo ketika mati lampu yang terjadi Super Bowl tahun 2013 lalu:
Anda tidak perlu banyak
budget untuk melihat kesuksesan viral sosial media ini, tapi anda hanya perlu kreatif dan mengambil risiko yang perusahaan lain tidak berani ambil, kata
Shana Starr, managing partner dari perusahaan Public Relation LFPR. Berikut cara
membedakan anda dari perusahaan lain dengan cara membuat konten anda viral
dengan sosial media:
Tips Viral dengan Sosial Media
Kuncinya adalah konten
(strategi)
Konten yang mudah dan
pantas tersebar membangkitkan emosi dan membuat koneksi dengan pembacanya.
Setelah anda membuat koneksi itu, langkah selanjutnya adalah menginisisiasi
ke-viral-an konten anda. Sebelum konten dibuat, sangat penting untuk membuat
strategi konten sosial media. Ini adalah salah satu hal yang paling penting
yang dapat anda lakukan untuk
menciptakan brand awareness dan terhubung ke audiens anda. Luangkan waktu
untuk mengkustomisasi konten anda, buatlah gambar yang powerful, masukkan
elemen kreatif dan buat headline yang catchy
dan shareable.
Artikel marketing: prinsip konten marketing yang semua bisnis harus ikuti
Ambil risiko
Agar tampil mencuat di
sosial media, bisnis kecil harus berani mengambil alih, berpikir out of the
boxmdan tidak takut menerima risiko. Jelajahi platform sosial media alternatif
untuk menyampaikan pesan dan brand anda ke luar sana.
Gunakan humor untuk
menertawakan diri anda sendiri, konten yang berisi secara transparan menyampaikan bagaimana perusahaan
anda beroperasi, dan turut seta dalam beberapa isu-isu tertentu, selama tidak
terlalu kontroversial. Beberapa campaign sosial media yang sukses viral
biasanya tidak diduga-duga, menjauhi norma dan melampaui akal sehat.
Jangan takut untuk
berbeda
Untuk meninggalkan
jejak anda di dunia online, anda harus menjadi berbeda dari apa yang telah
dibiasakan oleh brand besar dan menciptakan identitas brand anda sendiri. Jika
anda melihat pada kompetisi anda, anda cenderung melihat strategi marketing dan
sosial media yang sama.
Buatlah sesuatu yang
baru, versi yang lebih berkembang dari strategi pesaing anda dan berilah twist
yang unik dengan menampilkan kelebihan dari bisnis anda. Ciptakan strategi
sosial yang menghubungkan pelanggan anda di tingkat dimana anda memberikan
sesuatu yang berbeda, baik itu kupon, diskon, atau hadiah kontes.
Timing adalah
segalanya
Tren yang ada saat
ini, berita terbaru dan kejadian tidak terduga lainnya bisa menjadi peluang
sempurna untuk turut serta secara sosial menampilkan brand anda dan membuat
kejutan. Keadaan yang terduga adalah peluang emas untuk menampilkan pesan brand
anda di sosial media dan membantu brand anda untuk stand out. Brand yang sukses telah berhasil mengimplementasikan
marketing real time dan menciptakan konten populer yang tidak terlupakan di
sosial media.
Manfaatkanlah
tanggal-tanggal penting di kalender seperti tanggal merah, dan bersiaplah.
Sebelum tanggal penting tersebut, buatlah dulu ide kontennya, atau tawarkan
kupon kepada pelanggan yang menceritakan kisahnya selama tanggal penting
tersebut. Publikasikan konten yang relevan dan penting untuk pelanggan anda.
Ini adalah contoh yang baik untuk mengeksplorasi marketing real-time. Beberapa peluang datang hanya sekali, jadi cepatlah
bergerak dan bantu brand anda untuk viral.
Bentuklah komunitas (fans
& followers)
Komunitas anda akan
sangat berpengaruh, dan menentukan apakah pesan anda akan menjadi viral. Jika anda
ingin sukses dalam campaign sosial ini, anda perlu strategi call to action dan mengajak komunitas anda menjadi bagian
dalam strategi tersebut. Berikan fans dan followers anda rasa memiliki dan
tujuan. Anda akan terkejut bagaimana lingkungan sosial anda tumbuh dan memberi
dampak pada bisnis anda.
Baca juga: 5 tips marketing instagram yang efektif
Jika keterlibatan
dengan followers anda rendah, Starr merekomendasikan untuk menciptakan konten
yang fresh, orijinal, dan menarik. Followers anda cenderung ingin menyebarkan
konten anda, terutama dalam bentuk gambar.
Dedikasikan waktu anda
untuk membuat rencana sosial media yang merefleksikan perusahan anda. Setelah
anda punya strategi yang tepat, pastikan semua orang dalam perusahaan
menyadari, dan memahami tujuan tersebut.
Artikel di atas
membantu anda memahami tips viral dengan sosial media? Jika anda punya
pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk
share, like dan retweet artikel ini ya. Terima kasih!