5 Tips Viral dengan Sosial Media

Bagi banyak pengguna sosial media termasuk bisnis yang memanfaatkan sosial media, tujuan utamanya adalah membuat kontennya “go viral”. Baik itu pemilik channel Youtube atau manajer perusahaan/bisnis kecil yang mencoba membangun social presence-nya. 

Sederhananya para pengguna sosial media ini ingin post, tweet, foto, atau videonya diperhatikan dan disebar ke banyak audiens, sehingga konten tersebut mempunyai dampak besar ke banyak orang.

Karena sifat umum dari sosial media, banyak pengguna dengan strategi marketing yang tepat mempunyai potensi untuk membuat kontennya menjadi viral.

Brand besar dan kecil terus memikirkan cara-cara kreatif untuk menjadi bagian dari perbincangan yang sedang tren di ranah sosial media, baik itu berhubungan atau tidak dengan produk dan perusahaan.

Sebagai contoh tweet viral dari Oreo ketika mati lampu yang terjadi Super Bowl tahun 2013 lalu:



Anda tidak perlu banyak budget untuk melihat kesuksesan viral sosial media ini, tapi anda hanya perlu kreatif dan mengambil risiko yang perusahaan lain tidak berani ambil, kata Shana Starr, managing partner dari perusahaan Public Relation LFPR. Berikut cara membedakan anda dari perusahaan lain dengan cara membuat konten anda viral dengan sosial media:

Tips Viral dengan Sosial Media

Kuncinya adalah konten (strategi)
Konten yang mudah dan pantas tersebar membangkitkan emosi dan membuat koneksi dengan pembacanya. Setelah anda membuat koneksi itu, langkah selanjutnya adalah menginisisiasi ke-viral-an konten anda. Sebelum konten dibuat, sangat penting untuk membuat strategi konten sosial media. Ini adalah salah satu hal yang paling penting yang dapat anda lakukan  untuk menciptakan brand awareness  dan terhubung ke audiens anda. Luangkan waktu untuk mengkustomisasi konten anda, buatlah gambar yang powerful, masukkan elemen kreatif dan buat headline yang catchy dan shareable.


Ambil risiko
viral dengan sosial media
Agar tampil mencuat di sosial media, bisnis kecil harus berani mengambil alih, berpikir out of the boxmdan tidak takut menerima risiko. Jelajahi platform sosial media alternatif untuk menyampaikan pesan dan brand anda ke luar sana. 

Gunakan humor untuk menertawakan diri anda sendiri, konten yang berisi secara transparan menyampaikan bagaimana perusahaan anda beroperasi, dan turut seta dalam beberapa isu-isu tertentu, selama tidak terlalu kontroversial. Beberapa campaign sosial media yang sukses viral biasanya tidak diduga-duga, menjauhi norma dan melampaui akal sehat.

Jangan takut untuk berbeda
Untuk meninggalkan jejak anda di dunia online, anda harus menjadi berbeda dari apa yang telah dibiasakan oleh brand besar dan menciptakan identitas brand anda sendiri. Jika anda melihat pada kompetisi anda, anda cenderung melihat strategi marketing dan sosial media yang sama.

Buatlah sesuatu yang baru, versi yang lebih berkembang dari strategi pesaing anda dan berilah twist yang unik dengan menampilkan kelebihan dari bisnis anda. Ciptakan strategi sosial yang menghubungkan pelanggan anda di tingkat dimana anda memberikan sesuatu yang berbeda, baik itu kupon, diskon, atau hadiah kontes.

Timing adalah segalanya
Tren yang ada saat ini, berita terbaru dan kejadian tidak terduga lainnya bisa menjadi peluang sempurna untuk turut serta secara sosial menampilkan brand anda dan membuat kejutan. Keadaan yang terduga adalah peluang emas untuk menampilkan pesan brand anda di sosial media dan membantu brand anda untuk stand out. Brand yang sukses telah berhasil mengimplementasikan marketing real time dan menciptakan konten populer yang tidak terlupakan di sosial media.

Manfaatkanlah tanggal-tanggal penting di kalender seperti tanggal merah, dan bersiaplah. Sebelum tanggal penting tersebut, buatlah dulu ide kontennya, atau tawarkan kupon kepada pelanggan yang menceritakan kisahnya selama tanggal penting tersebut. Publikasikan konten yang relevan dan penting untuk pelanggan anda. Ini adalah contoh yang baik untuk mengeksplorasi marketing real-time. Beberapa peluang datang hanya sekali, jadi cepatlah bergerak dan bantu brand anda untuk viral.

Bentuklah komunitas (fans & followers)
Komunitas anda akan sangat berpengaruh, dan menentukan apakah pesan anda akan menjadi viral. Jika anda ingin sukses dalam campaign sosial ini, anda perlu strategi call to action  dan mengajak komunitas anda menjadi bagian dalam strategi tersebut. Berikan fans dan followers anda rasa memiliki dan tujuan. Anda akan terkejut bagaimana lingkungan sosial anda tumbuh dan memberi dampak pada bisnis anda.


Jika keterlibatan dengan followers anda rendah, Starr merekomendasikan untuk menciptakan konten yang fresh, orijinal, dan menarik. Followers anda cenderung ingin menyebarkan konten anda, terutama dalam bentuk gambar.

Dedikasikan waktu anda untuk membuat rencana sosial media yang merefleksikan perusahan anda. Setelah anda punya strategi yang tepat, pastikan semua orang dalam perusahaan menyadari, dan memahami tujuan tersebut.


Artikel di atas membantu anda memahami tips viral dengan sosial media? Jika anda punya pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share, like dan retweet artikel ini ya. Terima kasih!