Prinsip Konten Marketing yang Semua Bisnis Harus Ikuti

Jujurlah pada diri anda sendiri: Mengapa pelanggan dan prospek harus peduli dengan apa yang anda sampaiakan? Kemanapun pelanggan anda melangkah, mereka selalu dibombardir dengan konten-konten iklan. 

Daripada anda menambah pesan/konten yang sama, jadilah pihak yang mengerti kebutuhan mereka. Jadilah sumber informasi yang pas dengan keadaan mereka. Jenis konten yang bercerita sepeti ini bisa menjadi suntikan untuk ranking pencarian dan media sosial anda.

Seperti yang dikatakan, hanya sedikit bisnis kecil yang mempunyai keahlian dan pelatihan untuk membuat program konten marketing dan secara konsisten memenuhi janji marketing tersebut. Jadi bagaimana anda menciptakan sebuah konten yang menggerakkan hati konsumen dan prospek anda untuk mengambil keputusan?


Berikut 6 prinsip yang harus menjadi pusat dari konten marketing anda:

Prinsip Konten Marketing

Penuhi Kebutuhan Pelanggan
Konten anda harus menjawab beberapa kebutuhan dan pertanyaan yang tidak terjawab untuk pelanggan anda. Hal ini harus berguna dalam berbagai cara untuk pelanggan dalam produk dan jasa yang anda tawarkan. Dalam beberapa kasus, cara anda memenuhi hal ini yaitu sentuhlah kebutuhan emosional pelanggan anda (ambil contoh cara bercerita di iklan Coca Cola atau Red Bull).


Tetaplah Konsisten
Ciri ciri dari penerbit konten yang sukses adalah konsistensi. Baik anda berlangganan majalah secara bulanan atau email newsletter harian, kontennya selalu disampaikan tepat waktu dan seperti yang diharapkan. Jika anda sudah berkomitmen dalam konten marketing, anda harus secara konsisten menerbitkannya.

Temukan Suara Konten Anda
Keuntungan dari tidak menjadi seorang entitas jurnalis adalah tidak ada yang menahan anda untuk menjadi diri anda sendiri. Temukan suara konten anda. Jika cerita perusahaan anda adalah segalanya tentang humor, tulislah cerita tersebut. Jika cerita perusahaan anda sedikit sarkastik, juga tidak masalah, tuliskan cerita itu

Memiliki Sudut Pandang
Konten anda bukan konten ensiklopedia. Anda juga tidak memberikan laporan pada masa lampau. Jangan takut untuk ambil bagian dalam mengambil kesempatan yang dapat memposisikan diri anda dan perusahaan anda sebagai ahli dalam hal tertentu.

Jauhilah Konten tentang Sales
Di salah satu perusahaan ternama, ketika mereka menciptakan konten yang berisi tentang produk atau jasanya disandingkan dengan konten edukasional, hanya menghasilkan 25 persen page view dan social share. Ketika anda lebih sering berbicara tentang diri dan perusahaan anda sendiri, semakin sedikit orang yang akan membagikan dan menyebarkan cerita anda. Sesimpel itu.


Buatlah Konten yang Terbaik dalam Niche anda

Meskipun tidak bisa langsung dikatakan sebagai konten terbaik, anda pasti ingin konten anda disukai dan dinikmati banyak orang. Ini berarti konten yang anda distribusikan harus unik dan mengandung semua informasi yang dibutuhkan oleh pembaca. Mungkin tips ini terlalu simpel, tapi jika anda mengharapkan pelanggan anda menghabiskan banyak waktu dengan konten anda, maka anda harus menyampaikan konten yang luar biasa.

Artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang prinsip konten marketing? Jika anda memiliki pertanyaan silahakan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share, like, dan retweet artikel ini ya. Terima kasih!