Jujurlah pada diri
anda sendiri: Mengapa pelanggan dan prospek harus peduli dengan apa yang anda
sampaiakan? Kemanapun pelanggan anda melangkah, mereka selalu dibombardir dengan
konten-konten iklan.
Daripada anda menambah pesan/konten yang sama, jadilah pihak
yang mengerti kebutuhan mereka. Jadilah sumber informasi yang pas dengan
keadaan mereka. Jenis konten yang bercerita sepeti ini bisa menjadi suntikan untuk ranking pencarian dan media sosial anda.
Seperti yang dikatakan,
hanya sedikit bisnis kecil yang mempunyai keahlian dan pelatihan untuk membuat
program konten marketing dan secara konsisten memenuhi janji marketing
tersebut. Jadi bagaimana anda menciptakan sebuah konten yang menggerakkan hati
konsumen dan prospek anda untuk mengambil keputusan?
Baca juga: cara menarik pelanggan ke toko online
Berikut 6 prinsip yang
harus menjadi pusat dari konten marketing anda:
Prinsip Konten Marketing
Penuhi Kebutuhan
Pelanggan
Konten anda harus
menjawab beberapa kebutuhan dan pertanyaan yang tidak terjawab untuk pelanggan
anda. Hal ini harus berguna dalam berbagai cara untuk pelanggan dalam produk
dan jasa yang anda tawarkan. Dalam beberapa kasus, cara anda memenuhi hal ini yaitu
sentuhlah kebutuhan emosional pelanggan anda (ambil contoh cara bercerita di
iklan Coca Cola atau Red Bull).
Baca juga: cara menjual ebook online dengan mudah
Tetaplah Konsisten
Ciri ciri dari
penerbit konten yang sukses adalah konsistensi. Baik anda berlangganan majalah
secara bulanan atau email newsletter harian, kontennya selalu disampaikan tepat
waktu dan seperti yang diharapkan. Jika anda sudah berkomitmen dalam konten
marketing, anda harus secara konsisten menerbitkannya.
Temukan Suara Konten Anda
Keuntungan dari tidak
menjadi seorang entitas jurnalis adalah tidak ada yang menahan anda untuk menjadi
diri anda sendiri. Temukan suara konten anda. Jika cerita perusahaan anda
adalah segalanya tentang humor, tulislah cerita tersebut. Jika cerita perusahaan
anda sedikit sarkastik, juga tidak masalah, tuliskan cerita itu
Memiliki Sudut Pandang
Konten anda bukan
konten ensiklopedia. Anda juga tidak memberikan laporan pada masa lampau. Jangan
takut untuk ambil bagian dalam mengambil kesempatan yang dapat memposisikan
diri anda dan perusahaan anda sebagai ahli dalam hal tertentu.
Jauhilah Konten
tentang Sales
Di salah satu
perusahaan ternama, ketika mereka menciptakan konten yang berisi tentang produk
atau jasanya disandingkan dengan konten edukasional, hanya menghasilkan 25
persen page view dan social share. Ketika anda lebih sering
berbicara tentang diri dan perusahaan anda sendiri, semakin sedikit orang yang
akan membagikan dan menyebarkan cerita anda. Sesimpel itu.
Artikel terkait: sosial marketing yang dilakukan oleh Taylor Swift
Buatlah Konten yang
Terbaik dalam Niche anda
Meskipun tidak bisa
langsung dikatakan sebagai konten terbaik, anda pasti ingin konten anda disukai
dan dinikmati banyak orang. Ini berarti konten yang anda distribusikan harus
unik dan mengandung semua informasi yang dibutuhkan oleh pembaca. Mungkin tips
ini terlalu simpel, tapi jika anda mengharapkan pelanggan anda menghabiskan
banyak waktu dengan konten anda, maka anda harus menyampaikan konten yang luar
biasa.
Artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang prinsip konten marketing? Jika anda memiliki pertanyaan silahakan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share, like, dan retweet artikel ini ya. Terima kasih!