Bagaimana Cara Jual Ebook Online dengan Mudah?

Bisnis jual ebook secara online bisa sangat menguntungkan. Ebook adalah buku elektronik yang tidak butuh di cetak – sederhananya, ebook adalah produk yang tidak memerlukan biaya produksi untuk salinannya. eBook dapat berisi berbagai macam informasi yang ingin anda bagikan dan bermanfaat bagi pembaca anda, dan anda juga tidak perlu menulisnya sendiri. Anda bisa menggunakan informasi yang sudah tersedia di internet secara gratis – kompilasikan dan gunakan kembali untuk ebook anda. Dengan cara ini anda dapat memulai bisnis jual ebook online dan mendapat keuntungan. Bisnis yang menyediakan penyampaian informasi dalam bentuk newsletter atau ebook sangat menguntungkan, tapi bagaimana cara memulainya?


Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menciptakan dan menjual ebook online:

Cara Jual Ebook Online:

cara jual ebook online
1) Pertama anda harus punya ide jenis ebook apa yang ingin anda jual. Tulislah ebook yang cocok dengan anda – dalam topik yang benar-benar menarik dan anda kuasai. Apakah anda tahu cara menanam tanaman hidroponik? Bagus. Bagikan pengetahuan anda dalam ebook. Anda tahu cara menghasilkan uang lewat internet? Tuliskan cara-caranya di ebook.

Temukan topik yang menarik bagi orang-orang. Biasanya yang berhubungan dengan bagaimana cara mendapatkan uang, bagaimana cara menghemat waktu dan efisiensi kerja, buku motivasi/self-help juga biasanya laris. Carilah topik yang sedang digandrungi masyarakat saat ini.

2) Setelah anda menemukan topik untuk ebook anda, maka mulailah mengumpukan informasi dan memulai membuat ebook. Internet punya banyak informasi yang berkaitan dengan topik anda secara gratis. Ada ratusan website/forum dalam setiap topik, jadi yang anda butuhkan adalah mencari data, kompilasikan dan buatlah agar berguna bagi pembaca dalam ebook anda.

3) Setelah menulis dan mempersiapkan konten digital tersebut, saatnya dikompilasikan dalam bentuk buku. Kebanyakan orang menggunakan Microsoft Word untuk menulis isi ebook mereka. Namun, tulisan saja tidak cukup – anda butuh beberapa gambar dan grafik yang mendukung ebook anda – terutama bagian cover. Anda bisa menggunakan jasa desainer atau website desain freelance untuk mendesain cover dan beberapa gambar/grafik dalam halaman ebook anda. Setelah selesai semua yang anda butuhkan adalah mengkonversikan ebook yang anda tulis ke dalam PDF (format ebook paling populer saat ini).

4) Prioritas berikutnya adalah bagaimana cara jual ebook online anda. Anda bisa membuat website atau menjualnya di platform jual ebook seperti ClickBank, Lulu, PayDotCom, atau memasarkan melalui forum-forum jual beli indonesia seperti kaskus, indowebster, dll.

Jika anda ingin membuat website sendiri untuk menjual ebook anda anda bisa membeli domain dan hosting anda sendiri atau melalui layanan blog gratis seperti blogger atau wordpress. Desain blog/website anda semenarik mungkin dan tulislah sales letter dan deskripsi yang mendorong pengunjung website anda agar tertarik membeli. Bisa juga dengan menulis artikel yang berhubungan dengan ebook anda lalu di akhir kata arahkan mereka untuk melihat penjelasan secara detail di ebook anda.

5) Bagaimana cara menerima pembayaran? Anda bisa menerima pembayaran langsung ke rekening pribadi anda atau menggunakan paypal. Jika anda berjualan ebook lewat platform online seperti Clickbank atau Lulu, dll. anda bisa menerima pembayaran melalu kartu kredit dari pelanggan anda. Bermacam-macam metode pembayaran akan memudahkan dan menarik pembeli dengan mudah dan nyaman dalam berbelanja.

6) Setelah semuanya siap, saatnya untuk memulai memasarkan website yang berisi ebook anda. Ada banyak cara memasarkan ebook anda – gunakanlah iklan berbayar seperti Facebook ads yang mengarah ke website anda, menggunakan SEO untuk mengatrol website anda di mesin pencari seperti google, atau menggunakan Forum Jual Beli seperti Kaskus, Indowebster, dll.


Jika anda punya informasi berharga yang ingin anda bagikan pada banyak orang sekaligus menghasilkan uang menjual ebook online adalah pilihan yang tepat. Memang tidak mudah awalnya dalam membuat ebook, dan ketika memasarkan ebook anda, tapi anda harus bekerja keras dengan strategi yang tepat pula. Selamat berjualan!