5 Tips Marketing Instagram yang Efektif

Pada pandangan pertama, Instagram tidak terlihat seperti alat marketing yang baik. Aplikasi berbagi foto, dimana anda bisa menambahkan filter, deskriosi, lokasi, dan hashtags ke gambar yang anda ambil dengan smartphone anda, sangat bagus untuk pengenalan brand dan keterlibatan dengan viewers. Tapi marketer tidak bisa memasukkan tombol beli yang berisi link pembelian ke dalam gambar, seperti fasilotas dalam facebook, twitter, dan pinterest.


Akhir-akhir ini Instagram di perkenalkan sebagai “alat penjualan paling powerful di dunia”. Sebuah artikel dari Forbes akhir-akhir ini mencatat bahwa foto produk, serta sponsored post instagram, membantu untuk meningkatkan jangkauan konsumen, recall, dan konversi penjualan.

“Banyak perusahaan tidak memanfaatkan kelebihan dari media sosial yang unik ini,” kata Mitchel Harper, pendiri dan CEO dari Bigcommerce platform. “Anda dapat menggunakan profil instagram, hashtag dan strategi untuk meningkatkan trafik ke situs e-comerce anda dan menjual produk anda.”
Harper menguraikan lima langkah di bawah ini untuk menciptakan instagram marketing yang efektif:

Tips Marketing Instagram

Optimasi brand profil instagram anda
tips marketing instagram
Sangat penting untuk mengoptimasi nilai brand dari profil instagram anda dengan membuatnya mudah dikenali sebagai akun usaha anda. Ini tidak berarti bahwa anda hanya posting gambar dari produk anda: pada profil instagram Starbuck misalnya, bukan kopi yang menjadi sorotan utamanya, tapi post menarik logo dari putri duyungnya.


Tulis deskripsi foto yang menarik
Instagram memungkinkan anda untuk menyertakan deskripsi di foto yang anda posting. Tulis sesuatu yang membuat viewers anda terlibat dengan mendeskripsikan gambar yang merefleksikan pesa brand anda. Anda juga dapat meyertakan link anda pada deskripsi, tapi mereka harus copy paste sendiri ke browser mereka, jadi buatlah link seringkas mungkin.

Gunakan Hashtags
Ada dua cara menggunakan hashtags pada instagram untuk meningkatkan keterlibatan dan visibilitas brand anda. Anda dapat membuat tag (#Starbucks untuk Starbucks, #Nikon untuk Nikon, dll.) untuk mengumpulkan semua Instagram yang berhubungan dengan brand anda, anda juga bisa berkontribusi untuk hashtag yang sedang trending yang berhubungan dengan industri anda jadi pengguna yang mengikuti hashtag tersebut akan melihat foto anda.

Koneksikan Instagram anda dengan akun media sosial lainnya
Mengoneksikan akun instagram anda ke akun media sosial lain (bisa dilakukan dalam aplikasi) dan berbagi foto ke dalam jaringan tersebut secara bersamaan akan meningkatkan jangkauan anda dan menggirng konsumen anda ke platform media sosial yang keterlibatannya lebih kondusif untuk konsumen


Berinteraksilah dengan followers anda
Follow, repost, komentar dan berinteraksilah dengan instagram orang lain. Pada gilirannya, membuat mereka secara sadar dan tidak sadar terlibat dengan. Pastikan selalu, untuk berinteraksi sebagai akun asli, bukan sebagai robot spam – dengan secara acak like 1000 foto instagram lebih sedikit efektif dibandingkan berinteraksi dengan 10 foto spesifik yang di posting oleh orang lain dalam target pasar anda.

Diperlukan waktu yang tidak sedikit untuk membangun followers untuk brand anda. Cara terbaik untuk memulainya dalah dengan terbiasa menggunakan platform instagram. “ambil banyak foto,” kata Harper. “Makin banyak instagram yang anda ambil dan posting, makin besar peluang brand anda akan semakin dikenal, menumbuhkan jangkauan anda, membangun hubungan dengan konsumen dan meningkatkan penjualan.”


Artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang tips marketing instagram? Jika anda punya pertanyaan silahkan tulis dalam kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share, like, dan retweet artikel ini. Terima kasih!