Pada pandangan
pertama, Instagram tidak terlihat seperti alat marketing yang baik. Aplikasi
berbagi foto, dimana anda bisa menambahkan filter, deskriosi, lokasi, dan
hashtags ke gambar yang anda ambil dengan smartphone anda, sangat bagus untuk
pengenalan brand dan keterlibatan dengan viewers. Tapi marketer tidak bisa
memasukkan tombol beli yang berisi link pembelian ke dalam gambar, seperti
fasilotas dalam facebook, twitter, dan pinterest.
Artikel terkait: 8 fitur facebook untuk berbisnis
Akhir-akhir ini Instagram
di perkenalkan sebagai “alat penjualan paling powerful di dunia”. Sebuah
artikel dari Forbes akhir-akhir ini mencatat bahwa foto produk, serta sponsored
post instagram, membantu untuk meningkatkan jangkauan konsumen, recall, dan
konversi penjualan.
“Banyak perusahaan
tidak memanfaatkan kelebihan dari media sosial yang unik ini,” kata Mitchel
Harper, pendiri dan CEO dari Bigcommerce platform. “Anda dapat menggunakan
profil instagram, hashtag dan strategi untuk meningkatkan trafik ke situs
e-comerce anda dan menjual produk anda.”
Harper menguraikan
lima langkah di bawah ini untuk menciptakan instagram marketing yang efektif:
Tips Marketing Instagram
Optimasi brand profil
instagram anda
Sangat penting untuk
mengoptimasi nilai brand dari profil instagram anda dengan membuatnya mudah
dikenali sebagai akun usaha anda. Ini tidak berarti bahwa anda hanya posting
gambar dari produk anda: pada profil instagram Starbuck misalnya, bukan kopi
yang menjadi sorotan utamanya, tapi post menarik logo dari putri duyungnya.
Tulis deskripsi foto
yang menarik
Instagram memungkinkan
anda untuk menyertakan deskripsi di foto yang anda posting. Tulis sesuatu yang
membuat viewers anda terlibat dengan mendeskripsikan gambar yang merefleksikan
pesa brand anda. Anda juga dapat meyertakan link anda pada deskripsi, tapi
mereka harus copy paste sendiri ke browser mereka, jadi buatlah link seringkas
mungkin.
Gunakan Hashtags
Ada dua cara menggunakan
hashtags pada instagram untuk meningkatkan keterlibatan dan visibilitas brand
anda. Anda dapat membuat tag (#Starbucks untuk Starbucks, #Nikon untuk Nikon,
dll.) untuk mengumpulkan semua Instagram yang berhubungan dengan brand anda,
anda juga bisa berkontribusi untuk hashtag yang sedang trending yang
berhubungan dengan industri anda jadi pengguna yang mengikuti hashtag tersebut
akan melihat foto anda.
Koneksikan Instagram
anda dengan akun media sosial lainnya
Mengoneksikan akun
instagram anda ke akun media sosial lain (bisa dilakukan dalam aplikasi) dan
berbagi foto ke dalam jaringan tersebut secara bersamaan akan meningkatkan
jangkauan anda dan menggirng konsumen anda ke platform media sosial yang
keterlibatannya lebih kondusif untuk konsumen
Artikel terkait: 5 strategi sosial media untuk bisnis
Berinteraksilah dengan
followers anda
Follow, repost,
komentar dan berinteraksilah dengan instagram orang lain. Pada gilirannya,
membuat mereka secara sadar dan tidak sadar terlibat dengan. Pastikan selalu,
untuk berinteraksi sebagai akun asli, bukan sebagai robot spam – dengan secara
acak like 1000 foto instagram lebih sedikit efektif dibandingkan berinteraksi
dengan 10 foto spesifik yang di posting oleh orang lain dalam target pasar
anda.
Diperlukan waktu yang
tidak sedikit untuk membangun followers untuk brand anda. Cara terbaik untuk
memulainya dalah dengan terbiasa menggunakan platform instagram. “ambil banyak
foto,” kata Harper. “Makin banyak instagram yang anda ambil dan posting, makin
besar peluang brand anda akan semakin dikenal, menumbuhkan jangkauan anda,
membangun hubungan dengan konsumen dan meningkatkan penjualan.”
Artikel diatas
menjawab pertanyaan anda tentang tips marketing instagram? Jika anda punya
pertanyaan silahkan tulis dalam kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk
share, like, dan retweet artikel ini. Terima kasih!