5 Kunci Strategi Sosial Media untuk Bisnis

Dengan anggaran yang kecil dan jumlah karyawan yang sedikit, bisnis kecil harus mempunyai strategi yang baik agar lebih efektif dalam marketing sosial media.

Jeremy Juhasz, seorang sosial media strategis dari EMSI Public Relation, mengatakan, terlepas dari tantangan yang dihadapi, bisnis kecil harus menemukan strategi seperti strategi marketing yang perusahaan besar lakukan. Tapi, untuk melakukannya mereka harus mempunyai rencana yang baik dan mentaatinya.

“Anda bisa sukses di sosial media bahkan jika bisnis anda brand-nya belum diakui sebagai perusahaan yang bernilai milyaran,” kata Juhasz. “Jika anda tetap memasang tujuan realistis dan tetap bertahan dengan strategi yang baik, laba atas investasi anda (ROI) akan mengikuti.


Juhasz mengatakan ketika berhubungan dengan sosial media, bisnis kecil harus mengingat 5 strategi ini untuk mencapai kesuksesan:

Strategi Sosial Media untuk Bisnis

Perencanaan
strategi sosial media untuk bisnis
Identifikasi apa yang anda harapkan untuk pencapaian pada masa mendatang dan ciptakan strategi untuk membawa anda kesana. 

Terlalu banyak usaha kecil menyelam ke sosial media karena mereka harus mempertimbangkan sebuah rencana tindakan sebelum mereka melakukannya. Buatlah daftar apa yang ingin anda capai sebelum memulainya.

Kesabaran
Tidak ada yang langsung jadi dalam semalam. Dibutuhkan waktu untuk mengembangkan hubungan dan membangun kredibilitas dengan brand dan target audiens anda. Seiring waktu, usaha dengan kecepatan yang stabil akan memenangkan persaingan. Terburu-buru malah akan menciptakan masalah. 


Jenis kesabaran yang dimaksud disini adalah pola pikir jangka panjang. Ketika aktivitas/rutinitas sehari-hari terasa sangat berat dan barang kali tidak memuaskan, ketahuilah bahwa usaha setiap hari yang anda bangun akan membawa anda ke tujuan yang lebih besar

Ketekunan
Anda harus keras kepala berkomitmen pada tujuan dan strategi anda. Terus berusaha dan berikan strategi anda waktu yang cukup dan analisalah kebijakan anda sebelum mengeksekusinya. Jika anda tahu rencana anda adalah rencana yang baik dan terencana dengan matang, jangan panik dan mengubah arah haluannya karena anda tidak melihat hasil yang anda inginkan tercapai.

Jika misalnya, keadaan berubah, tidak setiap strategi anda bekerja dengan baik maka saatya anda harus mencoba sesuatu yang baru. Tekunlah dalam melaksanakan rencana dan strategi anda dan pantaulah apakah sesuai yang anda harapkan untuk mencapai tujuan anda.

Bayar (apa yang anda bisa)
Dewasa ini, terutama Facebook adalah platform pay-to-play, artinya jika anda ingin meningkatkan visibilitas anda secara online dan anda perlu membayar untuk itu. Iklan layanan Facebok adalah alternatif iklan berbayar yang sangat terjangkau dan efektif dibanding platform periklanan digital lainnnya.


Prioritas
Manajemen waktu sangat penting ketika berhubungan dengan sosial media. Jika staff marketing anda hanya terdiri dari satu atau dua orang, sangat penting bahwa anda harus memprioritaskan strategi sosial media anda secara bulanan, mingguan dan harian dalam pencapaian dan tujuan. Bisnis kecil menghadapi tantangan baru setiap harinya. Terkadang anda bisa saja kehilangan jejak penting dalam perjalanan anda.


Luangkan waktu anda untuk mengidentifikasi tugas-tugas yang penting untuk kesuksesan anda dan buatlah prioritas