Cara Mengembangkan Bisnis Anda dengan Efisien

Untuk anda yang berurusan dengan masalah yang terus bertambah lebih banyak dari ide-ide cemerlang, membuat produk baru atau fokus untuk perluasan jaringan bisnis anda, mungkin saatnya anda untuk menyederhanakan perkembangan bisnis anda. 

Ada banyak sekali cara mengembangkan bisnis dan yang anda perlukan hanya riset, organisasi, dan pikiran yang berorientasi bisnis. Jika anda adalah seorang pemilik bisnis, maka anda sudah ahli dalam hal tersebut. Jadi mari kita lihat beberapa hal yang bisa anda selesaikan dari masalah anda dan luangkan banyak waktu untuk hal yang penting bagi anda.

10 Cara Mengembangkan Bisnis Anda

cara mengembangkan bisnis
Memperbarui teknologi anda dalam setiap lini. Mulailah untuk menghemat banyk ruang dan beralihlah ke alat teknologi terbaru. Tidak ada keraguan bahwa alat-alat terbaru (komputer, tablet, server, dan alat pendukung lainnya) dapat menyimpan dokumentasi dalam satu tempat dan mempermudah proses pekerjaan. Bisnis anda akan berkembang sesuai dengan yang anda mau dan akan selalu ada tempat untuk menyimpan file dan dokumen penting.

Perbarui sistem invoice (faktur) anda dengan membuatnya secara online. Menangani tagihan dan invoice anda akan lebih mudah dan cepat, selama anda bersedia untuk menggunakan apa yang teknologi berikan untuk anda. Perbarui software yang anda gunakan dan anda bisa membuat invoice dan  tagihan pembayaran daam hitungan detik. Anda bisa mengatur remider pembayaan jadi anda tidak akan pernah lupa.

Pastikan website anda mencatumkan seluruh informasi yang biasanya anda berikan hanya lewat telepon. Daripada menghabiskan waktu untuk menjawab telepon dan membalas pesan/email mendiskusikan pertanyaan sama berulang-ulang, sudah saatnya anda memastikan website anda punya informasi dimana konsumen akan cari tahu. Ciptakan bagian “hal yang sering ditanyakan” yang akan menjawab pertanyaan umun dan menyelamatkan waktu anda yang harusnya bisa produktif untuk mengembangkan bisnis.


Cobalah untuk membayar apapun tepat waktu, dan tidak nanti-nati. Paksa diri anda untuk menepati isu-isu finansial yang muncul. Jangan menundanya, karena semua masalah yang tertunda akan menumpuk dan menempatkan anda dalam tekanan yang besar.

Perhatikan betul siapa yang anda rekrut. Anda harus mencari secara online dan membaca artikel dan ebookk tentang perekrutan. Strategi perekrutan dengan baik dapat membantumu mengembangkan bisnis dan di waktu yang sama dapat menghindari stress. Jika anda berhasil menemukan orang yang tepat pada pekerjaan yang juga tepat, maka masalah yang akan anda hadapi akan berkurang secara signifikan. Jadi buatlah proses perekrutan dengan baik dan pastikan para kandidat menerima pertanyaan tentang apa yang anda perlukan dalam bisnis. Form aplikasi perekrutan yang baik akan membuat perbedaan yang besar.

Penting untuk patuh pada jadwal. Membuat jadwal mingguan untuk anda dan karyawan anda dan memastikan semua orang patuh pada jadwal. Memiliki tugas-tugas tertentu dalam setiap harinya dan tidak melaporkan pekerjaan tepat waktu atau tertunda dapat mengacaukan bisnis anda dan bikin stress karyawan anda.

Buatlah waktu kerja lebih banyak, yang membuat anda berkonsentrasi pada bisnis anda dengan cara memotong jadwal meeting staff. Jika anda berhasil untuk merekrut orang yang tepat dan mengatur jadwal mingguan dengan efisien yang membuat semua orang mengerjakan bagiannya dengan benar, maka tidak ada alasan untuk memanggil para staff untuk meeting lebih sering. Batasi meeting anda seminggu sekali.

Sangat penting untuk berpartner dengan bisnis/perusahaan yang tepat. Memlilih kolaborasi yang strategik meskipun ini akan memakan banyak waktu, hal ini akan membuat perbedaan yang besar dalam jangka waktu yang lama, karena akan memungkinkan untuk mengembangkan promosi silang, campaign iklan, dan sponsorship jauh lebih cepat dan efektif. Pertimbangkan konsumen anda terlebih dahulu, karena ini cara pertama untuk mencari dan membangun mitra yang solid.


Singkirkan perantara. Banyak dari pebisnis mengabiskan bayak waktu dan uang untuk bernegosiasi dengan pengecer besar dan mengupayakan produk dan jasa dari luar melalui perusahaan lain agar sampai ke tangan konsumen. Cara terbaik untuk menyederhanakan bisnis anda adalah langsung berpromosi kepada konsumen. Cara ini lebih mudah dan murah untuk beriklan langsung kepada calon konsumen anda melalui website atau sosial media yang mempunyai minat pada produk/jasa anda.


Tentukan pada satu waktu dan hari tertentu dalam satu minggu ketika anda menangani hal yang berhubungan dengan iklan. Anda harus tahu hari yang tepat untuk mengatur segala bentuk promosi dan campaign pemasaran, sehingga sisa waktu anda yang lain bisa memfokuskan pada cara mengembangkan bisnis anda.

Artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang cara mengembangkan bisnis? Jika anda memiliki pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share,like, dan retweet artikel ini ya. Terima kasih!