10 Tips Etika Bisnis yang Harus Anda jaga

Apakah anda pernah mengamati kejanggalan sosial dan perilaku yang tidak pantas pada pertemuan/meeting bisnis? Pernahkah anda melihat seseorang bertindak bodoh dan ceroboh dalam pertemuan bisnis? Apakah anda merasa nyaman ketika mengetahui ada etika bisnis yang tepat dan harus dilakukan dalam pertemuan bisnis? Hal ini sangat penting untuk mengetahui etika bisnis yang tepat karena sangat penting untuk image anda dan proses membangun hubungan dengan rekan bisnis anda.

Glenn Ebersole, seorang bisnis konsultan dari The Renaissance Group dalam karir bisnisnya telah mempelajari tips powerful untuk menghindari kesalahan dalam etika bisnis yang seringkali dilakukan. Glenn berbagi 10 tips favorit etika bisnis, apa saja itu?

Tips Etika Bisnis:

  1. Selalu perhatikan ketika seorang berbicara dengan anda. Ini adalah salah satu tips penghormatan dan pujian terbaik yang bisa diberikan kepada seseorang dan juga menghindari kesalahpahaman dan mis-interpretasi.
  2. Gunakan jabat tangan yang erat ketika diperkenalkan kepada seseorang. Hal ini menunjukkan percaya diri, kehangatan, keterbukaan, dan ketulusan. Hindari jabat tangan terlalu kuat dan agresif, yang membuat anda terasa tidak sensitif dan mendominasi.
  3. Hanya berbicara ketika orang lain sudah berhenti berbicara. Sangat tidak sopan ketika menginterupsi lawan bicara anda. Hal ini akan menunjukkan jika anda sopan dan memungkinkan anda untuk mendengar lebih jelas dan lebih baik, dan akan membuktikan bahwa anda adalah pembicara yang hebat.
  4. Ketika berbicara, gunakan suara yang jelas dan tenang dan volume yang disesuaikan dengan keadaan meeting bisnis. Hindari kata-kata ceroboh dan aksi protes ketika anda menghadapi konsekuensi negatif. perbuatan impulsif sangat tidak dianjurkan dan berbahaya dalam bisnis jangka panjang
  5. Berpakaianlah yang tepat dan sesuai situasi dengan pertemuan bisnis, berpakaian informal jika penyelenggara acara memberi ijin. Berdiri dan duduk pada waktu yang tepat, postur yang bagus dan tampak rapi secara fisik merupakan elemen untuk menbangun impresi yang menarik. Etika bisnis mengajarkan bagaimana cara menampilkan diri dan apa yang harus dihindari.
  6. Hadapkan wajah dan tubuh anda secara penuh kepada orang yang anda ajak bicara, dan hindari tubuh anda menghadap arah lain dari orang yang anda ajak bicara. Kebiasaan ini sangat menghina dan negatif.
  7. Selalu taati aturan tentang merokok. Ingat bahwa ketikan anda menyalakan rokok secara instan anda akan tidak disukai oleh orang yang tidak suka merokok dan juga orang yang biasa merokok.
  8. Ketika minum minuman beralkohol, selalu pegang minuman anda pada tangan kiri. Ini memungkinkan anda untuk menjabat tangan seseorang dengan tangan kanan, dan menjaga tangan anda kering dan hangat. Selalu ingat untuk mengontrol jumlah minuman anda!
  9. Catat dan ingat nama orang, lengkap dengan kontak dan informasi bisnis dan personal dalam catatan pribadi anda. Visualisasikan orang tersebut selagi anda melakukannya ulangi menyebut nama mereka beberapa kali.
  10. Selalu hormati “comfort zone” orang lain yaitu 3 kaki di sekitar orang tersebut. Sensitiflah untuk tidak berdiri terlalu dekat dan hindari “comfort zone” orang tersebut yang akan menyebabkan mereka tidak menyukai perlakuan mengintimidasi dan tidak sensitif anda. Dan berhati-hatilah dengan gestur menyentuh anda, satu-satunya tempat aman dalam menyentuh orang lain adalah tangan ketika anda berjabat tangan.
Menganalisis, memahami dan menerapkan hal di atas akan membantu Anda mengenali apa etika bisnis itu dan bagaimana cara menggunakannya dalam dunia bisnis.