Pengertian Internet Marketing Adalah?

Pengertian Internet Marketing adalah? Dalam arti luas Internet Marketing mengacu pada promosi perdagangan atau bisnis melalui media internet. Ini adalah cara di mana produk atau jasa yang dipromosikan dan dijual melalui Internet. Internet marketing, juga disebut pemasaran web online-marketing.

Marketing menggunakan Internet untuk memberikan semua jenis media ke pasar global dan bahkan lokal. Biaya yang relatif murah untuk menyebarkan informasi ke khalayak global membuatnya sangat unik dibandingkan dengan pemasaran pada masa lampau.

Internet marketing mengikat aspek teknikal dan kreatif dari internet didalamnya termasuk desain, branding, promosi, dan iklan, serta penjualan. Berikut adalah 3 objektif utama untuk membantu mendefinisikan internet marketing:
  1. Menyampaikan pesan dan eksistensi perusahaan pada pasar. Membranding misi dan nilai serta mengedukasi produk dan pelayanan perusahaan via layar komputer.
  2. Mengumpulkan riset data yang tidak dibatasi oleh demografi, preferensi individu atau kebutuhan masa lampau dari pelanggan yang sudah ada dan (kelompok berbeda, stereotype, kelas, dll) sebagai pelanggan baru yang potensial.
  3. Penjualan aktual, pengumpulan biaya, pelacakan distribusi dan follow up dari barang dan jasa, serta ruang iklan di internet

Adalah cara seseorang mendekati calon klien melalui strategi yang berbeda via internet. Strategi marketing populer yang digunakan oleh internet marketer adalah sosial media, konten dan pendekatan marketing berbayar. Masing-masing memiliki atribut dan keterbatasan tersendiri.

Beberapa model bisnis internet yang diasosiasikan dengan internet marketing adalah:


pengertian internet marketing adalah
E-Commerce - Ini mungkin adalah bentuk paling dikenal dari internet marketing. Sebuah perusahaan (atau individu) mendirikan sebuah situsweb untuk memberikan pelanggan mereka kesempatan untuk membeli barang atau jasa mereka secara online. Pelanggan mengunjungi website, memilih pesanan, membayar secara online dan barang dikirimkan. Seluruh transaksi terjadi secara elektronik tanpa pelanggan harus meninggalkan rumah untuk melakukan pembelian.

Website Edukasional/Informasi - Tipe website ini bertujuan untuk memberikan informasi pada pengunjung website dan pemilik website mendapatkan pendapatan dari tayangnya iklan pada website tersebut. Tipe website ini bisa diklasifikasikan sama dengan majalah atau koran.

Email Marketing – Sebuah perusahaan atau individu menggunakan email sebagai medium untuk berinteraksi denga pelanggan denga pemberitahuan atau penawaan spesial, dll. Ketika anda membuat persetujuan dengan perusahaan tertentu, anda akan ditanya apakah anda tertarik menerima informasi mengenai penawaran lebih jauh yang mungkin menarik bagi anda.

Email marketing merupakan cara paling murah dan mudah untuk mengedarkan penawaran penjualan atau promosi tertentu, juga lebih ramah lingkungan dibandingkan mengirimkan dokumen dalam surat biasa. Sayangnya email marketing mempunyai citra buruk karena marketer tidak bermoral yang mengirim email komersial yang tidak diinginkan ke alamat email  banyak orang (cara ini disebut “spam)

Affiliate Marketing – Adalah cara marketing dimana produk dan jasa dipromosikan oleh marketer yang menerima komisi dari penjualan produk tersebut. Seorang affiliate marketer tidak menciptakan produk tersebut. Pemilik dan produsen biasanya menyediakan alat dan program untuk membantu affiliate marketer menjualkan barangnya, seperti landing page, banner iklan yang bisa dilacak siapa yang menjualkan produk tersebut.

Penjelasan diatas mungkin membingungkan untuk anda, tapi sebenarnya prosesnya cukup simpel jika anda berfokus pada satu strategi pada satu waktu. Ada banyak latihan atau kursus internet marketing, alat-alat marketing, website dan program yang membantu anda mengajarkan dan melalui prosesnya. Mempunyai guru atau seseorang yan bisa mengarahkan anda, memberikan wawasan tentang alat dan program yang tepat hingga sukses dalam berbisnis internet, tidak hanya meredam stress anda tapi juga menghemat ribuan jam dan jutaan rupiah dalam prosesnya.

Sekarang anda tahu “pengertian internet marketing”, langkah selanjutnya adalah mengintegrasikan kedalam bisnis internet anda. Gunakanlah sistem ini untuk mempercepat tujuan dan profit dari bisnis anda.