Apa yang membedakan antara entrepreneur yang percaya diri
memimpin bisnis berkembang dan pemilik bisnis yang tidak bisa bertahan pada persaingan bisnis? Semuanya bermuara pada: Semua bisnis yang sukses punya
strategi marketing yang membuat segala aktifitasnya berjalan efektif.
Sayangnya, banyak pemilik bisnis kecil terperangkap pada
marketing harian pada umumnya seperti membangun bisnis, mengirim email,
nge-tweet, beriklan, mengoptimasi landing page, blogging, dll. Para pebisnis
ini tidak memanfaatkan waktunya untuk mengambil keputusan yang meningkatkan
performa mereka.
Strategi bisnis yang simpel adalah keputusan yang anda ambil
sehingga punya taktik kerja yang benar. Strategi marketing anda adalah pondasi
untuk menciptakan kewaspadaan, membangkitkan minat, menghasilkan penjualan, dan
membangun keterlibatan dengan pelanggan. Strategi bisnis marketing yang anda
buat membangun budaya yang baik pada perusahaan, produk dan pelayanan anda.
Kunci Strategi Bisnis yang Harus Anda Perhatikan:
Untuk membuat strategi anda berjalan dengan baik, dan
menumbuhkan bisnis anda, anda harus memnentukan jawaban simpel dari pertanyaan
berikut ini dan berkomitmen untuk tidak mengubahnya selama satu tahun atau dua
tahun berikutnya.
Siapa Target Pasar Anda?
Langkah pertama dalam strategi bisnis anda adalah
menentukan target pelanggan anda. “Siapa yang anda layani?” Pertanyaan ini
harus dijawab dengan jelas sebelum anda mengeksekusi strategi lainnya secara
efektif. Dimana artinya anda harus mengatakan “tidak” pada pelanggan potensial
yang mungkin membeli dari dan juga merusak fokus anda. Membutuhkan waktu untuk
mengembangkan kedisiplinan ini, tanpa cara ini anda tidak bisa mengembangkan
marketing dengan efektif.
Berfokus pada pelanggan yang tertarget mungkin membuat anda
tidak nyaman. Seorang teman saya yang membuka bisnis laundry untuk semua orang
mengubahnya menjadi bisnis laundry untuk kalangan orang kaya di Surabaya –
dimana perlu pelayanan khusus. Dia membuat perubahan ini selama dua tahun dan
mendapat keuntungan sampai 300% dari sebelumnya, memampatkan penawaran bisnis
dan memperkuat pelayanan.
Apa Kategori Bisnis Anda?
Kategori bisnis anda adalah deskripsi singkat tentang apa
bisnis anda. Kata-kata apa yang orang sebutkan untuk mendeskripsikan bisnis
anda? Starbucks adalah “kopi berkualitas tinggi” Burger King adalah “burger
cepat saji terbaik”, bisnis laundry teman saya “Laundry untuk kalangan atas di
Surabaya”.
Kebanyakan pemilik bisnis tidak bisa mendeskripsikan dengan
rinci apa bisnis mereka. Hal ini membuat calon pelanggan tidak yakin terhadap
bisnis anda, dimana akan melemahkan efektifitas marketing. Ini yang harus anda
perhatikan: Jika pelanggan anda tidak mengingat jelas deskripsi kategori bisnis
anda setelah sebulan anda bertemu mereka, maka mereka tidak pernah menangkap
jelas apa tujuan bisnis anda.
Berpikirlah seperti anda adalah bisnis yang terbaik pada
kategori tersebut. Jika anda bukan bisnis terbaik pada kategori tersebut maka
persempit lagi kategori bisnis anda sampai anda adalah bisnis terbaik dari
kategori yang anda buat. Sinar laser yang fokus pada satu titik akan menembus
baja, tapi banyak sinar laser yang tidak terarah tidak akan ada efeknya.
Apa Kelebihan Unik yang Anda Miliki?
Kelebihan unik bisnis anda harus menyoroti satu (atau dua)
hal penting dari produk dan jasa anda yang diinginkan oleh pelanggan, bukan
daftar panjang fitur dalam produk anda. Jangan jelaskan 100 manfaat yang ada
pada produk anda, tapi fokuskan pada 3 manfaat utama, dan semakin sederhana
penjelasan anda, semakin baik strategi marketing anda.
Siapa Kompetisi Anda?
Ketika seseorang ingin mencari solusi untuk sebuah masalah, mereka
akan mencari alternative untuk dibandingkan – yaitu kompetitor anda. Namun
sebagian besar pebisnis tidak secara spesifik mendifinisikan siapa kompetitor mereka
yang sebenarnya dan tidak fokus kepada pesan untuk menciptakan diferensiasi
kepada calon pelanggan mereka.
Anda harus jelas menciptakan peta kompetisi anda. Jika anda
seorang akuntan pajak, apakah kompetisi anda sebenarnya adalah akuntan pajak
pada kota yang sama? Financial planner? Pembuat software pajak? Setiap tipe competitor
akan menciptakan perbandingan yang berbeda. Jadi anda perlu memampatkan menjadi
satu atau dua tipe kompetitor utama.
Mengapa Anda Berbeda dan Lebih Baik untuk Target Pelanggan
Anda?
Setelah anda mendefinisikan kompetisi anda, membuat daftar
yang membedakan dan lebih baik dari kompetitor anda. Lalu susun faktor-faktor
tersebut mengapa hal ini penting untuk pelanggan anda. Ambil faktor terbaik
satu atau dua dan tampilkan pada website bisnis anda.
Jangan memperumit hal ini. Calon pelanggan anda ingin tahu satu
atau dua hal yang bisa mempengaruhi keputusan mereka. Apakah bisnis anda lebih
murah? Pelayanan delivery yang lebih cepat? Pelayanan yang ramah? Apakah anda
bisnis laundry yang secara eksklusif melayani dengan teknologi atau cara khusus
di Surabaya?
Cara diatas adalah rahasia yang diterapkan perusahaan sukses
dengan sangat disiplin, membuat strategi bisnis bukan apa yang perusahaan
lakukan setelah mereka sudah menjadi perusahaan besar, Strategi bisnis adalah
ketika bisnis kecil menerapkan hal ini dan berkembang menjadi bisnis besar.