5 Strategi Bisnis Perusahaan Kecil Menuju Kesuksesan

Apa yang membedakan antara entrepreneur yang percaya diri memimpin bisnis berkembang dan pemilik bisnis yang tidak bisa bertahan pada persaingan bisnis? Semuanya bermuara pada: Semua bisnis yang sukses punya strategi marketing yang membuat segala aktifitasnya berjalan efektif.

Sayangnya, banyak pemilik bisnis kecil terperangkap pada marketing harian pada umumnya seperti membangun bisnis, mengirim email, nge-tweet, beriklan, mengoptimasi landing page, blogging, dll. Para pebisnis ini tidak memanfaatkan waktunya untuk mengambil keputusan yang meningkatkan performa mereka.

Strategi bisnis yang simpel adalah keputusan yang anda ambil sehingga punya taktik kerja yang benar. Strategi marketing anda adalah pondasi untuk menciptakan kewaspadaan, membangkitkan minat, menghasilkan penjualan, dan membangun keterlibatan dengan pelanggan. Strategi bisnis marketing yang anda buat membangun budaya yang baik pada perusahaan, produk dan pelayanan anda.

Kunci Strategi Bisnis yang Harus Anda Perhatikan:

Untuk membuat strategi anda berjalan dengan baik, dan menumbuhkan bisnis anda, anda harus memnentukan jawaban simpel dari pertanyaan berikut ini dan berkomitmen untuk tidak mengubahnya selama satu tahun atau dua tahun berikutnya.

strategi bisnis perusahaan
Siapa Target Pasar Anda?
Langkah pertama dalam strategi bisnis anda adalah menentukan target pelanggan anda. “Siapa yang anda layani?” Pertanyaan ini harus dijawab dengan jelas sebelum anda mengeksekusi strategi lainnya secara efektif. Dimana artinya anda harus mengatakan “tidak” pada pelanggan potensial yang mungkin membeli dari dan juga merusak fokus anda. Membutuhkan waktu untuk mengembangkan kedisiplinan ini, tanpa cara ini anda tidak bisa mengembangkan marketing dengan efektif.

Berfokus pada pelanggan yang tertarget mungkin membuat anda tidak nyaman. Seorang teman saya yang membuka bisnis laundry untuk semua orang mengubahnya menjadi bisnis laundry untuk kalangan orang kaya di Surabaya – dimana perlu pelayanan khusus. Dia membuat perubahan ini selama dua tahun dan mendapat keuntungan sampai 300% dari sebelumnya, memampatkan penawaran bisnis dan memperkuat pelayanan.

Apa Kategori Bisnis Anda?
Kategori bisnis anda adalah deskripsi singkat tentang apa bisnis anda. Kata-kata apa yang orang sebutkan untuk mendeskripsikan bisnis anda? Starbucks adalah “kopi berkualitas tinggi” Burger King adalah “burger cepat saji terbaik”, bisnis laundry teman saya “Laundry untuk kalangan atas di Surabaya”.

Kebanyakan pemilik bisnis tidak bisa mendeskripsikan dengan rinci apa bisnis mereka. Hal ini membuat calon pelanggan tidak yakin terhadap bisnis anda, dimana akan melemahkan efektifitas marketing. Ini yang harus anda perhatikan: Jika pelanggan anda tidak mengingat jelas deskripsi kategori bisnis anda setelah sebulan anda bertemu mereka, maka mereka tidak pernah menangkap jelas apa tujuan bisnis anda.

Berpikirlah seperti anda adalah bisnis yang terbaik pada kategori tersebut. Jika anda bukan bisnis terbaik pada kategori tersebut maka persempit lagi kategori bisnis anda sampai anda adalah bisnis terbaik dari kategori yang anda buat. Sinar laser yang fokus pada satu titik akan menembus baja, tapi banyak sinar laser yang tidak terarah tidak akan ada efeknya.

Apa Kelebihan Unik yang Anda Miliki?
Kelebihan unik bisnis anda harus menyoroti satu (atau dua) hal penting dari produk dan jasa anda yang diinginkan oleh pelanggan, bukan daftar panjang fitur dalam produk anda. Jangan jelaskan 100 manfaat yang ada pada produk anda, tapi fokuskan pada 3 manfaat utama, dan semakin sederhana penjelasan anda, semakin baik strategi marketing anda.

Siapa Kompetisi Anda?
Ketika seseorang ingin mencari solusi untuk sebuah masalah, mereka akan mencari alternative untuk dibandingkan – yaitu kompetitor anda. Namun sebagian besar pebisnis tidak secara spesifik mendifinisikan siapa kompetitor mereka yang sebenarnya dan tidak fokus kepada pesan untuk menciptakan diferensiasi kepada calon pelanggan mereka.

Anda harus jelas menciptakan peta kompetisi anda. Jika anda seorang akuntan pajak, apakah kompetisi anda sebenarnya adalah akuntan pajak pada kota yang sama? Financial planner? Pembuat software pajak? Setiap tipe competitor akan menciptakan perbandingan yang berbeda. Jadi anda perlu memampatkan menjadi satu atau dua tipe kompetitor utama.

Mengapa Anda Berbeda dan Lebih Baik untuk Target Pelanggan Anda?
Setelah anda mendefinisikan kompetisi anda, membuat daftar yang membedakan dan lebih baik dari kompetitor anda. Lalu susun faktor-faktor tersebut mengapa hal ini penting untuk pelanggan anda. Ambil faktor terbaik satu atau dua dan tampilkan pada website bisnis anda.

Jangan memperumit hal ini. Calon pelanggan anda ingin tahu satu atau dua hal yang bisa mempengaruhi keputusan mereka. Apakah bisnis anda lebih murah? Pelayanan delivery yang lebih cepat? Pelayanan yang ramah? Apakah anda bisnis laundry yang secara eksklusif melayani dengan teknologi atau cara khusus di Surabaya?


Cara diatas adalah rahasia yang diterapkan perusahaan sukses dengan sangat disiplin, membuat strategi bisnis bukan apa yang perusahaan lakukan setelah mereka sudah menjadi perusahaan besar, Strategi bisnis adalah ketika bisnis kecil menerapkan hal ini dan berkembang menjadi bisnis besar.