Dengan begitu ketatnya kompetisi di pasar saat ini, adalah
sebuah tantangan untuk mengubah pelanggan pertama anda menjadi pelanggan tetap.
Gabriel Bristol, presiden dan CEO dari Intelicare Direct,
sebuah perusahaan customer service solution, mengatakan bahwa menyediakan
layanan yang baik saja tidak cukup untuk menjaga pelanggan anda untuk datang kembali.
Untuk menciptakan pelanggan yang loyal, sebuah bisnis perlu persiapan untuk
membuat pelanggan merasa spesial dan dibutuhkan, kata dia.
Bristol memberikan lima tips untuk membantu bisnis kecil
untuk meningkatkan loyalitas pelanggan:
Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Memberikan pelayanan yang baik. Loyalitas pelanggan
berkurang ketika pelayanan konsumen tidak memuaskan. Pastikan layani pelanggan
anda secara segera, sopan dan efisien. Dengarkan apa kebutuhan mereka, dan
temui mereka seefisien mungkin. Pelanggan akan mengingat ini, tapi mereka lebih
mengingat pelayanan yang buruk lebih sering.
Selesaikan masalah lebih cepat. Tidak semua produk bekerja
dengan sempurna, dan kadang-kadang pelayanan yang berbayar tidak memenuhi
ekspektasi. Sadari ketika ekspektasi pelanggan tidak terpenuhi, dan bekerjalah
lebih keras untuk memastikan isu dan masalah mereka terselesaikan untuk
kepuasan mereka. Mereka akan mengingat ini dan akan merasakan keamanan ketika
bertransaksi kembali dengan anda.
Jaga Komunikasi. Kumpulkan data kontak dari pelanggan anda. Komunikasikan
dengan mereka ketika ada penawaran special, atau anda bisa mengirimkan ucapan
selamat ulang tahun. Gunakan segala bentuk komunikasi untuk menjaga eksistensi perusahaan
anda di kepala mereka.
Reward atas loyalitas. Sesekali, anda hatus memberikan
reward kepada pelanggan loyal anda dengan produk gratis atau diskon special karena
sudah setia dengan produk anda. Anda akan terkejut apa yang akan dihasilkan karena
usaha anda menghargai keloyalitasan mereka.
Berterima kasih kepada pelanggan. Ada kemungkinan, anda
mempunyai kompetitor dalam pasar atau industry yang anda geluti – ini berarti pelanggan
anda mempunyai pilihan, tapi faktanya pelanggan anda memilih anda – entah karena
pilihan harga, reputasi atau kenyamanan yang anda tawarkan – adalah sesuatu
yang harus anda apresiasi, tunjukkanlah. Berterima kasihlah kepada mereka.
Berterima kasihlah ketika setiap waktu mereka memilih anda, dan pastikan mereka
tahu dalam kata-kata dan perbuatan bagaimana pentingnya bisnis anda untuk
mereka, terlepas dari apakah mereka pelanggan terkecil atau terbesar anda.
Artikel ini menjawab pertanyaan anda tentang bagaimana cara meningkatkan loyalitas pelanggan? Jika anda punya ide lain silahakan tambahakan pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share, like dan retweet artikel ini. Terima kasih!