5 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan begitu ketatnya kompetisi di pasar saat ini, adalah sebuah tantangan untuk mengubah pelanggan pertama anda menjadi pelanggan tetap.

Gabriel Bristol, presiden dan CEO dari Intelicare Direct, sebuah perusahaan customer service solution, mengatakan bahwa menyediakan layanan yang baik saja tidak cukup untuk menjaga pelanggan anda untuk datang kembali. Untuk menciptakan pelanggan yang loyal, sebuah bisnis perlu persiapan untuk membuat pelanggan merasa spesial dan dibutuhkan, kata dia.

Bristol memberikan lima tips untuk membantu bisnis kecil untuk meningkatkan loyalitas pelanggan:

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Memberikan pelayanan yang baik. Loyalitas pelanggan berkurang ketika pelayanan konsumen tidak memuaskan. Pastikan layani pelanggan anda secara segera, sopan dan efisien. Dengarkan apa kebutuhan mereka, dan temui mereka seefisien mungkin. Pelanggan akan mengingat ini, tapi mereka lebih mengingat pelayanan yang buruk lebih sering.

meningkatkan loyalitas pelanggan
Selesaikan masalah lebih cepat. Tidak semua produk bekerja dengan sempurna, dan kadang-kadang pelayanan yang berbayar tidak memenuhi ekspektasi. Sadari ketika ekspektasi pelanggan tidak terpenuhi, dan bekerjalah lebih keras untuk memastikan isu dan masalah mereka terselesaikan untuk kepuasan mereka. Mereka akan mengingat ini dan akan merasakan keamanan ketika bertransaksi kembali dengan anda.

Jaga Komunikasi. Kumpulkan data kontak dari pelanggan anda. Komunikasikan dengan mereka ketika ada penawaran special, atau anda bisa mengirimkan ucapan selamat ulang tahun. Gunakan segala bentuk komunikasi untuk menjaga eksistensi perusahaan anda di kepala mereka.

Reward atas loyalitas. Sesekali, anda hatus memberikan reward kepada pelanggan loyal anda dengan produk gratis atau diskon special karena sudah setia dengan produk anda. Anda akan terkejut apa yang akan dihasilkan karena usaha anda menghargai keloyalitasan mereka.


Berterima kasih kepada pelanggan. Ada kemungkinan, anda mempunyai kompetitor dalam pasar atau industry yang anda geluti – ini berarti pelanggan anda mempunyai pilihan, tapi faktanya pelanggan anda memilih anda – entah karena pilihan harga, reputasi atau kenyamanan yang anda tawarkan – adalah sesuatu yang harus anda apresiasi, tunjukkanlah. Berterima kasihlah kepada mereka. Berterima kasihlah ketika setiap waktu mereka memilih anda, dan pastikan mereka tahu dalam kata-kata dan perbuatan bagaimana pentingnya bisnis anda untuk mereka, terlepas dari apakah mereka pelanggan terkecil atau terbesar anda.

Artikel ini menjawab pertanyaan anda tentang bagaimana cara meningkatkan loyalitas pelanggan? Jika anda punya ide lain silahakan tambahakan pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share, like dan retweet artikel ini. Terima kasih!