5 Penyebab Bisnis Gagal

Tidak ada kemudahan dalam bisnis. Sekecil apapun, harus ada kerja keras yang dilakukan untuk mencapai sukses, dan menghindari penyebab bisnis gagal


Ada beberapa faktor sepele yang tidak disadari oleh pemula dalam bisnis. Sialnya, hal-hal sepele itu justru sering menjadi penyebab kegagalan. Jika tidak ditangani dengan serius, hanya dalam kurun waktu kurang dari lima tahun saja, hal-hal itu malah menjadi penyebab kebangkrutan dan tutupnya bisnis.

1. Tidak berpromosi

Kekuatan terbesar dari bisnis adalah promosi. Mustahil bisa mendapatkan pelanggan banyak tanpa promosi. Tak mau keluar uang banyak? Mulailah dengan promosi digital menggunakan media sosial, seperti Facebook dan Twitter.


penyebab bisnis gagal


2. Tidak tertib administrasi

Jangan pernah berpikir untuk tidak mencatat setiap transaksi. Sekecil apapun jumlah transaksi tersebut, sebaiknya memang tertulis di dalam laporan keuangan supaya Anda memahami kondisi keuangan bisnis Anda sendiri.


3.Tidak ada pegawai 

Awalnya mungkin Anda berpikir bahwa bisnis yang mulai Anda geluti mampu Anda jalankan sendiri tanpa bantuan orang lain. Namun seiring perjalanan waktu, Anda tetap akan membutuhkan pegawai. Mulailah berpikir untuk merekrut pegawai. Jangan hanya melihat kemampuan akademik, tetapi perhatikan juga kompetensi dan pengalamannya.


4. Tidak ada dana cadangan

Memulai bisnis dengan modal kecil akan membuat Anda menjalani tahun-tahun pertama dari bisnis Anda dengan sulit. Dana cadangan tetap Anda butuhkan untuk menambah kekuatan sumber dana di kala bisnis sudah mulai goyah.


5. Tidak fokus

Di saat mengalami kelesuan terhadap produk yang Anda jual saat ini, Anda memang disarankan untuk mencari produk baru sebagai varian. Namun sebaiknya jangan melupakan produk lama Anda. Sering berganti-ganti produk justru akan membuat pelanggan bingung dengan identitas bisnis Anda.