8 Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube

Youtube menarik lebih dari 1 milyar pengguna perbulan. Itu adalah junlah audiens yang besar. Jadi, jika kamu menghasilkan uang secara online, satu cara untuk meraih impianmu itu adalah dengan lebih aktif di Youtube. Jika anda bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube, penjelasan ini bisa mencerahkan anda.

Seperti anda mendapatkan uang/memonetisasi konten dari blog atau website, anda juga bisa memonetisasi video Youtube dengan strategi yang sama; Adsense, Pemasar Affiliate, dan masih banyak yang lain. Dan persyaratan yang sama juga berlaku, anda butuh trafik yang besar menuju video anda. Sama seperti bagaimana anda membuat pendapatan besar dari konten blog dan website, anda butuh trafik besar untuk menghasilkan keuntungan dari video Youtube. Mengerti sekarang?

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Google Adsense
cara mendapatkan uang dari youtube
Menampilkan iklan ketika video anda berjalan adalah cara yang paling jelas untuk mendapatkan uang dari Youtube. Untuk menampilkan iklan pada video anda, yang anda butuhkan adalah mendaftar Google Adsense.

Setelah anda mendaftar dan mengatur akun Adsense anda, anda dapat memulai menampilkan iklan anda di video Youtube. Satu keuntungan besar dari pilihan ini adalah anda tidak perlu mencari pengiklan anda sendiri, karena Google yang akan mengatur itu. Namun, tidak semua orang diterima menjadi mitra Youtube.

Link Affiliate
Cara lain untuk memonetisasi video Youtube anda adalah menambah link affiliate kedalam bagian teks deskripsi di video anda. Strategi ini bekerja dengan baik jika isi video anda sama dengan produk yang akan anda promosikan sebagai affiliate

Anda mendapat komisi dari setiap viewer video anda, melihat link affiliate, mengunjungi link tersebut, dan melakukan pembelian. Sesimpel itu. Makin banyak jumlah view pada video anda, semakin banyak uang yang akan anda hasilkan, karen makin banyak orang yang akan membeli dari link affiliate anda.


Menjual Link
Jika anda bukan pemasar affiliate, maka anda bisa menjual link dalam video deskripsi anda. Anda mendapat bayaran dari memasukkan link menuju website atau blog orang lain.

Namun, anda harus berhati-hati dengan metode ini jika anda punya channel Youtube dengan base subscriber yang sudah banyak. Jika anda anda menyewakan daerah deskripsi anda kepada pengiklan yang link-nya tidak berkaitan dengan konten anda atau link sampah, anda akan merusak reputasi anda dan menghilangkan subscriber anda. Jika anda menerima iklan link dari pengiklan yang berkaitan dengan konten anda, maka audiens anda tidak akan mempermasalahkan.

Rental Youtube
Ini adalah cara memonetisasi video yang keren, tapi saat ini hanya untuk pengguna Amerika saja. Pilihannya adalah pengguna bisa memprodusi konten video “premium” dan menjual akses ke video tersebut kepada yang ingin membeli,

Pilihan ini cocok untuk siapaun yang punya audiens loyal dan reputasi karena mempublikasi video yang bermanfaat dan relevan. Jadi bagi anda yang suka berbagi video bermanfaat bisa memonetisasi dengan cara ini

Review Berbayar
Anda juga bisa mendapatkan uang dari Youtube dari menjual produksi video tentang review produk atau menunjukkan manfaat dari produk tersebut. Hal ini mirip dengan review berbayar dan post bersponsor yang blogger tawarkan untuk review tertulis.

Metode ini bisa sangant menguntungkan, anda harus berhati-hati jika anda punya channel dengan banyak subscriber. Menciptakan video “sales” yang tidak memberikan manfaaat apa-apa kepada viewer dapat mengakibatkan reputasi negatif dan kehilangan subscriber.

Mepromosikan Produk dan Jasa Anda Sendiri
Jika anda memiliki bisnis yang menawarkan produk dan jasa, anda bisa menarik minat banyak pelanggan dengan menciptakan video yang mempromosikan penawaran menarik anda dan meng-uploadnya di Youtube. Jika anda sudah membangun reputasi dengan membuat video bermanfaat, memasukkan video promosi produk anda tidak akan mengecewakan subscriber anda, dan anda dapa memperoleh banyak penjualan.


Review Produk Affiliate
Memasang link affiliate dalam video deskripsi (seperti yang dijelaskan diatas) adalah cara bagus untuk mendapatkan uang dari produk / jasa orang, anda bisa mendapatkan lebih banyak uang dengan mendedikasikan seluruh video anda untuk mempromosikan produk affiliate yang anda kerjakan.

Cara terbaik untuk meningkatkan pendapatan anda dengan metode ini adalah membuat video anda ketika memakai produk tersebut dan mendapatkan hasil yang bagus dan diinginkan.

Menjual Channel Youtube
Seperti blogger yang bisa memutuskan untuk menjual blognya setelah menumbuhkannya, anda juga dapat memutuskan untuk menjual channel Youtube yang dibuktikan dengan banyaknya subscriber atau bisa menampilkan bukti channel Youtube anda menghasilkan search engine trafik yang baik, dan produksi channel-nya tidak berhubungan dengan kepribadian anda.


Channel yang menarik trafik search engine lebih berharga dari channel yang hanya mendatangkan visit dari subscriber saja.