Cara Membuat Website E-Commerce dengan WordPress

Kebanyakan pemilik bisnis, ketika mereka memutuskan untuk berjualan online, baik dengan membuat template website e-commerce sendiri atau mendaftarkannya dengan platform toko online dari pihak ketiga (pilihan pertama adalah yang paling populer). Namun kedua pilihan ini, terutama yang pertama, membutuhkan modal yang tidak sedikit. Untuk membuat sendiri template web e-commerce anda membutuhkan web developer untuk desain website dan kodingan, sedangkan layanan pihak ketiga (wordpress, blgospot, dll.) jauh lebih sederhana dan murah.

Cara membuat website e-commerce dengan WordPress

Wordpress membuat penjualan online lebih mudah untuk kebanyakan user pemula. Bahakan ketika anda tidak mengerti soal HTML, PHP, atau bentuk kodingan web lainnya, anda masih bisa membentuk web e-commerce dengan efektif menggunakan WordPress. Tidak hanya mengandung pilihan dan fitur yang ada pada standar web e-commerce, tapi wordpress juga sangat mudah di ubah dan modifikasi sesuai kebutuhan.


Ada beberapa pilihan untuk mengatur web e-commerce dengan WordPress. Dua cara ini yang paling sering digunakan

1) Menggunakan Tema Wordpress – WooCommerce
Salah satu cara membuat website e-commerce dengan Wordpress dan langsung berjualan, adalah dengan menginstall tema e-commerce yang premium.

Ada banyak tema yang ada dan terintegrasi dengan WooCommerce yang akan mengubah website anda menjadi web e-commerce yang dapat diandalkan. Mulai dari daftar produk, ulasan, rating setiap produk dan halaman pembelian, tema ini mempunyai semua yang anda butuhkan untuk mulai berjualan online.

Sebuah tema premium WordPress berkisaran sekitar Rp 500.000 – Rp 600.000, dan dengan set-up bisa memakan waktu beberapa jam sampai beberapa hari tergantung keahlian anda dengan platform WordPress. Tapi, cara ini lebih simpel dibandingkan membuat web e-commerce dari nol yang memakan waktu mingguan dan menghabiskan jutaan rupiah.

Video pembuatan website e-commerce dengan WooCommerce:



Berikut adalah panduan cepat untuk mengatur plugin dari tema WooCommerce
  • Anda bisa langsung mengunduh plugin dari plugin library atau menginstallnya langsung dari bagian plugin dalam WordPress anda.
  • Ikuti proses standar dalam penginstalan plugin
  • Setelah terinstall, pilih negara anda, mata uang, dan pengaturan lain.
  • Anda juga bisa mengubah tampilan plugin pada general setting
  • Pengaturan lain termasuk pengaturan cara pembayaran, daftar produk, pengaturan pajak, dll.

2) Menggunakan Plugin E-Commerce WordPress – Selz
Plugin e-commerce Selz sangat efektif dan mudah digunakan yang didesain untuk membantu profesional kreatif dan entrepreneur muda menjual produk secara online tanpa mengubah bentuk dan isi website mereka dan tanpa kebutuhan koding.

cara membuat website e-commmerce dengan wordpress

Plugin ini mengatur semuanya mulai dari presentasi produk, halam pembayaran, dan langganan email. Selz mempunya desain antarmuka simpel dan tampilan pembayaran yang mudah dimengerti oleh pelanggan. Anda dapat memasang tombol “beli sekarang”, widget, atau daftar produk dimanapun dalam website anda.

Plugin Selz dari WordPress sangat mudah digunakan dan diatur, mulailah dari mengunduh dari bagian plugin anda dan ikuti standar prosedur instalasinya.

Setelah plugin terinstall, anda hanya perlu menuju website resmi Selz, buat akun gratis, tambahkan informasi cara pembayaran anda dan buatk\lah widget produk anda.

cara membuat website e-commmerce dengan wordpress

Cara ini hanya memakan waktu 5 menit!

Ketika membuat widget produk anda akan mendapatkan kode produk, salin kode tersebut dan masukkan dalam plugin Selz pada wesite WordPress anda.

Baca juga: 7 rahasia sukses bisnis internet

Sebagai tambahan, Selz bisa mengumpulkan alamat email dari pembeli anda yang bisa anda integrasikan dengan list email seperti MailChimp atau AWeber.

Dengan Selz, anda bisa menerima pembayaran via kartu kredit lebih dari 150 negara yang semuanya di-handle oleh Selz.

3) Menggunakan Plugin E-Commerce WordPress – WP e-Commerce

cara membuat website e-commmerce dengan wordpress


WP e-commerce adalah plugin e-commerce dari WordPress yang populer dan serinf diunduh. Dengan lebih dari 2.6 juta unduhan. Rahasia dari kepopuleran plugin ini adalah kustomisasi sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda punya keahlian dalam HTML dan CSS, anda bisa memodifikasi penampakan dan cara kerja plugin ini semau anda.

Salah satu kelebihannya adalah jumlah gerbang pembayaran yag disupport oleh plugin ini termasuk Paypal, kartu kredit, Master Card, dll.


Proses instalasinya sangat mudah. Anda bisa menguduh dari halaman plugin WordPress anda. Setelah itu anda perlu mengatur detail pembayaram, informasi produk, harga, dan kostumisasi lainnya yang anda butuhkan.

4) Menggunakan Aplikasi – Shopify
Shopify adalah salah satu pilihan terbaik cara membuat website e-commerce dengan Wordpress. Aplikasi ini memberikan anda pilihan toko online termasuk daftar produk, halaman informasi per-produk, integrasi pembayaran, dan berbagai pilihan lainnya.

Shopify adalah platform independen. Aplikasi ini berbasis portal wen yang memerlukan instalasi pada sistem anda.

Baca juga: Bisnis online dropship: cara temudah jualan online

Yang anda butuhkan untuk memulai dengan Shopify adalah sesuatu yang akan anda jual, toko online Shopifu, dan kartu kredit. Setelah anda terdaftar, anda bisa menggunakan platform Shopify sendiri atau menggunakannya dengan domain + hosting anda dengan pengaturan Shopify.

cara membuat website e-commmerce dengan wordpress

Jika anda pengguna WordPress, anda bisa mengeintegrasikan produk dari Shopify anda dengan website WordPress anda. Setelah melalui prises integrasi (lihat penjelasan di bawah) yang anda butuhkan adalah salin link produk dari Shopify ke dalam WordPress anda. Produk, detail harga, deskripsi, dan tombol beli sekarang akan muncul secara otomatis.

  • Pertama, yang anda butuhkan adalah menginstal aplikasi Shopify kedalam Wordpress anda.
  • Setelah aplikasi terinstall, otorisasi Shopify untuk mengakses akun WordPress anda dengan memberikan detail login anda,
  • Sekarang anda bisa melihat bagian plugin di dashboard WordPress anda, klik aktifkan.
cara membuat website e-commmerce dengan wordpress

  • Setelah aktif, pergilah ke area pengaturan dan koneksikan akun Shopify anda dengan detail login akun Shopify anda
  • Anda bisa memodifikasi penampilan toko anda dan menambah produk baru.
cara membuat website e-commmerce dengan wordpress

E-commerce adalah sebuah bisnis yang terus berkembang dan semua orang seluruh dunia memanfaatkan cara ini mulai dari ibu rumah tangga, pebisnis online, bahkan pelajar. Penggunaan tema dan plugin WordPress adalah cara temudah memulai toko online tanpa perlu repot masalah koding, dan tak perlu pusing biaya pembuatan toko online sendiri.