5 Saran Bisnis Online yang Terdengar Bagus tapi Sebenarnya Tidak


1. "Mempunyai Koneksi dengan Influencer"

Salah satu nasihat bisnis online yang paling tua dan paling umum adalah mempunyai koneksi dengan seseorang yang berpengaruh dalam industri yang sedang anda geluti. Biasanya anda disarankan untuk mendekati dan memberi nilai tambah kepada mereka agar mereka mau mempromosikan bisnis online anda. Saran ini mungkin saja bisa berhasil pada satu waktu tapi bisa juga buruk bagi anda.

Biasanya influencer mendapatkan ratusan email dan notifikasi sosial media dalam berbagai kesempatan. Ketika anda bersikeras meyakinkan mereka, anda akan terlihat seperti spammer atau stalker. Kita hidup pada zaman dimana kita bisa membangun bisnis online tanpa bantuan influencer. Berhentilah meyakinkan mereka dan gunakanlah waktu anda untuk membangun bisnis.

2. "Dapatkanlah Banyak Trafik Melalui SEO"
Baru-baru ini saya dengar podcast dari seorang yang saya hormati. Dia mendapat pertanyaan tentang bagaimana cara mendapatkan banyak trafik ke situs web. Jawabannya "Tulislah artikel panjang yang berisi kata kunci." Pada dasarnya SEO akan memberikan anda trafik, tapi cara ini bukanlah cara yang terbaik dan bukan juga cara tercepat untuk membangun trafik.

Baca juga: Strategi SEO yang harus anda fokuskan di 2015

Yang paling sederhana dan tercepat untuk mendapatkan trafik situs adalah mendapatkan eksposur. Anda bisa menjadi pembicara tamu dalam sebuah siaran atau podcast, menulis artikel di banyak situs besar/penulis tamu. Publikasi yang baik adalah bersedia berbagi konten, yang berarti bisnis anda akan ditampilan dalam media-media mainstream.



3. "Membuat Sosial Media yang Mempunyai Banyak Follower"
Sosial media mempunyai pengaruh besar pada tahun 2011. Hari ini semua sosial media besar diperdagangkan secara umum, yang dimana mereka akan membantu menghasilkan keuntungan pada pemilik bisnis online yang mau berinvestasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, mereka menyediakan space iklan untuk menjangkau para audiens tertarget. Bagi pebisnis online yang tidak mempunyai budget besar, membangun sosial media ber-follower besar tidak akan membantu bisnis mereka. Kenyataan pahitnya adalah beberapa pebisnis malah membeli follower hanya untuk terlihat populer.


4. "Membayar untuk Kursus dari Internet Marketer Terkenal"
Berinvestasi untuk bisnis anda dapat mempercepat progresnya. Suatu ketika anda menemukan seorang internet marketer yang mampu membuat promosi kursusnya terlihat menarik dan anda mungkin sekali dua kali mengunduh tips-tips seri video "gratis" sampai anda membeli kursus tersebut secara penuh. Kadang ada kursus yang tidak menyediakan akses sesi tanya jawab ketika anda mengimplementasikan ilmunya dan mempunyai beberapa pertanyaan yang perlu dijawab. Pikirkan apa yang anda butuhkan sebelum berinvestasi pada kursus internet marketing

Artikel terkait: 9 Cara meningkatkan penjualan online

5. "Jadilah Seorang Ahli"
Dengan banyak orang mengklaim dirinya sebagau ahli di bidangnya, status "ahli" telah kehilangan relevansinya. Orang-orang tidak selalu terhubung dengan para ahli. Mereka terhubung, membeli dari seseorang yang mereka tahu, kenal, sukai dan percayai. Mereka tidak akan mudah percaya pada anda jika anda mengaku-ngaku sebagai "ahli"

Saat ini, kita mempunyai akses informasi yang berlimpah. Jika anda mempunyai smartphone, anda memiliki sumber daya tak terbatas di dalam saku anda. Jika anda ingin mencari cara membangun bisnis online, anda dapat menghabiskan berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk mencapai hasil yang anda inginkan. Terlalu banyak informasi akan membuat para entrepreneur bingung mengoptimalkan bisnisnya.

Jangan mengikuti saran-saran populer kecuali saran tersebut masuk akal untuk bisnis dan tujuan anda. Apa yang berhasil bagi orang lain belum tentu berhasil untuk diri anda. Uji apa yang terbaik bagi bisnis anda dan peajari langkah selanjutnya. Jangan percaya tren.