Sebagai pelaku
ecommerce, penjualan online anda sangat penting untuk kelangsungan bisnis anda.
Mencapai target
penjualan yang anda harapkan adalah tantangan terbesar bagi anda, patah
semangat dan ketidakyakinan menghasilkan penjualan online bukan alasan untuk terus
berhenti dan pasrah menunggu hasil yang apa adanya.
Jangan hanya terpaku
pada satu atau dua cara pemasaran saja. Meningkatkan penjualan online bisa saja
berat dan memakan waktu yang lama, tapi jika anda terbiasa bisnis online akan
menjadi sangat menyenangkan.
Untuk mempermudah anda
upaya anda, di bawah ini 9 cara meningkatkan penjualan online dan mencapai
target yang anda inginkan:
Tips meningkatkan penjualan online
Berikan sampel gratis pada influencer
Internet dipenuhi
dengan blogger yang berpengaruh (influential), jurnalis, entrepreneur dan
vlogger dari berbagai industri dan niche.
Banyak dari mereka
punya banyak fans / follower di sosial media dan audiens loyal di website
Mengirimkan sampel
produk gratis kepada influencer yang berhubungan dengan industri anda,
memberitahukan bahwa anda mengapresiasi pekerjaan mereka dengan hadiah kecil. Juga,
harapannya, anda mendapat link dan mention dalam satu platform mereka
mempromosikan produk anda.
Tidak hanya memberikan
anda banyak trafik dan follower sosial media, tapi juga mendapat pengakuan dari
salah satu ahli industri tersebut (si influencer). Perlakuan pada influencer ini
dapat meningkatkan penjualan dan menaikkan status produk anda di mata pelanggan
potensial.
Jika anda belum
menjalankan blog yang berkaitan dengan toko atau produk ada, maka anda sudah
melewatkan potensi koten marketing yang sangat berharga.
Dengan menciptakan
konten yang unik dan berkualitas, anda akan menciptakan kepercayaan dalam brand
anda dan memberikan informasi up to date
kepada audiens. Blogging juga memberikan sesuatu untuk di-share di sosial media dan membantu anda mendapatkan peringkat di search engine.
Cara yang simpel dan
efektif untuk membuat konten marketing untuk bisnis anda adalah memikirkan semua
masalah yang ada dalam produk dan industri tersebut. Dengan menggunakan blog
anda, anda bisa menjawab dan menyelesaikan masalah dalam bentuk artikel
sehingga banyak orang yang terbantu.
Misalnya, pengunjung
toko online anda tertarik dengan belajar memadu madankan pakaian kantor dan
sebagainya. Dari sini, kita bisa membuat konten dengan kata kunci seperti “paduan
busana kerja” dan “mencocokkan atasan dan bawahan.”
Membangun list email pengunjung dan pelanggan
Membangun list email
untuk tujuan marketing sangatlah penting.
Faktanya, menurut
penelitian dari MarketingSherpa, 60 persen marketer menyatakan dari email marketing
dapat menghasilkan ROI untuk perusahaan mereka (32 persen yang lain yakin akan
menghasilkan ROI). Ketika ditanyakan berapa estimasi ROI dari program email
marketing untuk perusahaan – keseluruhan grup melaporkan sebesar 119% -- salah
satu cara pemasaran yang tidak boleh dilewatkan oleh penjual online.
Mulailah membangun
list email anda dan sertakan dengan jelas form subskribsi email di toko online
anda. Sertakan penawaran agar pengunjung anda ingin bergabung dalam list email
anda, misal peluang untuk memenangkan produk gratis yang diundi tiap minggu.
Artikel terkait: 4 trik email marketing yang efektif
Ingat pentingnya
konten marketing yang disebutkan diatas? Nah, menginterview seorang ahli dalam
suatu industri adalah contoh yang baik bagaimana cara membuat konten yang
bagus.
Interview sangat
efektif karena merupakan situasi yang sama-sama menguntungkan, orang yang
di-interview mendapat sorotan, sedangkan peng-interview mendapatkan konten yang
bagus untuk dipublikasikan, dimana dalam hal ini, adalah blog anda.
Buatlah pertanyaan
interview dengan menanyakan pertanyaan relevan tidak hanya seputar kehidupan
dan karir mereka, tapi juga industri secara keseluruhan.
Bereksperimenlah
dengan Google Adwords
Adwords adalah jaringan
iklan pay-per-click populer yang
memungkinkan penjual online menempatkakan iklan di shampir setiah hasil
pencarian Gogole, video Youtube dan partner webbsite. Siapa yang tidak mau
mempunyai peringkat tiga teratas dari hasil pencarian Google?
Kelebihan Adwords terletak
pada kecepatan dan besar jangkauannya. Dalam hanya beberapa menit, anda dapat
mengatur dan meluncurkan campaign iklan anda dimana teks, gambar, ataupun video
yang terlihat oleh banyak orang di seluruh penjuru website.
Menggunakan pilihan
campaign Adwords, anda dapat membuat iklan tertarget dimana akan muncul bersama
hasil pencarian ketika pencari menuliskan kata kunci yang anda target.
Tambahan, iklan anda juga akan tampil pada website dan artikel yang mempunyai
keyword yang sama.
Baca juga: 8 layanang marketin Google untuk bisnis
Menjual grosiran ke
retailer lain atau reseller
Tidak ada yang salah dengan
menjual grosiran kepada retailer lain, terutama jika penjualan anda sedang menurun
atau anda ingin meningkatkan penjualan online anda.
Salah satu kelebihan
dari menjual secara grosiran adalah meningkatkan cash flow. Tambahan, jika anda
menjual produk anda sendiri, anda pada dasarnya memungkinkan retailer atau
reseller memasarkan untuk anda, menyebarluaskan merk anda. Dengan kata lain,
menjual grosiran bisa secara tidak langusng meningkatkan penjualan online anda.
Jaringan dari forum
Forum diskusi online
adalah tempat yang bagus untuk memberikan tips dan panduan, menjawab pertanyaan
dan memperoleh satu atau dua pelanggan.
Gunakan Google untuk
mencari forum aktif yang berhubungan langsung dengan niche/industri anda. Ketika
anda memposting sesuatu, pastikan anda tidak melanggar aturan forum
tersebut ketika anda mempromosikan merk
dan produk anda. Ketahui batas-batasnya, dan taati peraturan. Buatlah avatar
forum, signature, dan halaman profil anda untuk mempromosikan brand anda.
Anda mungkin akan
sangat bernafsu untuk posting dan promosi secara terus menerus, tapi tetaplah profesional. Tidak ada forum yang akan mentoleransi promosi secara terus
menerus atau posting dengan banyak link ke website anda. Disamping itu,
bertindak seperti itu akan mencederai merk anda di mata pengguna forum lain.
Jadi, keep it simple.
Adakan kontes
berhadiah
Semua orang suka
barang gratis, dan jika anda ingin membangun kepercayaan ketika mengupayakan
penjualan anda, kontes berhadiah akan sangat membantu anda.
Kontes dan kompetisi
tidak hanya memberikan anda inbound link, hal ini adalah cara yang baik untuk
menunjukkan kepada pelanggan potensial bahwa anda bisa dipercaya dan
melancarkan bisnis anda.
Baca juga: cara meningkatkan loyalitas pelanggan
Gunakan sosial media
Twitter adalah salah
satu cara yang simpel untuk berbaur dan menarik target pasar anda. Metode yang
baik untuk menemukan pelanggan potensial adalah secara aktif mencari orang yang
tweet menanyakan tentang masalah di industi anda dan menjangkau mereka dengan
solusi yang mereka butuhkan. Tidak usah menyebut produk anda, berikanlah panduan
dan solusi untuk mereka, mereka akan mencari sendiri.
Untuk
merepresentasikan personalitas dan kreativitas via sosial media, Pinterest,
Instagram dan Vine adalah platform yang paling tepat. Platform-platform ini
adalah tempat yang tepat untuk menyalurkan kreativitas dan passion anda di
balik layar. Ambil gambar dari produk anda, buat video tentang cara
pembuatannya, ceritakan kisah produk anda dengan gambar. Selalu buat konten
anda dengan indah. Orang-orang suka keindahan.
Artikel terkait: strategi marketing Pinterest untuk meningkatkan penjualan
Dan jangan lupakan
Facebook, memanfaatkan profil Facebook dan pengoptimalan page bisnis anda untuk mepromosikan
bisnis anda dengan teman, keluarga, dan membuat orang-orang berbicara tentang
prosuka anda. Buatlah update status yang kreatif dan berinteraksilah dengan grup
atau fan page yang berhubungan dengan idustri anda.
Pertimbanngkan juga
untuk meggunakan Facebook Ads. Sama seperti Adwords, anda dapat membuat
campaign tertarget untuk mendapatkan Like, penjualan dan mempromosikan merk
anda.