9 Cara Meningkatkan Penjualan Online

Sebagai pelaku ecommerce, penjualan online anda sangat penting untuk kelangsungan bisnis anda.

Mencapai target penjualan yang anda harapkan adalah tantangan terbesar bagi anda, patah semangat dan ketidakyakinan menghasilkan penjualan online bukan alasan untuk terus berhenti dan pasrah menunggu hasil yang apa adanya.

Jangan hanya terpaku pada satu atau dua cara pemasaran saja. Meningkatkan penjualan online bisa saja berat dan memakan waktu yang lama, tapi jika anda terbiasa bisnis online akan menjadi sangat menyenangkan.

Untuk mempermudah anda upaya anda, di bawah ini 9 cara meningkatkan penjualan online dan mencapai target yang anda inginkan:

Tips meningkatkan penjualan online

Berikan sampel gratis pada influencer
Internet dipenuhi dengan blogger yang berpengaruh (influential), jurnalis, entrepreneur dan vlogger dari berbagai industri dan niche.

Banyak dari mereka punya banyak fans / follower di sosial media dan audiens loyal di website

Mengirimkan sampel produk gratis kepada influencer yang berhubungan dengan industri anda, memberitahukan bahwa anda mengapresiasi pekerjaan mereka dengan hadiah kecil. Juga, harapannya, anda mendapat link dan mention dalam satu platform mereka mempromosikan produk anda.

Tidak hanya memberikan anda banyak trafik dan follower sosial media, tapi juga mendapat pengakuan dari salah satu ahli industri tersebut (si influencer). Perlakuan pada influencer ini dapat meningkatkan penjualan dan menaikkan status produk anda di mata pelanggan potensial.

Mulailah untuk blogging
Jika anda belum menjalankan blog yang berkaitan dengan toko atau produk ada, maka anda sudah melewatkan potensi koten marketing yang sangat berharga.

cara meningkatkan penjualan online
Dengan menciptakan konten yang unik dan berkualitas, anda akan menciptakan kepercayaan dalam brand anda dan memberikan informasi up to date kepada audiens. Blogging juga memberikan sesuatu untuk di-share di sosial media dan membantu anda mendapatkan peringkat di search engine.

Cara yang simpel dan efektif untuk membuat konten marketing untuk bisnis anda adalah memikirkan semua masalah yang ada dalam produk dan industri tersebut. Dengan menggunakan blog anda, anda bisa menjawab dan menyelesaikan masalah dalam bentuk artikel sehingga banyak orang yang terbantu.

Misalnya, pengunjung toko online anda tertarik dengan belajar memadu madankan pakaian kantor dan sebagainya. Dari sini, kita bisa membuat konten dengan kata kunci seperti “paduan busana kerja” dan “mencocokkan atasan dan bawahan.”

Membangun list email pengunjung dan pelanggan
Membangun list email untuk tujuan marketing sangatlah penting.

Faktanya, menurut penelitian dari MarketingSherpa, 60 persen marketer menyatakan dari email marketing dapat menghasilkan ROI untuk perusahaan mereka (32 persen yang lain yakin akan menghasilkan ROI). Ketika ditanyakan berapa estimasi ROI dari program email marketing untuk perusahaan – keseluruhan grup melaporkan sebesar 119% -- salah satu cara pemasaran yang tidak boleh dilewatkan oleh penjual online.

Mempunyai list email dari pelanggan sebelumnya dan pelanggan potensial berarti anda dapat memberikan informasi, produk, dan konten anda menuju mailbox pribadi mereka. Secara kontras, update yang dibuat di page facebook dan twitter tidak secara seluruhnya sampai ke semua follower anda, karea perbedaan zona waktu dan faktor lainnya.

Mulailah membangun list email anda dan sertakan dengan jelas form subskribsi email di toko online anda. Sertakan penawaran agar pengunjung anda ingin bergabung dalam list email anda, misal peluang untuk memenangkan produk gratis yang diundi tiap minggu.


Menginterview seorang ahli dalam industri anda
Ingat pentingnya konten marketing yang disebutkan diatas? Nah, menginterview seorang ahli dalam suatu industri adalah contoh yang baik bagaimana cara membuat konten yang bagus.

Interview sangat efektif karena merupakan situasi yang sama-sama menguntungkan, orang yang di-interview mendapat sorotan, sedangkan peng-interview mendapatkan konten yang bagus untuk dipublikasikan, dimana dalam hal ini, adalah blog anda.

Buatlah pertanyaan interview dengan menanyakan pertanyaan relevan tidak hanya seputar kehidupan dan karir mereka, tapi juga industri secara keseluruhan.

Bereksperimenlah dengan Google Adwords
Adwords adalah jaringan iklan pay-per-click populer yang memungkinkan penjual online menempatkakan iklan di shampir setiah hasil pencarian Gogole, video Youtube dan partner webbsite. Siapa yang tidak mau mempunyai peringkat tiga teratas dari hasil pencarian Google?

Kelebihan Adwords terletak pada kecepatan dan besar jangkauannya. Dalam hanya beberapa menit, anda dapat mengatur dan meluncurkan campaign iklan anda dimana teks, gambar, ataupun video yang terlihat oleh banyak orang di seluruh penjuru website.

Menggunakan pilihan campaign Adwords, anda dapat membuat iklan tertarget dimana akan muncul bersama hasil pencarian ketika pencari menuliskan kata kunci yang anda target. Tambahan, iklan anda juga akan tampil pada website dan artikel yang mempunyai keyword yang sama.


Menjual grosiran ke retailer lain atau reseller
Tidak ada yang salah dengan menjual grosiran kepada retailer lain, terutama jika penjualan anda sedang menurun atau anda ingin meningkatkan penjualan online anda.

Salah satu kelebihan dari menjual secara grosiran adalah meningkatkan cash flow. Tambahan, jika anda menjual produk anda sendiri, anda pada dasarnya memungkinkan retailer atau reseller memasarkan untuk anda, menyebarluaskan merk anda. Dengan kata lain, menjual grosiran bisa secara tidak langusng meningkatkan penjualan online anda.

Jaringan dari forum
Forum diskusi online adalah tempat yang bagus untuk memberikan tips dan panduan, menjawab pertanyaan dan memperoleh satu atau dua pelanggan.

Gunakan Google untuk mencari forum aktif yang berhubungan langsung dengan niche/industri anda. Ketika anda memposting sesuatu, pastikan anda tidak melanggar aturan forum tersebut  ketika anda mempromosikan merk dan produk anda. Ketahui batas-batasnya, dan taati peraturan. Buatlah avatar forum, signature, dan halaman profil anda untuk mempromosikan brand anda.

Anda mungkin akan sangat bernafsu untuk posting dan promosi secara terus menerus, tapi tetaplah profesional. Tidak ada forum yang akan mentoleransi promosi secara terus menerus atau posting dengan banyak link ke website anda. Disamping itu, bertindak seperti itu akan mencederai merk anda di mata pengguna forum lain. Jadi, keep it simple.

Adakan kontes berhadiah
Semua orang suka barang gratis, dan jika anda ingin membangun kepercayaan ketika mengupayakan penjualan anda, kontes berhadiah akan sangat membantu anda.

Kontes dan kompetisi tidak hanya memberikan anda inbound link, hal ini adalah cara yang baik untuk menunjukkan kepada pelanggan potensial bahwa anda bisa dipercaya dan melancarkan bisnis anda.


Gunakan sosial media
Twitter adalah salah satu cara yang simpel untuk berbaur dan menarik target pasar anda. Metode yang baik untuk menemukan pelanggan potensial adalah secara aktif mencari orang yang tweet menanyakan tentang masalah di industi anda dan menjangkau mereka dengan solusi yang mereka butuhkan. Tidak usah menyebut produk anda, berikanlah panduan dan solusi untuk mereka, mereka akan mencari sendiri.

Untuk merepresentasikan personalitas dan kreativitas via sosial media, Pinterest, Instagram dan Vine adalah platform yang paling tepat. Platform-platform ini adalah tempat yang tepat untuk menyalurkan kreativitas dan passion anda di balik layar. Ambil gambar dari produk anda, buat video tentang cara pembuatannya, ceritakan kisah produk anda dengan gambar. Selalu buat konten anda dengan indah. Orang-orang suka keindahan.


Dan jangan lupakan Facebook, memanfaatkan profil Facebook dan pengoptimalan page bisnis anda untuk mepromosikan bisnis anda dengan teman, keluarga, dan membuat orang-orang berbicara tentang prosuka anda. Buatlah update status yang kreatif dan berinteraksilah dengan grup atau fan page yang berhubungan dengan idustri anda.

Pertimbanngkan juga untuk meggunakan Facebook Ads. Sama seperti Adwords, anda dapat membuat campaign tertarget untuk mendapatkan Like, penjualan dan mempromosikan merk anda.