Apakah Pinterest
bagian dari strategi sosial media marketing anda? JIka tidak, anda mungkin
kehilangan peluang besar untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan anda.
Karena bisnis berbasis produk sangat tepat dengan penggunaan sosial media
visual ini, Pinterest adalah cara terbaik dengan biaya terjanglau untuk bisnis
kecil dalam berbagai industri untuk terlibat langsung dan belajar dengan
pelanggan.
“Tidak seperti
Facebook atau Twitter, yang menghubungkan pengguna berdasarkan dari siapa yang
mereka kenal, Pinterest menghubungkan pengguna berdasar passion mereka. Ini
berarti pengguna melihat konten berdasar apa minat mereka, dan juga bisa meningkatnya
kemungkinan pembelian. Marketer yang mengincar distribusi konten yang relevan
dan sangat tertarget sangat disarankan untuk menggunakan Pinterest.” Kata Danny
Maloney, CEO dan pendiri perusahaan Pinterest analytics and management Tailwind.
Pinterest baru-baru ini
merilis Gifts feed, yang hanya menampilkan “Product Pins” dengan informasi
harga dan link pembelian, adalah bukti kelebihan fitur penjualan yang dimiliki
sosial media. para ahli marketing menawarkan strategi marketing Pinterest ini untuk
membantu bisnis kecil meningkatkan penjualan.
Strategi marketing Pinterest
Belajarlah dari
follower anda.
Berfokus pada minat
pelanggan tertarget anda dapat membantu anda menciptakan banyak pengalaman yang
menarik, dan Pinterest dapat memberikan banyak informasi ini kepada bisnis
kecil. Maloney menyarankan untuk melihat siapakah yang mem-follow anda, siapakah yang me-repin
konten anda, dan siapakah yang melakukan pin
dari domain anda. Lalu anda dapat melihat apa saja yang followers anda pin untuk mengidentifikasi tren dalam
kisaran follower anda.
Artikel terkait: 5 tips viral dengan sosial media
Dorong pelanggan untuk
memasukkan gambar anda dalam daftar keinginan mereka
Banyak pengguna
Pinterest telah memulai untuk membuat board “daftar keinginan” untuk liburan,
ulang tahun, dan juga acara-acara spesial seperti pernikahan dan kelahiran bayi untuk
memberikan ide hadiah kepada teman dan keluarganya. Kirsten Knipp, vice
presiden dari platfom ecommerece untuk marketing produk dan brand Bigcommerce memberikan catatan bahwa, mendorong audiens untuk menambahkan produk anda dalam daftar
keinginan mereka dapat meningkatkan penjualan ke website anda.
“Melakukan pin gambar dapat menjadi call to action
sekunder bagi seseorang yang sedang browsing produk-produk anda dan belum siap
membelinya,” kata Knipp. Pelanggan memasang gambar anda pada daftar keinginan
mereka, sehingga ketika mereka siap membeli, mereka akan menelusuri daftar
keinginannya dan kembali pada anda.
Sampaiakan sebuah cerita dalam board anda
Membuat cerita tentang
apa produk anda di dalam board Pinterest dapat menginspirasi, melibatkan dan mempromosikan produk anda dengan cara
yang tidak terlalu memaksa.
Artikel terkait: meme marketing, teknik pemasaran yang disukai audiens dan marketer
Jika anda masih baru
di Pinterest, hal terbaik yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan brand
visibility anda adalah menambahkan menambahkan tombol “Pin It” pada website
anda. Mayoritas keterlibatan brand dalam Pinterest datang dari pengguna, jadi
buatlah agar pengunjung website anda untuk berbagi konten anda dari sana secara
mudah.
Sangat penting juga untuk
memastikan semua gambar anda berkualitas tinggi. Karena Pinterest berbasis
gambar, memiliki foto produk yang bagus harus menjadi prioritas anda. Semakin
menarik dan memikat gambar anda, semakin banyak pula orang di Pinterest yang
melihat dan telibat.
Strategi maketing
Pinterest adalah sebuah investasi, dan melihat hasilnya mungkin memerlukan
waktu. Berinvestasi di Pinterest seperti berinvestasi di SEO atau membangun
marketing mulut ke mulut dari lingkungan anda. Lakukan hal ini sebagai insiatif
yang penting untuk jangka panjang, dan membangun platform yang kokoh untuk
beberapa tahun ke depan.