Strategi Marketing Pinterest untuk meningkatkan penjualan

Apakah Pinterest bagian dari strategi sosial media marketing anda? JIka tidak, anda mungkin kehilangan peluang besar untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan anda. Karena bisnis berbasis produk sangat tepat dengan penggunaan sosial media visual ini, Pinterest adalah cara terbaik dengan biaya terjanglau untuk bisnis kecil dalam berbagai industri untuk terlibat langsung dan belajar dengan pelanggan.

“Tidak seperti Facebook atau Twitter, yang menghubungkan pengguna berdasarkan dari siapa yang mereka kenal, Pinterest menghubungkan pengguna berdasar passion mereka. Ini berarti pengguna melihat konten berdasar apa minat mereka, dan juga bisa meningkatnya kemungkinan pembelian. Marketer yang mengincar distribusi konten yang relevan dan sangat tertarget sangat disarankan untuk menggunakan Pinterest.” Kata Danny Maloney, CEO dan pendiri perusahaan Pinterest analytics and management Tailwind.


Pinterest baru-baru ini merilis Gifts feed, yang hanya menampilkan “Product Pins” dengan informasi harga dan link pembelian, adalah bukti kelebihan fitur penjualan yang dimiliki sosial media. para ahli marketing menawarkan strategi marketing Pinterest ini untuk membantu bisnis kecil meningkatkan penjualan.

Strategi marketing Pinterest

Belajarlah dari follower anda.
Berfokus pada minat pelanggan tertarget anda dapat membantu anda menciptakan banyak pengalaman yang menarik, dan Pinterest dapat memberikan banyak informasi ini kepada bisnis kecil. Maloney menyarankan untuk melihat siapakah yang mem-follow anda, siapakah yang me-repin konten anda, dan siapakah yang melakukan pin dari domain anda. Lalu anda dapat melihat apa saja yang followers anda pin untuk mengidentifikasi tren dalam kisaran follower anda.


Dorong pelanggan untuk memasukkan gambar anda dalam daftar keinginan mereka
strategi marketing pinterest
Banyak pengguna Pinterest telah memulai untuk membuat board “daftar keinginan” untuk liburan, ulang tahun, dan juga acara-acara spesial seperti pernikahan dan kelahiran bayi untuk memberikan ide hadiah kepada teman dan keluarganya. Kirsten Knipp, vice presiden dari platfom ecommerece untuk marketing produk dan brand Bigcommerce memberikan catatan bahwa, mendorong audiens untuk menambahkan produk anda dalam daftar keinginan mereka dapat meningkatkan penjualan ke website anda.

“Melakukan pin gambar dapat menjadi call to action sekunder bagi seseorang yang sedang browsing produk-produk anda dan belum siap membelinya,” kata Knipp. Pelanggan memasang gambar anda pada daftar keinginan mereka, sehingga ketika mereka siap membeli, mereka akan menelusuri daftar keinginannya dan kembali pada anda.

Sampaiakan sebuah cerita dalam board anda
Membuat cerita tentang apa produk anda di dalam board Pinterest dapat menginspirasi, melibatkan  dan mempromosikan produk anda dengan cara yang tidak terlalu memaksa.


Jika anda masih baru di Pinterest, hal terbaik yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan brand visibility anda adalah menambahkan menambahkan tombol “Pin It” pada website anda. Mayoritas keterlibatan brand dalam Pinterest datang dari pengguna, jadi buatlah agar pengunjung website anda untuk berbagi konten anda dari sana secara mudah.

Sangat penting juga untuk memastikan semua gambar anda berkualitas tinggi. Karena Pinterest berbasis gambar, memiliki foto produk yang bagus harus menjadi prioritas anda. Semakin menarik dan memikat gambar anda, semakin banyak pula orang di Pinterest yang melihat dan telibat.

Strategi maketing Pinterest adalah sebuah investasi, dan melihat hasilnya mungkin memerlukan waktu. Berinvestasi di Pinterest seperti berinvestasi di SEO atau membangun marketing mulut ke mulut dari lingkungan anda. Lakukan hal ini sebagai insiatif yang penting untuk jangka panjang, dan membangun platform yang kokoh untuk beberapa tahun ke depan.