Terlepas dari apa yang
anda pikirkan sebagai bos, selalu ada peluang karyawan anda tidak memiliki
kepercayaan pada anda. Penelitian baru menemukan, hanya 40 persen karyawan
mengatakan mereka mempunyai kepercayaan tinggi terhadap bosnya, atau pada
perusahaan/organisasi dia bernaung, menurut penelitian dari Interaction Associates, kepercayaan dari karyawan terhadap atasan dan pemilik bisnis di tempat
kerja akan meningkatkan kinerja dan performa perusahaan.
Penelitian menunjukkan
bahwa kepercayaan, yang para peneliti mendefinisikan sebagai kesediaan untuk
menerima risiko pribadi berdasar aksi/perbuatan orang lain, semakin buruk dari
tahun ke tahun dalam banyak bisnis. Lebih dari seperempat dari yang disurvei,
kepercayaan mereka terhadap atasan semakin berkurang dari tahun 2013 kemarin.
Secara keseluruhan,
karyawan mempunyai kepercayaan lebih terhadap rekan kerjanya daripada
atasannya. Penelitian menunjukkan 54 persen karyawan merasa aman berkomunikasi
tentang ide dan opininiya kepada sesama rekan sepantaran, dibandingkan 38
persen yang aman berkomunikasi dengan pemimpin atau atasan perusahaan.
Linda Stewart, CEO
dari Interaction Associates, mengatakan penelitian mereka menunjukkan bahwa
betapa pentingnya kepercayaan dalam mendorong kinerja perusahaan.
“Namun, kita melihat
betapa tingginya ketidakpercayaan diantara para populasi karyawan tahun ini,”
kata Stewart dalam pernyataan. “Hasilnya mengkhawatirkan, terutama mengingat
pentingnya bawahan menempatkan diri sebagai orang yang dipimpin dan butuh
arahan – 82 persen dari semua responden
mengatakan bahwa mempercayai atasan mereka sangat penting bagi mereka untuk
lebih efektif dalam pekerjaan mereka.”
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa perusahaan yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi diantara
karyawannya 2,5 kali lebih mungkin untuk meningkatkan pertumbuhan pendapatan
daripada mereka yang tidak percaya pada atasannya. Selain itu, bisnis yang
berjalan dengan kepercayaan mengungguli semua bisnis lain dalam mencapai tujuan
bisnis mereka, termasuk loyalitas dan retensi pelanggan; posisi pasar yang
kompetitif; perilaku dan aksi yang lebih beretika; hasil bisnis dan finansial
mudah diprediksi; dan pertumbuhan keuntungan.
Artikel terkait: 10 etika bisnis yang harus anda jaga
Penelitian juga
menemukan 80 persen karyawan yang tingkat kepercayaannya tinggi dalaml
perusahaan menyumbang inovasi dan ivestasi dalam proyek-proyek baru.
Interaction Associates mendaftar 5 aksi yang harus dilakukan atasan atau
pemilik bisnis untuk membangun kepercayaan karyawan:
Cara memperoleh kepercayaan karyawan
- Tanyakan masukan dalam keputusan yang berdampak pada karyawan
- Beri karyawan informasi latar belakang tentang suatu kebijakan atau proyek, jadi mereka mengerti mengapa keputusan dibuat
- Atur agar karyawan bisa mencapai kesuksesan dengan memberikan mereka peluang pembelajaran dan sumber daya yang mereka butuhkan
- Akui kesalahan
- Jangan hukum karyawan karena mereka mengangkat isu-isu atau masalah yang mereka miliki
Penelitian ini
bedasarkan survei lebih dari 500 karyawan / pekerja pada perusahaan di seluruh
dunia, dalam berbagai fungsi pekerjaan dan industri yang berbeda.