Cara Mencari Karyawan yang Punya Passion Tinggi

“Passion” mungkin adalah kata yang sering digunakan dalam dunia startup dan bisnis kecil. Meskipun benar bahwa ciri kepribadian ini telah menjadi sesuatu yang klise ketika menggambarkan seorang calon pekerja atau entrepreneur yang ideal, ada alasan dan tujuan yang baik untuk itu. Mempunyai komitmen penuh dan peduli dengan apa yang anda lakukan (terlepas apakah anda menjalankan sebuah perusahaan secara penuh atau hanya menjual produk) selalu dapat menciptakan hasil yang sangat berkualitas.


Menciptakan budaya karyawan yang benar-benar mencintai pekerjaan mereka dimulai dari proses perekrutan. William Powley, pendiri dan kepala kreatif dari biro desain Mad*Pow, memberikan  cara untuk mengidentifikasi kandidat yang potensial ke dalam tim anda.

cara mencari karyawan dengan passion

Cara Mencari Karyawan dengan Passion

Perhatikan hobi dan minat
Selama proses interview, sangat penting untuk menemukan hobi calon karyawan anda di luar pekerjaan. Orang yang mempunyai passion menunjukkan antusias besar ketika menceritakan dan berbagi apa yang mereka lakukan, dalam pekerjaan dan bermain. Orang yang hobi dan minatnya hanya berorientasi karir mungkin bukan karyawan ber”passion” yang anda cari, karena mereka tidak mempunyai keragaman pemikiran dalam peran mereka.

Nilai kemampuan untuk menjaga keseimbangan kerja-kehidupan
Tanyakan pada calon karyawan seberapa ia menghargai keseimbangan jadwal antara kerja-kehidupan. Orang-orang yang tahu bagaimana cara bekerja keras dan bermain dengan lepas adalah ciri-ciri anggota tim terbaik. Orang yang datang ke proses interview tanpa persiapan untuk menyediakan jawaban pertanyaan ini harus diberi tanda tidak masuk ke dalam tim anda.


Evaluasi tujuan perkembangan-profesionalitasnya
Sebuah pertanyaan besar yang ditanyakan selama interview adalah “Jika kami mempekerjakan anda, apa yang anda lihat pada diri anda lakukan disini dalam tiga tahun?” Jika jawabannya tidak memberi petunjuk untuk sesuatu yang lebih besar dari yang ia tawarkan sekarang, itu adalah tanda bahwa dia tidak berorientasi untuk tumbuh. Orang yang mempunyai passion selalu menvari cara untuk menjadi lebih baik, lebih pintar, dan paling penting, lebih bahagia.

Ukur kapasitas kemurahan hati mereka
Orang yang penuh passion suka melihat orang lain sukses, atau berkontribusi dalam kesuksesan orang lain. Tanyakan pada calon karyawan anda bagaimana dia membantu orang lain di luar pekerjaan. Apakah mereka suka melakukan pekerjaan sukarela? Apakah mereka mencurahkan waktu untuk tujuan nonpersonal?


Uji keberanian mereka
Orang dengan passion seringkali sangat berani. Tanyakan pada calon karyawan anda sebuah contoh masalah dimana membutuhkan keberanian dan kerja keras mereka untuk mengatasinya.

Ukur dan nilailah apa yang menggetarkan mereka
Orang yang penuh passion selalu bersemangat. Mereka menunjukkan emosi ketika mengacu pada hidup yang membuat mereka bahagia. Melalui proses interview, tulis area percakapan dimana kandidat menjadi semangat /antusias pada topik tertentu. Jika topik ini sejalan dengan peran yang anda butuhkan, mungkin dia adalah orang yang tepat untuk pekerjaan dalam tim anda.