Terlepas dari apa definisi
anda tentang kesuksesan, ada sejumlah besar ciri-ciri umum yang dimiliki oleh
seorang entrepreneur sukses. Anda dapat mencentang ciri-ciri apa yang anda
punyai di bawah ini. Disini anda bisa menyimpulkan. Jika anda tidak mempunyai
semua ciri-ciri ini, jangan khawatir. Kebanyakan sifat ini dapat dipelajari
dengan praktek dan mengembangkan sikap pemenang, terutama jika anda menetapkan
tujuan dan menerapkannya pada diri anda sendiri melalui perencanaan strategis,
untuk menggapai tujuan tersebut.
Apa Saja Ciri Ciri Entrepreneur?
Melakukan apa yang
anda senangi
Apa yang anda dapatkan
dari bisnis dalam bentuk kepuasan pribadi, keuntungan finansial, stabilitas dan
kenikmatan akan anda sertakan dalam bisnis anda. Jadi jika anda tidak
menikmati/menyenangi apa yang anda kerjakan, kemungkinan besar akan tercermin
dalam sukses tidaknya bisnis anda. Faktanya, jika anda tidak menikmati apa yang
anda kerjakan, kemungkinan anda tidak akan sukses.
Melakukan pekerjaan
dengan serius
Anda tidak bisa
berharap untuk efektif dan sukses dalam bisnis kecuali anda benar-benar percaya
pada bisnis anda dan produk/jasa yang anda jual. Terlalu banyak entrepreneur
yang gagal dalam karena tidak serius dalam bisnisnya, terlalu mudah teralihkan,
tidak termotivasi, dan tidak mengarahkan mata mereka pada tujuan. Anda tidak
mau dewa kesuksesan mengalihkan pandangannya pada anda kan?
Artikel terkait: 5 hal yang mengganggu produktivitas anda
Merencanakan segala
sesuatu
Merencanakan segala
aspek dari bisnis anda adalah suatu keharusan, tapi juga membangun kebiasaan
yang setiap entrepreneur harus kembangkan, implementasikan, dan kelola.
Perencanaan bisnis sangat penting karena memerlukan anda untuk menganalisa setiap
situasi dalam bisnis, riset, pengumpulan data, dan membuat kesimpulan berdasar
fakta yang tersusun lewat riset.
Mengelola uang dengan
bijaksana
Nyawa dari setiap
perusahaan/bisnis adalah cash flow. Anda membutuhkannya untuk membeli
persediaan, membayar layanan, mempromosikan dan memasarkan bisnis anda,
memperbaiki sesuatu, mengganti alat dan perlengkapan, dan menggaji diri anda
agar tetap bisa bekerja. Oleh karena itu seorang entrepreneur harus menjadi
manajer uang yang bijaksana untuk memastikan aliran dana terus mengalir dan
tagihan terbayar tepat waktu.
Menjadi promotor yang
tidak tahu malu (tanpa menjadi menjengkelkan)
Salah satu mitos
terbesar dari kesuksesan bisnis maupun individual adalah bagaimana bisnis anda,
kemampuan personal, produk, dan jasa anda bisa ditemukan dan diketahui oleh
massa hingga mereka membeli apa ynag anda jual. Tapi bagaimana ini bisa terjadi
jika tidak ada orang yang tahu siapa anda, apa yang anda jual, dan mengapa
mereka harus membelinya?
Promosi diri adalah
salah satu alat marketing yang paling menguntungkan, tapi kurang dimanfaaatkan
oleh sebagian besar entrepreneur dalam diri mereka.
Mengingat bahwa semuanya adalah tentang pelanggan
Bisnis anda bukan
tentang prosuk atau jasa yang anda jual. Bisnis anda bukan tentang harga yang
anda kenakan pada barang dan jasa anda. Bisnis anda bukan tentang kompetisi dan
cara untuk mengalahkannya. Bisnis anda segalanya tentang pelanggan, atau klien,
titik. Pada akhirnya, pelanggan andalah yang akan sangat menentukan apakah
bisnis anda akan booming atau hancur.
Artikel terkait: 5 cara meningkatkan loyalitas pelanggan
Semua yang anda lakukan dalam bisnis
harus terfokus untuk pelanggan, termasuk kebijakan, jaminan, opsi pembayaran,
jam operasi, presentasi, iklan, dan website. Sebagai tambahan, anda harus tahu
luar dalam siapa pelanggan anda.
Akrab dan melek
teknologi
Anda harus menghindari
terlalu terperangkap dalam dunia teknologi, tapi anda juga harus tahu bagaimana
mengambil manfaat dari cara menggunakannya. Salah satu aspek yang menakjubkan
dari internet adalah bisnis satu atau dua orang yang dioperasikan dari rumah
bisa mempunyai website senilai perusahaan 600 milyar rupiah, yap, hanya dari
rumah saja. Pastikan anda selalu update dunia teknologi yang sesuai dengan
kebutuhan anda. Teknologi yang dapat membantu anda, bukan untuk pamer-pameran
ke tentangga anda, lho.
Bisa membangun tim
yang solid
Tidakn ada orang yang
bisa membangun bisnis sukses sendirian. Ini adalah pekerjaan yang butuh tim
yang sama komitemennya dengan diri anda untuk menjalankan bisnis dan menggapai
kesuksesan. Tim bisnis anda bisa terdiri dari anggota keluarga anda, teman,
pemasok, asosiasi bisnis, karyawan, aliansi bisnis, pemerintah lokal atau
komunitas. Tentu saja anggota tim yang paling penting adalah pelanggan atau
klien anda. Tim yang solid akan berdampak pada fungsi bisnis anda, dan
kelangsungan bisnis anda di masa depan.
Dikenal sebagai ahli
Jika anda punya
masalah yang ingin anda pecahkan, apakah anda hanya bertanya pendapat pada
orang-orang atau anda mencari seorang ahli dalam bidangnya untuk membantu
memecahkan masalah anda? Tentu saja anda ingin seseorang yang mempunyai
informasi dan membantu anda kan?. Anda secara alamiah mencari ahli untuk
memecahkan masalah anda. Anda memanggil tukang pipa untuk masalah kebocoran
tangki air anda, agen properti untuk ketika sudah waktunya menjual rumah anda
atau dokter gigi ketika anda punya masalah dengan gigi anda. Oleh karena itu,
masuk akal bila semakin anda dikenal karena keahlian anda dalam bisnis anda
semakin banyak pula orang yang mencari anda.
Senang berinvestasi
pada diri sendiri
Entrepreneur kelas
atas membeli dan membaca buku, majalah, laporan, jurnal, newsletter, website
tentang bisnis dan marketing, mengetahui bahwa sumber daya ini akan
meningkatkan pengetahuan dan keahliannya dalam marketing dan bisnsi. Mereka
bergabung dalam perkumpulan atau klub, dan mereka membuat jaringan dengan
banyak pebisnis ahli untuk mempelajari rahasia sukses mereka yang sangat
membantu dalam meraih tujuan mereka. Entrepreneur kelas atas menghadiri seminar,
workshop dan pelatihan bisnis dan marketing, bahkan ketika mereka sudah
menguasai subjek tersebut. Mereka melakuakan hal ini karena tahu edukasi adalah
proses yang terus berjalan. Selalu ada cara untuk lebih baik, dalam waktu
singkat, tanpa perlu banyak usaha. Singkatnya, entrepreneur kelas atas tidak pernah
berhenti berinvestasi agar alat marketing yang mereka punya selalu handal, dan
efektif dalam gudang senjata mereka.
Mudah dijangkau
Kita hidup pada waktu
dimana makan siang fast food kita siap dalam layanan drive-thru, layanan
laundry yang bisa diambil pada hari yang sama, uang kita selalu tersedia di
mesin ATM. Anda melihat pola yang berkembang disini – anda harus memudahkan akses
bisnis anda dengan orang lain.
Anda harus menyadari
bahwa beberapa orang akan bekerja keras dengan cara tidak nyaman membelanjakan
uang mereka untuk produk/jasa anda.
Buatlah agar orang-orang bisa menjangkau
dan berbisnis dengan anda, dengan kata lain anda harus selalu siap dihubungi
dan mengetahui tentang produk/jasa anda. Anda harus meyediakan apa yang pelanggan
anda inginkan, dan kapan mereka menginginkannya.
Menguasai seni
bernegosiasi
Keahlian untuk
bernegosiasi adalah kemampuan yang harus dikuasai oleh setiap entrepreneur.
Dalam bisnis, keahlian negosiasi digunakan sehari-hari. Selalu ingat menguasi seni
negosiasi berati anda harus menggunakan keahlian anda untuk mengatur situasi
win-win solution sehingga kedua belah pihak merasa menang dan mendapat
keuntungan, dimana keahlian ini adalah salah satu basis untuk membangun hubungan
bisnis jangka panjang dan menguntungkan.
Ikut terlibat
Selalu cari cara untuk
ikut terlibat dalam komunitas yang mendukung bisnis anda. Anda dapat melakukan
ini dengan banyak cara seperti, ikut menyumbang, terlibat dalam acara
komunitas, dan terlibat dalam politik lokal. Faktanya orang-orang suka
melakukan bisnis dengan orang yang mereka tahu, sukai, dan hormati.
Tahu waktunya untuk
berisitirahat
Godaan untuk terus
bekerja adalah masalah untuk setiap entrepreneur. Apalagi, anda tidak punya
manajer yang mengingatkan anda untuk berhenti dan pulang ke rumah. Setiap
entrepreneur yang bekerja di rumah harus selalu mengatur waktu kerjanya
termasuk waktu untuk meregangkan badan dan istirahat makan siang, ditambah
beberapa hari untuk jadwal liburan. Buatlah jadwal setelah anda membuat
komitmen untuk membuka usaha. Berilah waktu untuk anda beristirahat di
sela-sela kesibukan agar stress tidak menumpuk karena pekerjaan dan komplain
dari konsumen.
Artikel terkait: komplain pelanggan, siapa yang lebih sering pria atau wanita?
Artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang ciri ciri entrepreneur? Jika anda punya pertanyaan silahkan tulis dalam kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share, like, dan retweet artikel ini ya. terima kasih!