14 Ciri Ciri Entrepreneur yang Sukses

Terlepas dari apa definisi anda tentang kesuksesan, ada sejumlah besar ciri-ciri umum yang dimiliki oleh seorang entrepreneur sukses. Anda dapat mencentang ciri-ciri apa yang anda punyai di bawah ini. Disini anda bisa menyimpulkan. Jika anda tidak mempunyai semua ciri-ciri ini, jangan khawatir. Kebanyakan sifat ini dapat dipelajari dengan praktek dan mengembangkan sikap pemenang, terutama jika anda menetapkan tujuan dan menerapkannya pada diri anda sendiri melalui perencanaan strategis, untuk menggapai tujuan tersebut.


Apa Saja Ciri Ciri Entrepreneur?

Melakukan apa yang anda senangi
Apa yang anda dapatkan dari bisnis dalam bentuk kepuasan pribadi, keuntungan finansial, stabilitas dan kenikmatan akan anda sertakan dalam bisnis anda. Jadi jika anda tidak menikmati/menyenangi apa yang anda kerjakan, kemungkinan besar akan tercermin dalam sukses tidaknya bisnis anda. Faktanya, jika anda tidak menikmati apa yang anda kerjakan, kemungkinan anda tidak akan sukses.

Melakukan pekerjaan dengan serius
ciri ciri entrepreneur
Anda tidak bisa berharap untuk efektif dan sukses dalam bisnis kecuali anda benar-benar percaya pada bisnis anda dan produk/jasa yang anda jual. Terlalu banyak entrepreneur yang gagal dalam karena tidak serius dalam bisnisnya, terlalu mudah teralihkan, tidak termotivasi, dan tidak mengarahkan mata mereka pada tujuan. Anda tidak mau dewa kesuksesan mengalihkan pandangannya pada anda kan?


Merencanakan segala sesuatu
Merencanakan segala aspek dari bisnis anda adalah suatu keharusan, tapi juga membangun kebiasaan yang setiap entrepreneur harus kembangkan, implementasikan, dan kelola. Perencanaan bisnis sangat penting karena memerlukan anda untuk menganalisa setiap situasi dalam bisnis, riset, pengumpulan data, dan membuat kesimpulan berdasar fakta yang tersusun lewat riset.

Mengelola uang dengan bijaksana
Nyawa dari setiap perusahaan/bisnis adalah cash flow. Anda membutuhkannya untuk membeli persediaan, membayar layanan, mempromosikan dan memasarkan bisnis anda, memperbaiki sesuatu, mengganti alat dan perlengkapan, dan menggaji diri anda agar tetap bisa bekerja. Oleh karena itu seorang entrepreneur harus menjadi manajer uang yang bijaksana untuk memastikan aliran dana terus mengalir dan tagihan terbayar tepat waktu.

Menjadi promotor yang tidak tahu malu (tanpa menjadi menjengkelkan)
Salah satu mitos terbesar dari kesuksesan bisnis maupun individual adalah bagaimana bisnis anda, kemampuan personal, produk, dan jasa anda bisa ditemukan dan diketahui oleh massa hingga mereka membeli apa ynag anda jual. Tapi bagaimana ini bisa terjadi jika tidak ada orang yang tahu siapa anda, apa yang anda jual, dan mengapa mereka harus membelinya?

Promosi diri adalah salah satu alat marketing yang paling menguntungkan, tapi kurang dimanfaaatkan oleh sebagian besar entrepreneur dalam diri mereka.

Mengingat bahwa semuanya adalah tentang pelanggan
Bisnis anda bukan tentang prosuk atau jasa yang anda jual. Bisnis anda bukan tentang harga yang anda kenakan pada barang dan jasa anda. Bisnis anda bukan tentang kompetisi dan cara untuk mengalahkannya. Bisnis anda segalanya tentang pelanggan, atau klien, titik. Pada akhirnya, pelanggan andalah yang akan sangat menentukan apakah bisnis anda akan booming atau hancur. 


Semua yang anda lakukan dalam bisnis harus terfokus untuk pelanggan, termasuk kebijakan, jaminan, opsi pembayaran, jam operasi, presentasi, iklan, dan website. Sebagai tambahan, anda harus tahu luar dalam siapa pelanggan anda.

Akrab dan melek teknologi
Anda harus menghindari terlalu terperangkap dalam dunia teknologi, tapi anda juga harus tahu bagaimana mengambil manfaat dari cara menggunakannya. Salah satu aspek yang menakjubkan dari internet adalah bisnis satu atau dua orang yang dioperasikan dari rumah bisa mempunyai website senilai perusahaan 600 milyar rupiah, yap, hanya dari rumah saja. Pastikan anda selalu update dunia teknologi yang sesuai dengan kebutuhan anda. Teknologi yang dapat membantu anda, bukan untuk pamer-pameran ke tentangga anda, lho.

Bisa membangun tim yang solid
Tidakn ada orang yang bisa membangun bisnis sukses sendirian. Ini adalah pekerjaan yang butuh tim yang sama komitemennya dengan diri anda untuk menjalankan bisnis dan menggapai kesuksesan. Tim bisnis anda bisa terdiri dari anggota keluarga anda, teman, pemasok, asosiasi bisnis, karyawan, aliansi bisnis, pemerintah lokal atau komunitas. Tentu saja anggota tim yang paling penting adalah pelanggan atau klien anda. Tim yang solid akan berdampak pada fungsi bisnis anda, dan kelangsungan bisnis anda di masa depan.

Dikenal sebagai ahli
Jika anda punya masalah yang ingin anda pecahkan, apakah anda hanya bertanya pendapat pada orang-orang atau anda mencari seorang ahli dalam bidangnya untuk membantu memecahkan masalah anda? Tentu saja anda ingin seseorang yang mempunyai informasi dan membantu anda kan?. Anda secara alamiah mencari ahli untuk memecahkan masalah anda. Anda memanggil tukang pipa untuk masalah kebocoran tangki air anda, agen properti untuk ketika sudah waktunya menjual rumah anda atau dokter gigi ketika anda punya masalah dengan gigi anda. Oleh karena itu, masuk akal bila semakin anda dikenal karena keahlian anda dalam bisnis anda semakin banyak pula orang yang mencari anda.

Senang berinvestasi pada diri sendiri
Entrepreneur kelas atas membeli dan membaca buku, majalah, laporan, jurnal, newsletter, website tentang bisnis dan marketing, mengetahui bahwa sumber daya ini akan meningkatkan pengetahuan dan keahliannya dalam marketing dan bisnsi. Mereka bergabung dalam perkumpulan atau klub, dan mereka membuat jaringan dengan banyak pebisnis ahli untuk mempelajari rahasia sukses mereka yang sangat membantu dalam meraih tujuan mereka. Entrepreneur kelas atas menghadiri seminar, workshop dan pelatihan bisnis dan marketing, bahkan ketika mereka sudah menguasai subjek tersebut. Mereka melakuakan hal ini karena tahu edukasi adalah proses yang terus berjalan. Selalu ada cara untuk lebih baik, dalam waktu singkat, tanpa perlu banyak usaha. Singkatnya, entrepreneur kelas atas tidak pernah berhenti berinvestasi agar alat marketing yang mereka punya selalu handal, dan efektif dalam gudang senjata mereka.

Mudah dijangkau
Kita hidup pada waktu dimana makan siang fast food kita siap dalam layanan drive-thru, layanan laundry yang bisa diambil pada hari yang sama, uang kita selalu tersedia di mesin ATM. Anda melihat pola yang berkembang disini – anda harus memudahkan akses bisnis anda dengan orang lain.
Anda harus menyadari bahwa beberapa orang akan bekerja keras dengan cara tidak nyaman membelanjakan uang mereka untuk produk/jasa anda. 

Buatlah agar orang-orang bisa menjangkau dan berbisnis dengan anda, dengan kata lain anda harus selalu siap dihubungi dan mengetahui tentang produk/jasa anda. Anda harus meyediakan apa yang pelanggan anda inginkan, dan kapan mereka menginginkannya.

Menguasai seni bernegosiasi
Keahlian untuk bernegosiasi adalah kemampuan yang harus dikuasai oleh setiap entrepreneur. Dalam bisnis, keahlian negosiasi digunakan sehari-hari. Selalu ingat menguasi seni negosiasi berati anda harus menggunakan keahlian anda untuk mengatur situasi win-win solution sehingga kedua belah pihak merasa menang dan mendapat keuntungan, dimana keahlian ini adalah salah satu basis untuk membangun hubungan bisnis jangka panjang dan menguntungkan.

Ikut terlibat
Selalu cari cara untuk ikut terlibat dalam komunitas yang mendukung bisnis anda. Anda dapat melakukan ini dengan banyak cara seperti, ikut menyumbang, terlibat dalam acara komunitas, dan terlibat dalam politik lokal. Faktanya orang-orang suka melakukan bisnis dengan orang yang mereka tahu, sukai, dan hormati.

Tahu waktunya untuk berisitirahat
Godaan untuk terus bekerja adalah masalah untuk setiap entrepreneur. Apalagi, anda tidak punya manajer yang mengingatkan anda untuk berhenti dan pulang ke rumah. Setiap entrepreneur yang bekerja di rumah harus selalu mengatur waktu kerjanya termasuk waktu untuk meregangkan badan dan istirahat makan siang, ditambah beberapa hari untuk jadwal liburan. Buatlah jadwal setelah anda membuat komitmen untuk membuka usaha. Berilah waktu untuk anda beristirahat di sela-sela kesibukan agar stress tidak menumpuk karena pekerjaan dan komplain dari konsumen.


Artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang ciri ciri entrepreneur? Jika anda punya pertanyaan silahkan tulis dalam kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share, like, dan retweet artikel ini ya. terima kasih!