17 Peluang Bisnis Industri Film di Indonesia

Kebanyakan orang tidak terlalu peduli tentang peluang bisnis dalam industri film. Peluang bisnis di industri film bukan hanya menjadi bintang film atau sutradara untuk memperoleh pendapatan dari dunia perfilman. Ada banyak peluang bisnis di industri ini yang akan menarik minat anda juga menguntungkan. Tanpa membuang waktu, di bawah ini beberapa peluang bisnis di perindustrian film.

Sebelum dijelaskan tentang ide dan peluang yang ditemukan pada perindustrian film, ketahuilah bahwa pelatihan dan pengetahuan yang memadai sangat diperlukan untuk sukses dalam perindustrian ini. Film adalah bentuk seni yang harus dikuasai.

Pekerjaan dan Bisnis Industri Film

Produksi Film
Produser film bertugas untuk membuat rancangan untuk produksi film, mengumpulkan kebutuhan aktor dan aktris dan memastikan proyek film tetap dalam perencanaan anggaran di seluruh proses produksi dan pasca-produksi. Produser yang baik tidak hanya memproduksi film bagus, tapi juga menguntungkan investor.

Scriptwriting (Penulisan Naskah)
Peluang lain dalam industri perfilman adalah penulisan naskah. Banyak penulis naskah memulai karirnya sebagai aktor, jurnalis, novelis atau profesi penulis profesional lainnya, sementara ada beberapa yang langsung memulai profesi penulisan naskahnya dari stasiun televisi. Apapun jalan yang anda pilih, menulis adalah peluang bisnis yang paling menakjubkan yang bisa mendapat banyak uang dalam industri perfilman.


Art Directing (Sutradara)
bisnis industri film
Sutradara bekerja bersama-sama dengan produser untuk memastikan detail set, lokasi dan lingkungan yang baik untuk film tercapai. Sebagai sutradara, anda juga punya tugas memastikan aktor dan aktris memainkan peran dengan sempurna. Tanggung jawab dari sutradaralah untuk mengawasi visi artistik dari sebuah film. Sutradara tidak selalu terlibat dalam sisi finansial dari pembuatan film, kecuali jika sutradara merangkap sebagai produser juga.

Pembaca Nasakah
Jalan lain mendapatkan uang dari industri perfilman adalam menjadi pembaca naskah. Pembaca naskah membaca sebuah naskah, memberi ringkasan dan rekomendasi tentang naskah tersebut dan menentukan apakah naskah harus dipertimbangkan ulang ke bagian pembuat naskah.

Manajemen Konstruksi Adegan
Jika anda punya keahlian dan pengetahuan tentang konstruksi, anda dapat membuat perusahaan konstruksi khusus untuk pembuatan film. Seorang manajer konstruksi film adalah yang bertanggungjawab untuk mengawasi pembangunan semua set. Dialah yang bekerja dengan desainer produksi untuk membangun set seperti apa yang diinginkan sutradara dengan kayu, cat, dan paku. Manajer konstruksi membutuhkan kecakapan teknis agar pekerjaan bisa terselesaikan.

Fotografi atau Sinematografi
Pekerjaan dari sinematografer/fotografer adalah mengubah dan menerjemahkan cerit naskah dari penulis dan visi dari sutradara ke dalam bentuk video. Bidang ini harus menguasai cara kerja teknologi kamera.

Menjadi Aktor atau Aktris
Yup, aktor dan aktris adalah entrepreneur yang bekerja sendiri. Seorang aktor memainkan karakter dari sebuah film; dia mengubah kata-kata dari naskah menjadi sebuah aksi. Aktor/aktris adalah penghubung yang menjembatani apa yang ada dalam visi sutradara dan penulis naskah untuk dikomunikasikan kepada penonton. Jika anda punya keahlian untuk berating, mengapa tidak menjadi artis film. Faktanya, aktor dan aktris adalah pemain utama dalam sebuah produksi film.

Menjadi Auditor Film
Auditor film adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk melacak semua biaya produksi, memastikan produksi tidak melebihi anggaran dan tetap menjaganya tetap dalam kisaran anggaran. Seorang auditor bertanggung jawab mencatat setiap pengeluaran selama produksi sebuah film.

Koreografer
Jika anda menguasai keahlian untuk menari, anda bisa menggunakannya dalam industri film sebagai koreografer. Koreografer bertanggung jawab untuk menciptakan gerakan/tarian dalam sebuah film, koreografer juga bisa membuat jeda musikal dengan tema tarian.

Film Animasi
Seorang animator komputer adalah yang bertanggung jawab mengeluarkan emosi dan dialog karakter animasi ke dalam frame per frame. Dengan kata lain, mereka bisa dikatakan sebagai dalang virtual.

Membuat Blog Review Film
Salah satu jalan lain untuk mendapatkan uang dari industri film adalah membuat website atau blog yang berisi review sebuah film. Untuk membumbui blog anda, anda bisa menyertakan tulisan behind-the-scene, film yang akan datang dan interview bintang film terkenal.


Juru Makeup Artis
Menjadi juru makeup artis adalah karir yang menguntungkan dalam industri perfilman. Mereka adalah orang yang bertanggung jawab untuk memberi makeup pada aktor utama dan pemain tambahan dalam film. Profesi ini juga memainkan unsur tampilan pada karakter, dan visi yang ditulis dalam naskah dan visi dari sutradara.

Membuat Website Streaming Film
Apakah anda tahu anda bisa membeli hak penyiaran untuk penayangan film secara online. Ya, anda bisa seperti NetFlix, IrokoTV, dll. Dan mendapatkan uang dari tampilnya iklan dan biaya keanggotaan.

Memulai Bisnis Rental Film
Bisnis ini dulunya menguntungkan, tapi lama kelamaan mati karena adanya tren streaming fim dan penyiaran secara online.

Perancang Kostum
Perancang kostum memainkan peran besar dalam tampilan sebuah film. Dimulai dari pewarnaan sampai style dari pakaian, kain, kualitas kostum dan aksesoris yang digunakan dalam film. Perancang kostum memainkan bagain penting dari setiap film.

Editor Film
Mereka adalah orang-orang yang bertanggung jawab untuk menampikan sisi yang sempurna dalam film. Editor yang baik akan berhati-hati memilih adegan yang menceritakan dengan baik sesuai dengan yang diarahkan oleh sutradara.

Pemasaran untuk Film
Pemasaran sebuah film adalah bisnis yang sangat menguntungkan karena adalah aspek terpenting dari industri perfilman. Karena tanpa pemasar film, film tidak akan sampai ke audiens setelah diproduksi. Bisa dengan cara offline maupun online.



Kesimpulannya, informasi diatas adalah beberapa peluang bisnis industri film di Indonesia. Yang anda butuhkan adalah terus mengeksplorasi dan mengeksploitasinya.