Apa itu Crowdsourcing? Manfaat dan Contoh Crowdsourcing

Crowdsourcing adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan proses mendapatkan pekerjaan atau pendanaan dari sekelompok besar orang dalam ranah online. Konsep dasar dibalik istilah ini adalah menggunakan sekelompok besar orang untuk keahlian, ide, dan partisipasi mereka untuk menghasilkan konten atau membantu memfasilitasi pembuatan konten atau produk.

Dalam arti, Crowdsourcing adalah distribusi dari penyelesaian masalah. Jika perusahaan membutuhkan pendanaan untuk proyek, konten pemasaran untuk campaign yang akan datang atau riset  untuk produk baru, crowdsourcing-lah solusinya. Manusia yang banyak (crowd) ini adalah sumber daya yang handal yang mampu menghasilkan uang, konten dan informasi.


Sejarah Crowdsourcing
Sementara itu Ide dibalik crowdsourcing bukanlah hal yang baru, secara aktif digunakan secara online untuk strategi membangun bisnis sekitar tahun 2006. Ungkapan ini awalnya digunakan oleh Jeff Howe, dimana dia menggambarkan sebuah dunia dimana orang-orang diluar perusahaan berkontribusi terhadap keberhasilan proyek tersebut. Video game telah memanfaatkan crowdsourcing selama bertahun-tahun melalui undangan ketika game memasuki fase beta. Memungkinkan pemain yang diundang memiliki akses ke dalam game lebih awal, studio game meminta pemain-pemain game tersebut melaporkan bugs dan masalah dengan game tersebut sebelum mereka meluncurkan game tersebut ke pasaran.

Perusahaan memanfaatkan kapasitas crowdsourcing tidak hanya sebagai riset dan pengembangan, tapi juga meminta bantuan dari siapapun untuk banyak hal, apakah itu pemasaran dari mulut ke mulut, membuat konten, atau memberikan feedback.


Manfaat Crowdsourcing

apa itu crowdsourcing
Crowdsourcing adalah alat marketing bisnis yang handal dimana memungkinkan sebuah organisasi/perusahaan untuk meningkatkan kreatifitas dan sumber daya dari audiensnya dalam mempromosikan dan menumbuhkan perusahaan secara gratis. Dari merancang pemasaran sampai riset produk baru untuk memecahkan hambatan bisnis yang sulit, crowdsourcing dapat memberi panduan dan jawaban penting.

Crowdsourcing meningkatkan produktivitas perusahaan dan meminimalkan biaya tenaga kerja. Manfaat dari internet adalah strategi untuk mendapatkan feedback dari basis konsumen yang aktif dan peduli terhadap perusahaan anda. Konsumen pasti ingin terlibat dalam perusahaan dimana mereka membeli sesuatu, entah kritik atau saran, dimana membuat crowdsourcing adalah alat marketing bisnis yang handal.

Kelemahan Crowdsourcing
Pada saat yang sama, konsumen bukanlah pegawai, yang berarti perusahaan/organisasi tidak bisa mengontrol mereka. Memanfaatkan interaksi dan sumber daya dari audiens anda dapat membawa perusahaan ke sebuah risiko buruk jika tidak ditangani dengan benar. Sekumpulan orang banyak (crowd) ini mungkin tidak meminta uang atau produk gratis, tapi mereka akan menuntut kepuasan dalam satu bentuk atau bentuk yang lain, entah itu pengakuan, kebebasan, atau transparansi.

Contoh Crowdsourcing
Banyak jenis crowdsourcing yang bisa anda temukan, membantu pekerjaan atau dana sebuah perusahaan dari sekumpulan banyak orang (crowd) dengan sedikit-atau-tanpa biaya. Kickstarter adalah salah satu contoh dari crowdfunding, sebuah jenis crowdsourcing dimana satu orang menjaminkan uangnya untuk satu proyek dalam masa pre-produksi. Crowd inilah yang akan yang membiayai proyek tersebut agar menjadi kenyataan. Meskipun hal ini tidak selalu menjamin proyek berhasil, proyek-proyek di Kickstarter memanfaatkan kepercayaan investor/pemberi dana dengan menyediakan transparansi dalam beberapa periode.

Artikel terkait: pengertian crowdfunding?

Wikipedia adalah media crowdsourcing medium yang lain. Bisa diedit secara umum oleh masyarakat luas, pendiri di belakang ensiklopedia online ini memutuskan daripada mengembangkan seluruh konten website sendiri, mereka bisa memanfaatkan sumber daya, passion, dan waktu dari audeins mereka untuk menciptakan konten. Hasilnya, Wikipedia menjadi salah satu ensiklopedia komperehensif secara global.

Crowdsourcing menciptakan sebuah jalan dimana konsumen dapat menjadi lebih aktif terlibat dalam pekerjaan perusahaan. Menggunakan internet sebagai komunikasi yang menjembatani antara konsumen dan bisnis, crowdsourcing menjadi salah satu sumber daya yang efektif untuk digunakan.