Crowdsourcing adalah
istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan proses mendapatkan pekerjaan atau
pendanaan dari sekelompok besar orang dalam ranah online. Konsep dasar dibalik
istilah ini adalah menggunakan sekelompok besar orang untuk keahlian, ide, dan
partisipasi mereka untuk menghasilkan konten atau membantu memfasilitasi
pembuatan konten atau produk.
Dalam arti,
Crowdsourcing adalah distribusi dari penyelesaian masalah. Jika perusahaan
membutuhkan pendanaan untuk proyek, konten pemasaran untuk campaign yang akan
datang atau riset untuk produk baru, crowdsourcing-lah solusinya. Manusia yang banyak (crowd) ini adalah sumber daya
yang handal yang mampu menghasilkan uang, konten dan informasi.
Artikel terkait: 5 strategi bisnis perusahaan kecil untuk sukses
Sejarah Crowdsourcing
Sementara itu Ide
dibalik crowdsourcing bukanlah hal yang baru, secara aktif digunakan secara
online untuk strategi membangun bisnis sekitar tahun 2006. Ungkapan ini awalnya
digunakan oleh Jeff Howe, dimana dia menggambarkan sebuah dunia dimana orang-orang diluar perusahaan berkontribusi terhadap keberhasilan proyek
tersebut. Video game telah memanfaatkan crowdsourcing selama bertahun-tahun
melalui undangan ketika game memasuki fase beta. Memungkinkan pemain yang
diundang memiliki akses ke dalam game lebih awal, studio game meminta
pemain-pemain game tersebut melaporkan bugs dan masalah dengan game tersebut
sebelum mereka meluncurkan game tersebut ke pasaran.
Perusahaan memanfaatkan
kapasitas crowdsourcing tidak hanya sebagai riset dan pengembangan, tapi juga
meminta bantuan dari siapapun untuk banyak hal, apakah itu pemasaran dari mulut
ke mulut, membuat konten, atau memberikan feedback.
Baca juga: cara memulai bisnis video game center
Manfaat Crowdsourcing
Crowdsourcing adalah
alat marketing bisnis yang handal dimana memungkinkan sebuah organisasi/perusahaan untuk meningkatkan kreatifitas dan sumber daya dari
audiensnya dalam mempromosikan dan menumbuhkan perusahaan secara gratis. Dari
merancang pemasaran sampai riset produk baru untuk memecahkan hambatan bisnis
yang sulit, crowdsourcing dapat memberi panduan dan jawaban penting.
Crowdsourcing
meningkatkan produktivitas perusahaan dan meminimalkan biaya tenaga kerja. Manfaat
dari internet adalah strategi untuk mendapatkan feedback dari basis konsumen
yang aktif dan peduli terhadap perusahaan anda. Konsumen pasti ingin terlibat
dalam perusahaan dimana mereka membeli sesuatu, entah kritik atau saran, dimana
membuat crowdsourcing adalah alat marketing bisnis yang handal.
Kelemahan
Crowdsourcing
Pada saat yang sama,
konsumen bukanlah pegawai, yang berarti perusahaan/organisasi tidak bisa
mengontrol mereka. Memanfaatkan interaksi dan sumber daya dari audiens anda
dapat membawa perusahaan ke sebuah risiko buruk jika tidak ditangani dengan
benar. Sekumpulan orang banyak (crowd) ini mungkin tidak meminta uang atau produk
gratis, tapi mereka akan menuntut kepuasan dalam satu bentuk atau bentuk yang
lain, entah itu pengakuan, kebebasan, atau transparansi.
Contoh Crowdsourcing
Banyak jenis
crowdsourcing yang bisa anda temukan, membantu pekerjaan atau dana sebuah
perusahaan dari sekumpulan banyak orang (crowd) dengan sedikit-atau-tanpa biaya.
Kickstarter adalah salah satu contoh dari crowdfunding, sebuah jenis
crowdsourcing dimana satu orang menjaminkan uangnya untuk satu proyek dalam
masa pre-produksi. Crowd inilah yang akan yang membiayai proyek tersebut agar
menjadi kenyataan. Meskipun hal ini tidak selalu menjamin proyek berhasil,
proyek-proyek di Kickstarter memanfaatkan kepercayaan investor/pemberi dana dengan
menyediakan transparansi dalam beberapa periode.
Artikel terkait: pengertian crowdfunding?
Wikipedia adalah media
crowdsourcing medium yang lain. Bisa diedit secara umum oleh masyarakat luas,
pendiri di belakang ensiklopedia online ini memutuskan daripada mengembangkan
seluruh konten website sendiri, mereka bisa memanfaatkan sumber daya, passion,
dan waktu dari audeins mereka untuk menciptakan konten. Hasilnya, Wikipedia
menjadi salah satu ensiklopedia komperehensif secara global.
Crowdsourcing
menciptakan sebuah jalan dimana konsumen dapat menjadi lebih aktif terlibat
dalam pekerjaan perusahaan. Menggunakan internet sebagai komunikasi yang
menjembatani antara konsumen dan bisnis, crowdsourcing menjadi salah satu
sumber daya yang efektif untuk digunakan.