Jangan pernah remehkan
pentingnya sebuah pelayanan pelanggan yang baik – Hal tersebut bisa menjadi pembeda
antara sukses dan gagalnya bisnis anda.
Lebih dari 2/3
pelanggan mengatakan mereka bersedia untuk mengeluarkan uang rata-rata 14
persen lebih kepada perusahaan yang memberikan pelayanan pelanggan yang baik,
menurut survei baru dari Amercican Express.
Dan tidak hanya
membuat penjualan lebih banyak. Memberikan pelayanan pelanggan yang baik bisa
memberikan bisnis anda publikasi gratis, juga. 46 persen responden mengatakan
mereka selalu memberi tahu orang lain ketika mereka mendapatkan interaksi yang
baik dan memuaskan, dan 42 persen yang lain mengatakan bahwa rekomendasi dari
teman atau anggota keluarganya akan mempengaruhi mereka untuk berlangganan di
tempat tersebut.
Artikel terkait: 5 cara meningkatkan loyalitas pelanggan
Mengapa pelayanan pelanggan yang baik?
“Pelayanan yang baik
adalah bisnis yang baik karena menciptakan pelanggan yang loyal, dan sangat
terlibat,” kata Kelly Fisher, wakil presiden senior di American Express. “Pelanggan
yang terlibat tersebut akan mengeluarkan uang lebih banyak dan berbagi pengalaman menariknya dengan orang lain, yang seringkali mempengaruhi keputusan pembelian
mereka.”
Tetapi jika pelanggan
sangat cepat untuk membicarakan pengalaman pelayanan pelanggan yang baik, apa
yang terjadi ketika mereka mengalami pelayanan pelanggan yang buruk? Bahkan
lebih dari 60 persen pelanggan cenderung untuk berbagi pengalaman buruk mereka
kepada orang lain, dan mereka memberi tahu orang lain tiga kali lebih banyak.
Dan satu pengalaman
buruk bisa mengubah pelanggan anda selamanya. 36 persen dari pelanggan
mengatakan mereka akan beralih ke perusahaan lain setelah satu pelayanan
pelanggan yang buruk, dan 58 persen akan bersedia bertahan setelah 2 atau 3
kali perlakuan buruk.
Pelanggan tidak hanya
menyebarkan berita tentang bisnis anda dari muka ke muka (terlepas itu penyebaran
berita baik atau buruk). 50 persen dari responden menggunakan website perusahaan
untuk berbagi pengalamannya, 49 persen melakukan juga melalui pesan teks, 47
persen melalui sosial media, dan 46 persen menggunakan website review konsumen.
Baca juga: strategi marketing restoran secara online
“Orang-orang akan
selalu membicarakan tentang servis anda, dengan satu cara dan banyak cara lainnya,
jadi kata-kata seperti apa yang anda inginka keluar dari mulut mereka?” kata
Fisher. “Dalam lingkungan dimana rekomendasi dari teman sangat penting untuk
mendorong keputusan pembelian pelanggan, menciptakan penagalaman pelayanan pelanggan
yang baik menjadi sangat penting.”
Studi ini datang dari
American Express – Barometer Pelayanag Pelanggan Global tahunan. Studi ini
mensurvei sampel acak dari 1000 pelanggan Amerika Serikat usia 18 keatas. Studi
ini dilakukan dengan spesialis pemasaran dari Ebiquity.