Setiap pengusaha
memiliki alasan dalam memulai bisnisnya. Kebanyakan dari mereka mengatakan
untuk mengikuti passionua, atau memecahkan masalah yang mereka temui dalam
kehidupan mereka. Tapi terkadang hati pendiri startup/bisnis bisa berkata lain.
“Anda selalu bisa mengatakan
apa yang mendorong anda untuk memulai bisnis dengan kisah yang anda ceritakan,”
kata Mark Sephton, pembicara dan mentor entrepreneur. “Apakah bisnis terlihat memberikan
nilai, menambah nilai, mendorong, menginspirasi, menginformasikan, dan
mengedukasi? Atau murni untuk mempromosikan dan menjual produk/jasa? Bisnis yang sukses dan berkelanjutan harus dibangun untuk memberi manfaat bagi
orang-orang.
Motivasi sangat berpengaruh
ketika mau membuka bisnis, dan jika anda melakukannya dengan alasan yang salah/buruk,
anda tidak akan sukses pada akhirnya. Anda harus mempertimbangkan kembali
kewirausahaan andajika insentif utama anda adalah sebagai berikut:
Alasan buruk memulai bisnis
Anda ingin mendapatkan
banyak uang
“Jangan memulai bisnis
semata-mata untuk menjadi kaya. Ketika anda memulai bisnis, anda akan
menghadapijam kerja yang panjang dengan bayaran yang sedikit sebelum mulai
sedikit demi sedikit menanjak.” – Sharon Bui dan Kate Steadman, pendiri FrillClothing
Sedang tren/Ikut-ikutan
“Jangan memulai bisnis
hanya karena mengikuti tren. Bisnis anda mungkin tidak akan bertahan lama.” –
Sarah Divine-Garba, pendiri Maison D’Afie.
Anda ingin memiliki
status sosial
“Jangan memulai bisnis
untuk status sosial. Entrepreneurshio kadang-kadang terlihat seperti anggota
klub elite yang disejajarkan seperti CEO. Tapi poin penting untuk memulai
bisnis adalah memecahkan masalah, bukan memasukkan status anda sebagai CEO atau
pendiri dalam kartu nama bisnis anda.” – Jessica Ekstrom, pendiri Headbands of Hope.
Anda ahli dalam suatu
bidang
“Hal ini sangat membantu
ketika anda ahli dalam suatu bidang, tapi yang paling terpenting anda harus
punya visi untuk bisnis anda dan kemana arah bisnis anda menuju. Perusahaan
mungkin akan terancam terombang-ambing, bahkan jika anda menciptakan produk
yang bagus sekalipun.” – Gabriell Cimon, pendiri Plumeria Swimwear.
Anda ingin membuktikan
bahwa seseorang salah
“Ejekan, dan
penghinaan adalah motivator yang menakjubkan, tapi jika kita ingin membangun
sesuatu (secara berkelanjutan), hal itu harus datang dari passion dan keahlian
(keinginan) untuk melayani orang-orang, pelanggan dan klien. Membangun bisnis
hanya untuk membuktikan bahwa orang lain keliru atau balas dengan adalah fokus
yang tidak tepat untuk sebuah bisnis.” – Mark Sephton public speaker dan mentor
pribadi untuk entrepreneur.
Artikel terkait: 14 ciri-ciri entrepreneur yang sukses
Anda hanya ingin
melayani pasar yang kecil
“Alasan utama mengapa
anda memulai bisnis adalah karena anda melihat peluang dalam pasar untuk memenuhi
kebutuhan dan permintaan. Sebuah bisnis harus terukur dan bisa dikembangkan.
Anda tidak harus memulai bisnis jika anda tidak mempunyai rencana untuk
mengembangkan bisnis anda.” – Brian Street, CEO dari Energems.
Anda hanya ingin
melakukan satu hal tertentu
“Adalah alasan yang
buruk untuk memulai bisnis sendiri jika anda membatasi diri dengan tugas/pekerjaan
tertentu. Bahkan jika rencana anda untuk membuat produk, anda juga harus memastikan
akuntansi, pemasaran dan pajak tertangani.” – Diane Carleton, pendiri FIGIJeans