7 Alasan Buruk untuk Memulai Bisnis

Setiap pengusaha memiliki alasan dalam memulai bisnisnya. Kebanyakan dari mereka mengatakan untuk mengikuti passionua, atau memecahkan masalah yang mereka temui dalam kehidupan mereka. Tapi terkadang hati pendiri startup/bisnis bisa berkata lain.

“Anda selalu bisa mengatakan apa yang mendorong anda untuk memulai bisnis dengan kisah yang anda ceritakan,” kata Mark Sephton, pembicara dan mentor entrepreneur. “Apakah bisnis terlihat memberikan nilai, menambah nilai, mendorong, menginspirasi, menginformasikan, dan mengedukasi? Atau murni untuk mempromosikan dan menjual produk/jasa? Bisnis yang sukses dan berkelanjutan harus dibangun untuk memberi manfaat bagi orang-orang.

Motivasi sangat berpengaruh ketika mau membuka bisnis, dan jika anda melakukannya dengan alasan yang salah/buruk, anda tidak akan sukses pada akhirnya. Anda harus mempertimbangkan kembali kewirausahaan andajika insentif utama anda adalah sebagai berikut:

Alasan buruk memulai bisnis

Anda ingin mendapatkan banyak uang
“Jangan memulai bisnis semata-mata untuk menjadi kaya. Ketika anda memulai bisnis, anda akan menghadapijam kerja yang panjang dengan bayaran yang sedikit sebelum mulai sedikit demi sedikit menanjak.” – Sharon Bui dan Kate Steadman, pendiri FrillClothing

Sedang tren/Ikut-ikutan
“Jangan memulai bisnis hanya karena mengikuti tren. Bisnis anda mungkin tidak akan bertahan lama.” – Sarah Divine-Garba, pendiri Maison D’Afie.


Anda ingin memiliki status sosial
“Jangan memulai bisnis untuk status sosial. Entrepreneurshio kadang-kadang terlihat seperti anggota klub elite yang disejajarkan seperti CEO. Tapi poin penting untuk memulai bisnis adalah memecahkan masalah, bukan memasukkan status anda sebagai CEO atau pendiri dalam kartu nama bisnis anda.” – Jessica Ekstrom, pendiri Headbands of Hope.

alasan buruk memulai bisnis

Anda ahli dalam suatu bidang
“Hal ini sangat membantu ketika anda ahli dalam suatu bidang, tapi yang paling terpenting anda harus punya visi untuk bisnis anda dan kemana arah bisnis anda menuju. Perusahaan mungkin akan terancam terombang-ambing, bahkan jika anda menciptakan produk yang bagus sekalipun.” – Gabriell Cimon, pendiri Plumeria Swimwear.

Anda ingin membuktikan bahwa seseorang salah
“Ejekan, dan penghinaan adalah motivator yang menakjubkan, tapi jika kita ingin membangun sesuatu (secara berkelanjutan), hal itu harus datang dari passion dan keahlian (keinginan) untuk melayani orang-orang, pelanggan dan klien. Membangun bisnis hanya untuk membuktikan bahwa orang lain keliru atau balas dengan adalah fokus yang tidak tepat untuk sebuah bisnis.” – Mark Sephton public speaker dan mentor pribadi untuk entrepreneur.


Anda hanya ingin melayani pasar yang kecil
“Alasan utama mengapa anda memulai bisnis adalah karena anda melihat peluang dalam pasar untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan. Sebuah bisnis harus terukur dan bisa dikembangkan. Anda tidak harus memulai bisnis jika anda tidak mempunyai rencana untuk mengembangkan bisnis anda.” – Brian Street, CEO dari Energems.

Anda hanya ingin melakukan satu hal tertentu

“Adalah alasan yang buruk untuk memulai bisnis sendiri jika anda membatasi diri dengan tugas/pekerjaan tertentu. Bahkan jika rencana anda untuk membuat produk, anda juga harus memastikan akuntansi, pemasaran dan pajak tertangani.” – Diane Carleton, pendiri FIGIJeans