15 Situs Belajar Bisnis Online Gratis untuk Entrepreneur

Menjadi entrepreneur sukses berarti anda harus menguasai banyak bidang, khususnya ketika perusahan anda baru mulai dan anda belum punya cukup karyawan untuk meng-cover bidang yang anda butuhkan.

Belajar keterampilan baru yang diperlukan untuk memulai bisnis baru bisa sangat mahal, tapi untungnya sumber daya edukasional online yang berkualitas tinggi, dan berinisiatif membantu entrepreneur pemula terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Dibawah ini adalah beberapa situs yang tersedia untuk anda belajar marketing, bisnis, entrepreneurship, manajemen bisnis, dan masih banyak lagi.


Situs Belajar Bisnis Online Gratis

CodeAcademy
situs belajar bisnis online gratis
Situs pembelajaran yang besar ini menawarkan sesi pemrograman interaktif gratis untuk membantu anda belajar bahasa seperti HTML, CSS, Javascript, dan pemrograman PHP. Anda dapat menyimpan progress anda dalam senuah akun gratis. Belajar koding dapat membantu anda sebagai entreprenerur menangani masalah pada website anda atau membantu pengusaha lain. Bisa juga mengambil jalur untuk membuat produk (apps, website, software) anda sendiri.

Hubspot Academy
Program sertifikasi gratis ini menawarkan kursus dalam inbound marketing, termasuk optimasi website, landing pages, dan proses dalam pembuatan konten edukasional sehingga membantu membangun brand anda (lead nurturing). Memiliki keterampilan-keterampilan ini adalah suatu keharusan bagi para pemilik bisnis untuk menumbuhkan bisnisnya dan eksistensinya dalam dunia online.

Moz
Jika  anda ingin belajar Search Engine Optimization (SEO) untuk membantu website anda tampil sebaik mungkin dalam pencarian. Kunjungi harta karun yang berisi pengetahuan tentang SEO, Moz. Selain mempunyai akademi gratis, Moz juga menawarkan webinars (langsung dan rekaman), panduan pemula untuk SEO, sosial media, dan link building.


LearnVest
Kebanyakan entrepreneur sukses tahu bagaimana cara mengatur uangnya dalam bisnis dan juga pribadi. Selain memiliki kelas yang sangat terjangkau, LearnVest juga menawarkna beberapa kelas gratis seperti “Building Better Money Habits” dan “How to Budget.”

Niche Consultant Course
Internet telah menciptakan pembinaaan yang sangat membantu bagi pengusaha yang ingin belajar bagaimana untuk memulai bisnis di niche tertenti. Beberapa pelatih dan organisasi hebat yang secara rutin memberikan kursus dan ebook gratis untuk membangun bisnis termasuk Natalie Macneil dan MyOwnBusiness. Coba cari “kata kunci niche anda” + “business course” dan temukan yang paling cocok untuk anda.

edX
Situs gratis ini saat ini memiliki lebih dari 300 program di berbagai topik, termasuk “Financial Analysis and Decision Making” dan “Entrepreneurship 101: Who is your customer?” Program kursus ini tidak hanya mencakup bisnis secara umum, tapi juga membantu anda belajar keahlian yag dibutuhkan dalam industri anda.

Khan Academy
Sumber pembelajaran gratis ini diciptakan untuk memberikan akses pendidikan seperti matematika, sains, seni, teknologi dll. untuk setiap orang. Ada lebih dari 100.000 latihan interaktif untuk menggunakan edukasi dalam penggunaan praktis sehari-hari. Meskipun banyak kursusnya untuk anak SMA, tapi ada beberapa kursus yang khusus membahas pajak dan akutansi.

MIT Open Courseware
Program yang diajarkan disini sebenarnya diajarkan juga di MIT dan ditawarkan secara gratis dalam situs utnuk dilihat dan dibaca. Sekolah ini mengumpulkan halaman kewirausahaan yang berisi daftar program studi yang bermanfaat untuk pemilik bisnis baru.

Kutstown University of Pennsylvania
Universitas ini memiliki 100 program gratis yang bisa diterapkan oleh entrepreneur, termasuk perencanaan bisnis, operation and management, dan pajak bisnis kecil.

Coursera
Sama seperti MIT Open Courseware. Situs ini memiliki 114 mitra edukasional yang menyediakan kursus gratis untuk hampir 10 juta pengguna. Satu manfaat dari Coursera adalah spesifiknya kursus yang cocok dalam niche tertentu, seperti “Data Management for Clinical Research” dari universitas Vanderbilt dan “Innovation for Entrepreneur: From Idea to Marketplace” dari Universitas Maryland. Ini adalah jaringan yang luas yang memungkinkan banyak sekali pilihan.

OpenCulture
Situs ini bukan platform edukasi, melainkan situs yang mengumpulkan da berbagi sumber daya gratis dari seluruh web. Terdaftar lebih dari 150 kursus bisnis online gratis termasuk kelas dari iTunes, video dan audio. Situs ini juga memiliki audiobook gratis, kursus bersertifikat dan kursus online lainnya.

Youtube
Sangat mengejutkan bagi sebagian besar pengguna bahwa Youtube merupakan salah satu mesin pencari terbesar di dunia, karena memiliki video hampir tentang semua yang bisa anda bayangkan.

Alison
Platform ini menawarkan kursus online gratis dari beberapa nama yang terkenal di internet saat ini termasuk Google, Microsoft, dan Macmillan. Dengan lebih dari 4 juta pegguna dan lebih dari 600 program, mencakup topik-topk seperti pendidikan, ekonomi, pengembangan diri, dan keterampilan bisnis/perusahaan.

Saylor
The Saylor Foundation menawarkan program bebas biaya kuliah dan juga bekerja sama dengan perguruan tinggi terakreditasi untuk menawarkan kredensial yang terjangkau. Program kursusnya mirip dengan apa yang anda lalui untuk menuju gelar sarjana.

Podcast
Meskipun bukan program kursus resmin, podcast adalah caray yang mudah dicerna dan menakjubkan untuk menjadi entrepreneur yang lebih baik. Podcast dapat didengarkan via straming dari komputer anda atau via iTunes untuk iOS dan aplikasi seperti Podcast Republik untuk Android. Podcast seperti Entrepreneur of Fire sudah mengumpulkan ribuan pendengar setiap episode dan cara terbaik untuk belajar informasi dan strategi ter-update. Podcast untuk entrepreneur yang lain termasuk Think Entrepreneurship.

Apakah anda punya situs favorit untuk belajar bisnis online gratis disini? Beritahu kamu pada bagian komentar di bawah.