Anda mungkin pernah
melihat ketika mencari suatu bisnis dan biasanya hasil pencariannya termasuk jejaring
sosial dalam pencarian teratas – terutama Facebook. SEO Page Facebook bukan hal
yang baru, Google telah meng-index jejaring sosial tersebut dalam beberapa
tahun terakhir.
Karena social presence bisnis anda sangat
berdampak pada ranking pencarian di mesin pencarian, sangat penting untuk
mengoptimasi page Facebook bisnis anda dengan taktik SEO yang baik.
Dibawah ini beberapa
cara pengoptimasian page facebook untuk bisnis anda:
Taktik optimasi page facebook untuk bisnis
Pastikan nama brand
bisnis anda sama dengan URL page facebook
Ketika anda membangun
website untuk bisnis anda, apakah nama domainnya sama dengan nama bisnis anda? Nah,
pertanyaan yang sama juga berlaku untuk page Facebook anda. Karena, tidak masuk
akal untuk mempromosikan brand anda di sosial media dan menyulitkan audiens
anda untuk menemukan anda.
Dengan memastikan nama
brand anda dan URL page Facebook anda sama, anda tidak hanya menambah peluang
untuk dicari/ditemukan dalam search
engine dan Facebook, anda juga menginformasikan pencari tentang semua
informasi brand anda. Sebagai contoh, jika seseorang melewati Steak Pak Mantap,
maka bisa diasumsikan itu adalah nama restoran.
Anda juga harus
memastikan kategori yang sesuai dengan page anda. Jadi, untuk Steak Pak Mantap,
anda harus memilih kategori “lokal” dan jangan lupa untuk menyertakan
subkategori seperti restoran, grill, dll. Hal ini memungkinkan anda untuk
muncul sebagai pencarian yang relevan.
Memiliki profil yang
lengkap
Ini sudah jelas, tapi
banyak pemilik bisnis yang sering lupa. Pengunjung page anda ingin tahu secara
detail dimana bisnis anda, beralamat dimana, jam berapa waktu operasinya, apa
saja menu makanan didalamnya, atau sedang ada promo apa. Dengan kata lain, hal
ini membantu untuk menampilkan kualitas dari brand anda dan memudahkan
pelanggan potensial untuk menemukan anda di luar Facebook.
Artikel terkait: 12 strategi marketing restoran secara online
Sedangkan, untuk
bagian “About” di page Facebook anda memainkan kunci penting dalam kueri
pencarian. Greg Marlin dari marketing.ai menemukan bahwa sebagian besar pencari
tertarik dengan apa yang tercantum dalam bagian About dalam page Facebook anda.
Data ini sekitar 60%-80% dari banyak kasus. Sedangkan faktor yang lain berasal
dari “Company Overview” dan “Location Fields”.
Konten, konten, dan
konten!
Konten adalah hal
terpenting ketika berhubungan dengan upaya marketing. Namun, ketika berhubungan
dengan sosial media, konten sangat diperlukan. Searchmetrics menemukan 7 dari
10 faktor penting dari ranking SEO datang dari sosial media. Singkatnya, jika
anda ingin mendapat ranking tinggi di hasil pencarian, maka anda membutuhkan
banyak Like, Share, Tweet, dan semacamnya.
Bagaimana anda
mendapat banyak like, share, tweet dan + tersebut?
Dengan secara rutin
memposting dan berbagi konten berkualitas dalam page Facebook anda, anda
terlibat dengan fans anda, dimana membuat page anda lebih dan mudah terlihat. Entah
itu gambar lucu atau video informatif, konten yag berhubungan dengan brand anda
dan memberikan mafaat kepada target audeins anda akan membantu page anda banyak
diperhatikan.
Artikle terkait: prinsip konten marketing yang semua bisnis harus tau
Tingkatkan
Keterlibatan
Sementara membuat
konten berkualitas adalah cara terbaik untuk membuat audiens membicarakan anda,
yang anda butuhkan adalah tingkat keterlibatan dengan audiens amda, ada banyak
cara untuk terlibat langsung dengan mereka.
Sebagai contoh, anda
dapat berbagi artikel berita terupdate, daftar top 10, menanyakan sebuah
pertanyaan, atau lebih sering menggunakan emotikon ketika membalas komentar.
Disarankan juga untuk mencoba formula seperti penyelesaian masalah, kuis isilah
titik-titik di bawah ini, atau memunculkan momen-momen nostalgia dari audiens
anda.
Ingatlah, anda ingin
berkomunikasi dengan audiens anda di Facebook dan tidak hanya posting tentang
konten anda setiap waktu. Cara terbaik adalah terlibat dan berinteraksi dengan
mereka. Semakin banyak ini dilakukan, semakin baik peluang anda untuk menaikkan
ranking search engine.
Pertimbangkan untuk
menggunakan Facebook apps
Seorang strategis
sosial media menunjukkan, anda dapat menggunakan apps (aplikasi Facebook) untuk
menjamin audiens anda mendapat anda informasi menghubungkan dengan customer
support, mebuat perjanjian, mempromosikan acara, meberi reward kepada mereka,
dan mendapat feedback. Dan jugam apss juga meningkatkan hasil pencarian anda
karena terlibat langsung dengan audiens.
Baca juga: kunci strategi sosial media untuk bisnis
Kesimpulan
Sosial media bukan
hanya menjadi sebuah pilihan untuk bisnis agar sukses. Facebook dapat menjadi
alat untuk terhubung dengan pelanggan, memberi pelayanan pelangganm dan
membantu ranking pencarian di search engine. Tapi, jika pelanggan anda tidak
bisa menemukan anda secara online anda menghabiskan banyak waktu anda. Luangkan
waktu anda untuk memastikan profil page Facebook anda teroptimasi agar potensi
bisnis anda terlihat oleh banyak pelanggan potensial anda.