Lima Optimasi Page Facebook untuk Bisnis

Anda mungkin pernah melihat ketika mencari suatu bisnis dan biasanya hasil pencariannya termasuk jejaring sosial dalam pencarian teratas – terutama Facebook. SEO Page Facebook bukan hal yang baru, Google telah meng-index jejaring sosial tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Karena social presence bisnis anda sangat berdampak pada ranking pencarian di mesin pencarian, sangat penting untuk mengoptimasi page Facebook bisnis anda dengan taktik SEO yang baik.
Dibawah ini beberapa cara pengoptimasian page facebook untuk bisnis anda:

Taktik optimasi page facebook untuk bisnis

Pastikan nama brand bisnis anda sama dengan URL page facebook
Ketika anda membangun website untuk bisnis anda, apakah nama domainnya sama dengan nama bisnis anda? Nah, pertanyaan yang sama juga berlaku untuk page Facebook anda. Karena, tidak masuk akal untuk mempromosikan brand anda di sosial media dan menyulitkan audiens anda untuk menemukan anda.

Dengan memastikan nama brand anda dan URL page Facebook anda sama, anda tidak hanya menambah peluang untuk dicari/ditemukan dalam search engine dan Facebook, anda juga menginformasikan pencari tentang semua informasi brand anda. Sebagai contoh, jika seseorang melewati Steak Pak Mantap, maka bisa diasumsikan itu adalah nama restoran.

Anda juga harus memastikan kategori yang sesuai dengan page anda. Jadi, untuk Steak Pak Mantap, anda harus memilih kategori “lokal” dan jangan lupa untuk menyertakan subkategori seperti restoran, grill, dll. Hal ini memungkinkan anda untuk muncul sebagai pencarian yang relevan.

Memiliki profil yang lengkap
Ini sudah jelas, tapi banyak pemilik bisnis yang sering lupa. Pengunjung page anda ingin tahu secara detail dimana bisnis anda, beralamat dimana, jam berapa waktu operasinya, apa saja menu makanan didalamnya, atau sedang ada promo apa. Dengan kata lain, hal ini membantu untuk menampilkan kualitas dari brand anda dan memudahkan pelanggan potensial untuk menemukan anda di luar Facebook.


Sedangkan, untuk bagian “About” di page Facebook anda memainkan kunci penting dalam kueri pencarian. Greg Marlin dari marketing.ai menemukan bahwa sebagian besar pencari tertarik dengan apa yang tercantum dalam bagian About dalam page Facebook anda. Data ini sekitar 60%-80% dari banyak kasus. Sedangkan faktor yang lain berasal dari “Company Overview” dan “Location Fields”.

Konten, konten, dan konten!
Konten adalah hal terpenting ketika berhubungan dengan upaya marketing. Namun, ketika berhubungan dengan sosial media, konten sangat diperlukan. Searchmetrics menemukan 7 dari 10 faktor penting dari ranking SEO datang dari sosial media. Singkatnya, jika anda ingin mendapat ranking tinggi di hasil pencarian, maka anda membutuhkan banyak Like, Share, Tweet, dan semacamnya.

Bagaimana anda mendapat banyak like, share, tweet dan + tersebut?
Dengan secara rutin memposting dan berbagi konten berkualitas dalam page Facebook anda, anda terlibat dengan fans anda, dimana membuat page anda lebih dan mudah terlihat. Entah itu gambar lucu atau video informatif, konten yag berhubungan dengan brand anda dan memberikan mafaat kepada target audeins anda akan membantu page anda banyak diperhatikan.


Tingkatkan Keterlibatan
optimasi page facebook untuk bisnis
Sementara membuat konten berkualitas adalah cara terbaik untuk membuat audiens membicarakan anda, yang anda butuhkan adalah tingkat keterlibatan dengan audiens amda, ada banyak cara untuk terlibat langsung dengan mereka.

Sebagai contoh, anda dapat berbagi artikel berita terupdate, daftar top 10, menanyakan sebuah pertanyaan, atau lebih sering menggunakan emotikon ketika membalas komentar. Disarankan juga untuk mencoba formula seperti penyelesaian masalah, kuis isilah titik-titik di bawah ini, atau memunculkan momen-momen nostalgia dari audiens anda.

Ingatlah, anda ingin berkomunikasi dengan audiens anda di Facebook dan tidak hanya posting tentang konten anda setiap waktu. Cara terbaik adalah terlibat dan berinteraksi dengan mereka. Semakin banyak ini dilakukan, semakin baik peluang anda untuk menaikkan ranking search engine.

Pertimbangkan untuk menggunakan Facebook apps
Seorang strategis sosial media menunjukkan, anda dapat menggunakan apps (aplikasi Facebook) untuk menjamin audiens anda mendapat anda informasi menghubungkan dengan customer support, mebuat perjanjian, mempromosikan acara, meberi reward kepada mereka, dan mendapat feedback. Dan jugam apss juga meningkatkan hasil pencarian anda karena terlibat langsung dengan audiens.


Kesimpulan

Sosial media bukan hanya menjadi sebuah pilihan untuk bisnis agar sukses. Facebook dapat menjadi alat untuk terhubung dengan pelanggan, memberi pelayanan pelangganm dan membantu ranking pencarian di search engine. Tapi, jika pelanggan anda tidak bisa menemukan anda secara online anda menghabiskan banyak waktu anda. Luangkan waktu anda untuk memastikan profil page Facebook anda teroptimasi agar potensi bisnis anda terlihat oleh banyak pelanggan potensial anda.