Kesalahan Desain Website untuk Bisnis yang Harus Dihindari

Membuat website yang sempurna untuk bisnis kecil anda tidak hanya sekedar memilih naman domain yang tepat dan gambar yang menarik. Peusahaan harus mampu memberikan informasi praktis tentang bisnis dan juga menghindari kesalahan umum yang sering mengganggu website.

“Bisnis kecil juga perlu merepresentasikan websitenya dengan baik pada hasil pencarian online untuk audiensnya walaupun mereka tidak menjual produk atau jasa secara online,” kata LogoGarden.com, website dan perusahaan desain logo. “Namun, hanya memiliki website saja tidak cukup. Jika website tidak berfungsi dengan benar hal itu dapat mencederai bisnis anda.”

Bisnis yang ingin menghindari masalah tersebut dan mengoptimasi bisnisnya dengan websitenya dapat melakukannya dengan menghindari empat kesalahan ini:

Kesalahan pada desain website

Hindari desain web yang rumit
kesalahan desain website untuk bisnis
Jangan gunakan semua trik dan teknik, alat-alat, dan plugin yang bisa memenuhi website anda, Jika website anda lemot dan tidak enak dilihat oleh pengguna web browser desktop maupun perangkat mobile, mereka akan meninggalkan website anda dan tidak akan pernah kembali. Pilihlah elemen website yang meningkatkan kinerja website anda daripada memberi pengalaman buruk (lemot dan berat) kepada audiens anda. Gunakan prinsip less is more ketika berhubungan dengan website.

Hindari konten yang berlebihan
Riset menunjukkan bahwa anda hanya punya 3 detik untuk mengkomunikasikan pesan anda dalam halaman website kepada pengunjung website anda sebelum mereka pergi. Seringkali hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengisi halaman website anda dengan teks, foto, dan informasi sebanyak-banyaknya. Dengan melakukan hal ini anda melakukan kesalahan besar dengan mengorbankan kualitas oleh kuantitas.


Sebaiknya, buatlah website anda jelas dalam penyampain pesan dimana anda adalah ahli dalam jenis bidang bisnis (produk/jasa) tertentu. Tentukan niche anda dan maksimalkan konten anda dalam niche tesebut. Lengkapi pesan anda tersebut dengan gambar yang jelas, bersih, dan relevan. Anda harus memastikan website anda simpel, mudah dipahami dan berguna.

Jangan terlihat seperti kompetitor anda
Meniru kompetitor anda sangat berbahaya. Anda harus menemukan cara sendiri untuk MENONJOL dalam kompetisi tersebut.

Ciptakan pesan anda sendiri, reputasi dan strategi, dan buatlah agar aspek-aspek unik bisnis anda bersinar dalam desain website, promosi, dan komunikasi anda dengan audiens. Anda harus menonjol dalam keramaian, bukan membaur!

Jangan hanya membangun, dan menunggu orang datang ke website anda

Mendatangkan trafik ke website bisnis anda tidak semudah pepatah yang terkenal “Jika anda terus membangunnya, mereka akan datang”. Untuk menyetir trafik ke website anda anda punya beberapa pilihan, anda dapat berilan di situs seperti Google atau Facebook, atau anda dapat bergabung dalam perbincangan online yang terjadi di blog, Twitter, Facebook, dan LinkedIn. 


Seringlah berkontribusi dalam perbincangan online dan promosikan keahlian anda pada situs yang relevan. Membutuhkan waktu untuk membangun kredibilitas pada hasil pencarian untuk suatu keyword tertentu. Hal ini tidak bisa terjadi dalam waktu semalam dan membutuhkan langkah-langkah proaktif dari anda untuk mencapai tujuann yang anda inginkan.

Artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang kesalahan desain website untuk bisnis