Membuat website yang
sempurna untuk bisnis kecil anda tidak hanya sekedar memilih naman domain yang
tepat dan gambar yang menarik. Peusahaan harus mampu memberikan informasi
praktis tentang bisnis dan juga menghindari kesalahan umum yang sering
mengganggu website.
“Bisnis kecil juga perlu merepresentasikan websitenya dengan baik pada hasil pencarian online untuk audiensnya walaupun mereka tidak menjual produk atau
jasa secara online,” kata LogoGarden.com, website dan perusahaan desain logo. “Namun,
hanya memiliki website saja tidak cukup. Jika website tidak berfungsi dengan
benar hal itu dapat mencederai bisnis anda.”
Bisnis yang ingin
menghindari masalah tersebut dan mengoptimasi bisnisnya dengan websitenya dapat
melakukannya dengan menghindari empat kesalahan ini:
Kesalahan pada desain website
Hindari desain web
yang rumit
Jangan gunakan semua trik dan teknik, alat-alat, dan plugin yang bisa memenuhi website anda, Jika website
anda lemot dan tidak enak dilihat oleh pengguna web browser desktop maupun
perangkat mobile, mereka akan meninggalkan website anda dan tidak akan pernah
kembali. Pilihlah elemen website yang meningkatkan kinerja website anda
daripada memberi pengalaman buruk (lemot dan berat) kepada audiens anda. Gunakan prinsip less is more ketika berhubungan dengan
website.
Hindari konten yang
berlebihan
Riset menunjukkan
bahwa anda hanya punya 3 detik untuk mengkomunikasikan pesan anda dalam halaman
website kepada pengunjung website anda sebelum mereka pergi. Seringkali hal
pertama yang harus anda lakukan adalah mengisi halaman website anda dengan
teks, foto, dan informasi sebanyak-banyaknya. Dengan melakukan hal ini anda
melakukan kesalahan besar dengan mengorbankan kualitas oleh kuantitas.
Artikel terkait: prinsip konten marketing yang tepat
Sebaiknya, buatlah
website anda jelas dalam penyampain pesan dimana anda adalah ahli dalam jenis
bidang bisnis (produk/jasa) tertentu. Tentukan niche anda dan maksimalkan konten anda dalam niche tesebut.
Lengkapi pesan anda tersebut dengan gambar yang jelas, bersih, dan relevan.
Anda harus memastikan website anda simpel, mudah dipahami dan berguna.
Jangan terlihat
seperti kompetitor anda
Meniru kompetitor anda
sangat berbahaya. Anda harus menemukan cara sendiri untuk MENONJOL dalam
kompetisi tersebut.
Ciptakan pesan anda
sendiri, reputasi dan strategi, dan buatlah agar aspek-aspek unik bisnis anda
bersinar dalam desain website, promosi, dan komunikasi anda dengan audiens.
Anda harus menonjol dalam keramaian, bukan membaur!
Jangan hanya
membangun, dan menunggu orang datang ke website anda
Mendatangkan trafik ke
website bisnis anda tidak semudah pepatah yang terkenal “Jika anda terus
membangunnya, mereka akan datang”. Untuk menyetir trafik ke website anda anda
punya beberapa pilihan, anda dapat berilan di situs seperti Google atau
Facebook, atau anda dapat bergabung dalam perbincangan online yang terjadi di
blog, Twitter, Facebook, dan LinkedIn.
Baca juga: 5 optimasi page facebook untuk bisnis
Seringlah berkontribusi dalam
perbincangan online dan promosikan keahlian anda pada situs yang relevan.
Membutuhkan waktu untuk membangun kredibilitas pada hasil pencarian untuk suatu
keyword tertentu. Hal ini tidak bisa terjadi dalam waktu semalam dan membutuhkan
langkah-langkah proaktif dari anda untuk mencapai tujuann yang anda inginkan.
Artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang kesalahan desain website untuk bisnis