6 Strategi Cara Menarik Pelanggan ke Toko Online

Website e-commerce menghadapi tantangan yang tak terhitung jumlahnya dan juga banyak saingan. Namun pemilik usaha yang cerdik bisa belajar kepada ahli untuk maju dan menarik minat. Tidak peduli jika anda sudah pernah memiliki toko online atau baru memulainya, anda tidak akan berhasil jika tidak menarik banyak pelanggan ke website anda. 

Tentu saja hal ini tidak mudah dan memakan bayak waktu. Untuk mempermudah proses ini kami telah mendaftarkan 6 cara menarik pelanggan ke toko online anda dengan efektif dan tidak memakan anggaran besar:


Cara menarik pelanggan ke toko online

cara menarik pelanggan ke toko online
Pilih sebuah niche – dan mendominasinya. Bagaimana anda bersaing dengan perusahaan sebesar dan sesukses Amazon? Jawabannya adalah tidak bisa. Hal ini akan membutuhkan modal besar yang tak terhitung untuk melawan Amazon, sehingga kuncinya adalah menemukan sudut kecil dari industri yang sangat spesifik dan menguasainya. “Untuk pengusaha baru, merangkul niche adalah jalan terbaik untuk sukses dalam jangka pendek,” kata Jayson DeMers, pendiri dan CEO dari AudienceBloom.

Setiap bisnis besar memulai dari area yang sangat khusus sebelum mengembangkannya. Pertama, fokuslah pada satu hal, kuasai bidang tersebut, dan terus kembangkan ke daerah lain dimana anda bisa mengembangkannya.


Buatlah penawaran yang jelas – Jelaskan mengapa pelanggan harus berbelanja dengan anda. Konsultan pemasaran Brian Honigman mengatakan jika anda menjual t-shirt putih , tanyakan pada diri sendiri mengapa produk anda mempunyai nilai lebih untuk pelanggan anda daripada orang lain dan komunikasikanlah nilai tersebut. Jika anda tidak bisa menawar sesuatu yang unik, anda harus menawarkan produk tersebut dengan cara yang baru. Dan kemudian pikirkan bagaimana cara anda menyampaikan nilai tersebut. Anda harus melakukan sesuatu yang unik sehingga orang-orang akan membicarakan hal tersebut dan membuat penasaran.

Honigman merekomendasikan website ecommerce terlihat seperti Boxed.com untuk ide-ide bagaimana cara mereka menyampaikan nilai unik mereka kepada pelanggan. Sebuah toko online, Boxed membedakan diri dari kompetisi dengan membuat seluruh brand harganya menjadi lebih rendah dan kuantitas produk lebih banyak. Brand mereka sangat jelas dan hadir di semua platform, dari mulai perangkat mobile ke layanan sosial media seperti instagram.

Konten masih rajanya – Seperti halnya bisnis online lainnya, memiliki strategi konten yang abik akan sangat meningkatkan jangkauan situs anda dan juga SEO. Jangan hanya menggunakan kembali salinan dari yang disediakan oleh produk tersebut. Tidak hanya membosankan, tapi akan memicu hukuman dari Google karena menduplikasi konten dan membahayakan eksistensi anda di search engine.

Solusinya sederhana: jadilah kreatif. “Mulailah dengan konten unik di setiap halamannya,” kata DeMers. “Adopsi strategi konten, jalankan dengan baik dan perkuat dengan marketing sosial media untuk membangun dan mendiferensiasi brand anda.” Menerbitkan konten yang memperkuat brand anda, di dalam dan di luar website anda, akan terbukti bermanfaat untuk SEO dalam jangka panjang, mengarahkan trafik organik ke dalam situs anda.


Carilah audiens anda. Honigman menyarankan anda untuk menemukan dimana pelanggan anda pada masa mendatang berada dan carilah mereka. Strategi ini membutuhkan riset dan mendengarkan percakapan dari Twitter, blog dan platform online lainnya. Melalui proses ini anda akan belajar secara real time apa yang sedang dicari pelanggan potensial anda, bagaimana anda memenuhi kebutuhan mereka, dan di platform mana anda harus aktif.

Setelah anda tahu situs seperti facebook atau Pinterest atau Twitter atau Tumblr cocok untuk pelanggan anda, anda dapat menjangkau mereka dengan brand message yang unik dan mulai mengedukasi audiens anda.

Promo - Kita semua suka promo dan diskon. Tapi biasanya bukan berapa jumlah uang yang bisa pelanggan simpan yang membuat mereka bahagia. Hal ini merupakan sebuah mekanisme psikologis yang bertanggung jawab dalam perasaan gembira tersebut dan merangsang asosiasi dengan emosi positif

Email marketing - Ini adalah solusi murah dan efektif untuk menarik pelanggan. Sebuah epsilon "Branding Survey" telah menunjukkan bahwa 54% orang telah memiliki sikap terhadap perusahaan yang mengirimkan mereka e-mail. Terlebih lagi 71% responden menyatakan bahwa saat mereka berbelanja mereka akan selalu ingat email yang dikirimkan oleh perusahaan tersebut.


Seperti yang anda lihat tidak perlu banyak pengeluaran untuk menarik pelanggan ke toko online anda. Hal yang terpenting adalah menjadi kreatif dan menemukan platform yang tepat untuk menyampaikan pesan anda kepada calon pelanggan. Good luck!