Website e-commerce menghadapi
tantangan yang tak terhitung jumlahnya dan juga banyak saingan. Namun pemilik usaha
yang cerdik bisa belajar kepada ahli untuk maju dan menarik minat. Tidak peduli jika anda sudah pernah memiliki toko online atau baru memulainya, anda tidak akan berhasil jika tidak menarik banyak pelanggan ke website anda.
Tentu saja hal ini tidak mudah dan memakan bayak waktu. Untuk mempermudah proses ini kami telah mendaftarkan 6 cara menarik pelanggan ke toko online
anda dengan efektif dan tidak memakan anggaran besar:
Baca juga: membuat website ecommerce dengan wordpress
Cara menarik pelanggan ke toko online
Pilih sebuah niche –
dan mendominasinya. Bagaimana anda bersaing dengan perusahaan sebesar dan
sesukses Amazon? Jawabannya adalah tidak bisa. Hal ini akan membutuhkan modal
besar yang tak terhitung untuk melawan Amazon, sehingga kuncinya adalah menemukan
sudut kecil dari industri yang sangat spesifik dan menguasainya. “Untuk
pengusaha baru, merangkul niche adalah jalan terbaik untuk sukses dalam jangka
pendek,” kata Jayson DeMers, pendiri dan CEO dari AudienceBloom.
Setiap bisnis besar
memulai dari area yang sangat khusus sebelum mengembangkannya. Pertama,
fokuslah pada satu hal, kuasai bidang tersebut, dan terus kembangkan ke daerah
lain dimana anda bisa mengembangkannya.
Artikel terkait: strategi bisnis perusahaan kecil menuju kesuksesan
Buatlah penawaran yang
jelas – Jelaskan mengapa pelanggan harus berbelanja dengan anda. Konsultan
pemasaran Brian Honigman mengatakan jika anda menjual t-shirt putih , tanyakan
pada diri sendiri mengapa produk anda mempunyai nilai lebih untuk pelanggan
anda daripada orang lain dan komunikasikanlah nilai tersebut. Jika anda tidak
bisa menawar sesuatu yang unik, anda harus menawarkan produk tersebut dengan
cara yang baru. Dan kemudian pikirkan bagaimana cara anda menyampaikan nilai
tersebut. Anda harus melakukan sesuatu yang unik sehingga orang-orang akan membicarakan
hal tersebut dan membuat penasaran.
Honigman
merekomendasikan website ecommerce terlihat seperti Boxed.com untuk ide-ide
bagaimana cara mereka menyampaikan nilai unik mereka kepada pelanggan. Sebuah toko online, Boxed membedakan diri dari kompetisi dengan membuat seluruh brand
harganya menjadi lebih rendah dan kuantitas produk lebih banyak. Brand mereka
sangat jelas dan hadir di semua platform, dari mulai perangkat mobile ke
layanan sosial media seperti instagram.
Konten masih rajanya –
Seperti halnya bisnis online lainnya, memiliki strategi konten yang abik akan
sangat meningkatkan jangkauan situs anda dan juga SEO. Jangan hanya menggunakan
kembali salinan dari yang disediakan oleh produk tersebut. Tidak hanya
membosankan, tapi akan memicu hukuman dari Google karena menduplikasi konten
dan membahayakan eksistensi anda di search engine.
Solusinya sederhana:
jadilah kreatif. “Mulailah dengan konten unik di setiap halamannya,” kata
DeMers. “Adopsi strategi konten, jalankan dengan baik dan perkuat dengan marketing
sosial media untuk membangun dan mendiferensiasi brand anda.” Menerbitkan
konten yang memperkuat brand anda, di dalam dan di luar website anda, akan
terbukti bermanfaat untuk SEO dalam jangka panjang, mengarahkan trafik organik
ke dalam situs anda.
Artikel terkait: 5 strategi sosial media untuk bisnis
Carilah audiens anda.
Honigman menyarankan anda untuk menemukan dimana pelanggan anda pada masa
mendatang berada dan carilah mereka. Strategi ini membutuhkan riset dan mendengarkan
percakapan dari Twitter, blog dan platform online lainnya. Melalui proses ini
anda akan belajar secara real time apa yang sedang dicari pelanggan potensial
anda, bagaimana anda memenuhi kebutuhan mereka, dan di platform mana anda harus
aktif.
Setelah anda tahu
situs seperti facebook atau Pinterest atau Twitter atau Tumblr cocok untuk
pelanggan anda, anda dapat menjangkau mereka dengan brand message yang unik dan
mulai mengedukasi audiens anda.
Promo - Kita semua suka promo dan diskon. Tapi biasanya bukan berapa jumlah uang yang bisa pelanggan simpan yang membuat mereka bahagia. Hal ini merupakan sebuah mekanisme psikologis yang bertanggung jawab dalam perasaan gembira tersebut dan merangsang asosiasi dengan emosi positif
Email marketing - Ini adalah solusi murah dan efektif untuk menarik pelanggan. Sebuah epsilon "Branding Survey" telah menunjukkan bahwa 54% orang telah memiliki sikap terhadap perusahaan yang mengirimkan mereka e-mail. Terlebih lagi 71% responden menyatakan bahwa saat mereka berbelanja mereka akan selalu ingat email yang dikirimkan oleh perusahaan tersebut.
Artikel terkait: cara meningkatkan loyalitas pelanggan
Seperti yang anda lihat tidak perlu banyak pengeluaran untuk menarik pelanggan ke toko online anda. Hal yang terpenting adalah menjadi kreatif dan menemukan platform yang tepat untuk menyampaikan pesan anda kepada calon pelanggan. Good luck!