Campaign email terus
berkembang dan populer di kalangan perusahaan kecil-besar. Hanya dengan satu
klik, email marketing perusahaan dapat memberikan informasi berharga, kupon, promo dan
penawaran-penawaran untuk pelanggan baru maupun lama, sehingga meningkatkan jumlah
kunjungan website dan penjualan. Triknya, jelas adalah membuat pelanggan
membuka pesan anda.
“Email marketing tetap
menjadi salah satu strategi marketing digital yang paling efektif dan
menguntungkan, dan selalu ada ruang untuk meningkatkan dan memanfaatkan tren
yang sedang berkembang,” kata Jerry Jao, CEO dari perusahaan retensi marketing
Retention Science. “Kata-kata dalam subjek adalah komponen paling penting dari
semua campaign, karena subjek-lah yang dilihat pertama kali oleh orang dalam
inbox mereka, dan pertimbangan apa yang mereka buay untuk membuka atau membuang
email tersebut.”
Artikel terkait: 12 strategi marketing restoran secara online
Menurut analisa dari
540 campaign email marketing dari enam bulan terakhir. Retention Science
menemukan trik email marketing yang tingkat keberhasilannya tinggi:
Trik Email Marketing
Buatlah kata-kata subjek
yang singkat
Sebagian besar
pelanggan menerima email mereka di perangkat mobile, dan Retention Science
menemukan bahwa pelanggan membuka dan membaca 35 persen dari email tersebut.
Kata-kata subjek yang singkat dan padat sangat ideal untuk untuk strategi
mobile marketing, karena sebagian besar smartphone hanya menampilkan beberapa
kata pertama dari subjek email.
Menurut penelitian, 6
sampai 10 kata adalah panjang yang optimal: kemungkinan pelanggan membuka
dengan panjang subjek ini adalah 21 persen, dimana 5 kata atau lebih sedikit
panjang subjek (hanya 16 persen kemungkinan dibuka) dan 11 sampai 15 kata (14
persen) juga tidak efektif.
Sertakan Nama Penerima
Orang membuka 2-6
persen email yang menyertakan nama pertama daripada yang tidak menyertakan nama
sama sekali. Gunakan kode paltform email marketing anda untuk membuat kata-kata
subjek pribadi (menyebutkan nama mereka)
yang akan menarik perhatian dari penerima dan libatkan mereka dengan email
anda.
Baca juga: cara meningkatkan loyalitas pelanggan
Gunakan budaya yang
sedang populer
Mungkin anda jangan
sering-sering menggunakan ini, budaya populer yang sedang ramai dibicarakan pada
kata-kata subjek anda akan menambah presentase kemungkinan email tersebut
dibuka. Orang-orang akan membuka email denga kata-kata subjek yang mengandung
judul film, lirik lagi, atau perkataan selebriti akan lebih sering dibuka
daripada kata-kata subjek biasa.
Retention Science
menemukan bahwa campaign email dari brand penjualan, yang memanfaatkan subjek
berisi 20 kata atau lebih, performanya menurun dibandingkan brand lain. Sebagai
tambahan selain menuli kata-kata subjek yang panjang, brand yang mengirim 4-8
email perminggu, memperkecil kemungkinan email mereka dibuka. Kirimkan email
marketing 2-4 kali perminggu untuk
menghindari membanjir inbox pelanggan anda.
Baca juga: tips etika bisnis yang harus anda jaga
Apakah artikel diatas
menjawab pertanyaan anda tentang trik email marketing yang efektif? Jika anda
punya pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa
untuk share, like, dan retweet artikel ini ya. Terima kasih!