10 Tips Kepemimpinan untuk Entrepreneur Muda

Generasi milenium banyak diketahui sebagai generasi dengan kepuasan instan. Hal ini terutama berlaku dalam karir mereka: daripada menunggu promosi besar, para profesional muda ini memilih untuk menciptakan posisi eksekutif mereka sendiri dengan menjadi entrepreneur. Generasi ini mempunyai passion dan energi yang besar, tapi mereka kurang pengalaman dan membutuhkan panduan lebih dalam bidang kepemimpinan.

Sepuluh pimpinan bisnis berikut. Banyak di antaranya mendirikan perusahaan atau mempunyai jabatan penting dalam usia muda, memberikan tips kepemimpinan untuk entrepreneur muda.

Tips kepemimpinan entrepreneur muda

Bekerja keras untuk maju
tips kepemimpinan entrepreneur muda
“Saya telah belajar bahwa sukses datang dari dua hal ini. Satu adalah keberuntungan dan satunya adalah kerja keras. Saya memilih yang terakhir. Kerja keras dan disiplin adalah denominator sebagian besar pemimpin bisnis, yang membuktikan ketika anda berpikir anda bekerja telalu keras, anda mungkin benar, tapi itu juga merupakan alasan kemana tujuan anda akan mengarah.” – Amit Kleinberger, CEO dari frozen yogurt franchise Menchie.


Berusaha untuk sukses, tapi tetap rendah hati
“Pertama dan terpenting, untuk setiap entrepreneur muda harus memiliki rasa lapar untuk kesuksesan dan kemenangan – dan siap untuk bekerja keras, bersaing dengan kompetitor anda. Yang paling terpenting, tetaplah rendah hati dan mendengarkan. Perlihatkan pada tim anda jika anda tenang dan tidak terlihat menggebu-gebu atau labil sehingga tim anda tetap fokus dan berkembang.” – Jon Sebastiani, pendiri dan CEO dari Krave Jerky


Perkenankan “ide bagus” anda untuk berkembang dan berubah
“Ide anda adalah yang terbaik, tapi dalam perjalanan untuk membuahkan hasil, mengertilah bahwa nantinya hasil ide akan terlihat berbeda. TIdak akan mirip pada konsep pertama, ataupun konsep kedua, mungkin ketiga, setelah anda mendengarkan dan belajar banyak – dari situlah kesuksesan berasal.” – Shawn Mendel, Pendiri dari perusahaan snack sehat Funley Delicious.

Akui kekurangan anda sendiri
“Ketahuilah kelemahan anda dan rekrut orang-orang yang menutupi kekurangan anda. Ciri terbaik dari setiap pemimpin adalah mampu untuk mengakui titik terlemahnya dan membangun tim untuk melengkapinya.” – Ashley Morris, CEO dari franchise Capriotti Sandwich Shop.

Pekerjakan (dan promosikan) orang yang tepat
“Rekrut orang yang terbaik, paling berbakat, dan paing berpengetahuan yang bisa anda masukkan dalam tim manajemen senior sedini mungkin. Berikan mereka modal untuk tetap termotivasi. Steve Jobs mengatakan sesuatu tentang tim kecil yang terdiri dari pemain kelas A+ menandingi tim besar dengan pemain kelas B atau C. Saya melihatnya setiap hari. Entrepreneur yang merekrut pemain kelas A dari awal dan menyingkirkan pemain kelas C lebih awal, bergerak lebih cepat dan mendapat keuntungan lebih besar dari siapapun juga.” – Scott Jensen, pendiri dari Rhythm Superfoods.

Mintalah bantuan ketika anda membutuhkannya
“Ketika anda muda dan punya energi tak terbatas dan ingin mengerjakan semuanya sendiri, jangan biarkan keberhasilan dini anda cepat habis. Kadang-kadang anda membutuhkan saran dari orang yang lebih tua dan berpengalaman, karena ada waktu dimana anda tidak tahu mana yang terbaik yang harus anda ambil. Dan akan datang saat dimana anda akan mengetahui perbedaan mana yang harus diambil dan mana yang harus dihindari dan tahu kapan anda meminta pertolongan.” – Jeff Platt, pendiri dan CEO dari taman trampoline indoor Sky Zone.

Carilah mentor
“Sebagai entrepreneur kita membiarkan ide-ide kita untuk mempengaruhi dalam pembuatan keputusan dan seringkali tidak mempedulikan analisis dan perencanaan. Mentor yang baik akan membantu anda berpikir tentang hal dimana anda belum punya pengalaman.” Jeff Salter, pendiri dari franchise Caring Senior Service.


Jangan buat janji yang tidak bisa anda tepati
“Perkataan anda adalah segalanya. JIka anda mengatakan akan melakukan sesuatu, lakukanlah. Apakah itu peluang pekerjaan sukarela atau pekerjaan anda. Sangat penting untuk tahu kapan anda berkata tidak. Katakanlah, ‘saya tidak bisa melakukan itu, tapi inilah yang saya bisa.’ Tawarkan apa yang anda bisa, tanpa berjanji untuk melakukan sesuatu diluar kemampuan anda.” – Lais Pontes, Presiden dan pendiri perusahaan PR dan marketing The Pontes Group.


Selalu tantang dan dorong diri anda
“Entrepreneur muda harus mempunyai keinginan untuk terus menantang diri sendiri dan memfokuskan pada upaya untuk meningkatkan kekuatan mereka. Anda dapat didukung oleh tim dan staff, tapi kadang-kadang ada kesempatan dimana pemimpin harus melakukan sesuatu sendiri. Itulah saatnya untuk anda menantang dan mendorong diri anda sendiri.” – David Norshop, pemilik dan pendiri Norsoph, Alcalay & Oner LLP (NAO Law).

Dapatkan rasa hormat dari tim anda
“Menjadi pemimpin berarti memerintah diri sendiri dan rekan-rekan anda.  Tunjukkan belas kasih dan dapatkan penghormatan dari tim anda. Belajarlah untuk mendengarkan dan membimbing mereka.” – Michael Kuang, pemilik dan pendiri dari Syphon Fitness.