Kemungkinan besar,
dalam satu waktu hidup anda, anda pernmah mengikuti kelas manajemen waktu,
membacanya dalam buku, dan mencoba untuk mengatur waktu dalam smartphone ada
untuk memprioritaskan jadwal harian anda. “Mengapa semua pengetahuan dan
perangkat-perangkat, tidak membantu saya menyelesaikan sesuai yang saya
butuhkan?”
Jawabannya sederhana.
Semua yang anda pelajari tentang manajemen waktu adalah buang-buang waktu dan
tidak bekerja sesuai dengan yang anda inginkan.
Sebelum anda belajar
mengatur waktu, anda harus belajar apa arti waktu. Kamus mengatakan waktu
sebagai “titik atau periode dimana ada hal-hal yang terjadi.” Sederhananya,
waktu adalah ketika sesuatu terjadi.
Ada dua jenis waktu:
waktu jam dan waktu sebenarnya. Dalam waktu jam, ada 60 detik dalam satu menit,
60 menit dalam satu jam, 24 jam dalam satu hari dan 365 hari dalam satu tahun.
Semua waktu berlalu dengan durasi yang sama. Ketika seseorang memasuki umur 50,
maka sebenarnya ia sudah melalui 50 tahun, tidak kurang atau lebih.
Dalam waktu
sebenarnya, semua waktu adalah relatif. Waktu berlalu berdasarkan apa yang anda
kerjakan. Dua jam dalam bengkel sepeda motor dapat terasa seperti 12 tahun. Dan
anak 12 tahun terasa bertumbuh hanya
terasa dalam dua jam.
Waktu mana yang
mendeskripsikan dunia yang anda tinggali, waktu sebenarnya atau waktu jam?
Alasan mengapa gadget
dan sistem manajemen waktu tidak bekerja karena pada sistem tersebut didesain
utnuk waktu jam. Waktu jam tidak relevan. Anda tidak hidup dalam atau bahkan
punya akses dalam waktu jam. Anda hidup dalam waktu sebenarnya, dunia dimana
waktu berlalu cepat ketika anda bersenang senang aau terasa lambat ketika anda
membayar pajak.
Berita baiknya waktu
sebenarnya adalah mental. Terletak diantara dua telinga anda. Anda yang
menciptakannya. Apapaun yang anda ciptakan, bisa anda atur. Sekarang waktunya
untuk menghilangkan sabotase diri atau pembatasan ketika anda bilang “tidak
punya waktu” atau “sekarang bukan waktu yang tepat” untuk memulai bisnis atau
mengatur bisnis anda secara benar.
Artikel terkait: 5 hal yang mengganggu produktivitas kerja anda
Ada 3 cara untuk
menghabiskan waktu: berpikir, bercakap-cakap, dan beraksi. Terlepas dari apa jenis
bisnis anda, pekerjaan anda tersusun atas 3 item tersebut.
Sebagai entrepreneur,
anda mungkin akan terganggu oleh interupsi-interupsi yang tidak anda duga.
Sementara anda tidak bisa menghilangkan interupsi tersebut, anda harus
menentukan berapa lama anda akan menghadapi interupsi tersebut dan berapa waktu
yang akan anda pakai untuk berpikir, bercakap-cakap dan beraksi yang akan
membawamu menuju kesuksesan.
Teknik-teknik mengatur waktu dalam bisnis
1) Catat jadwal dan rekam
dalam pikiran, percakapan dan aktivitas anda dalam seminggu. Ini akan
membantumu mengerti seberapa banyak yang dapat anda selesaikan dalam sehari dan
kemana momen berharga anda disalurkan. Anda akan melihat berapa waktu yang sebenarnya
digunakan untuk menghasilkan sesuatu dan berapa banyak waktu yang terbuang pada
pikiran, percakapan, dan aksi yang terbuang sia-sia.
2) Setiap kegiatan atau
percakapan yang penting untuk keberhasilan anda harus mempunyai durasi.
Jadwalkan untuk membuat perjanjian dengan anda sendiri dan ciptakan blok-blok
waktu ke dalam pikiran, percakapan dan aksi yang butuh prioritas tinggi. Jadwalkan
kapan mereka mulai dan selesai.
Rencanakan untuk
menghabiskan setidaknya 50 persen dari waktu anda terlibat dalam pikiran,
percakapan, dan aktivitas yang produktif untuk tujuan anda.
3) Ambil 30 menit pertama
dari hari anda untuk merencanakan seluruh hari anda. Jangan mulai hari anda sampai
anda menyelesaikan rencana dalam hari tersebut. Waktu yang paling penting dari
hari anda adalah waktu dimana anda menjadwalkan untuk merencanakan seluruh
waktu anda pada hari tersebut.
4) Ambil lima menit
sebelum panggilan dan tugas anda untuk menentukan apa hasil yang ingin anda
capai. Ini akan membantu anda untuk mengetahui keberhasilan seperti apa yang
ingin anda capai sebelum memulai. Ambil 5 menit setelah tugas anda selesai untuk
menentukan apakah hasil yang anda inginkan tercapai. Jika tidak, apa yang
kurang? Bagaimana anda mengatasi kehilangan waktu tersebut dalam tugas anda
berkutnya?
5) Pasang tanda “Jangan
Ganggu” ketika anda punya pekerjaan yang harus segera diselesaikan.
6) Latihlah diri anda untuk
tida menjawab telepon hanya karena berdering dan email hanya karena muncul
dalam notifikasi. Putuskan koneksi instant messaging anda. Jangan mudah untuk
memberikan ke orang lain perhatian anda kecuali sangat krusial untuk bisnis
anda yang memerlukan respon secepatnya, jadwalkan waktu untuk menjawab email
dan menelepon kembali.
Baca juga: 5 penyebab bisnis anda gagal
7) Blokir distraksi
seperti Facebook dan sosial media lain kecuali anda menggunakannya untuk
keperluan bisnis.
8) Ingat bahwa tidak
mungkin untuk mengerjakan semuanya. Juga ingat bahwa peluang tersebut baik
ketika 20 persen pikiran, percakapan, dan aksi anda menghasilkan 80 persen dari
hasil anda.
Semoga artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang cara mengatur waktu dalam bisnis, jika anda punya pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih