Delapan Cara Mengatur Waktu dalam Bisnis Anda

Kemungkinan besar, dalam satu waktu hidup anda, anda pernmah mengikuti kelas manajemen waktu, membacanya dalam buku, dan mencoba untuk mengatur waktu dalam smartphone ada untuk memprioritaskan jadwal harian anda. “Mengapa semua pengetahuan dan perangkat-perangkat, tidak membantu saya menyelesaikan sesuai yang saya butuhkan?”

Jawabannya sederhana. Semua yang anda pelajari tentang manajemen waktu adalah buang-buang waktu dan tidak bekerja sesuai dengan yang anda inginkan.

Sebelum anda belajar mengatur waktu, anda harus belajar apa arti waktu. Kamus mengatakan waktu sebagai “titik atau periode dimana ada hal-hal yang terjadi.” Sederhananya, waktu adalah ketika sesuatu terjadi.

Ada dua jenis waktu: waktu jam dan waktu sebenarnya. Dalam waktu jam, ada 60 detik dalam satu menit, 60 menit dalam satu jam, 24 jam dalam satu hari dan 365 hari dalam satu tahun. Semua waktu berlalu dengan durasi yang sama. Ketika seseorang memasuki umur 50, maka sebenarnya ia sudah melalui 50 tahun, tidak kurang atau lebih.

Dalam waktu sebenarnya, semua waktu adalah relatif. Waktu berlalu berdasarkan apa yang anda kerjakan. Dua jam dalam bengkel sepeda motor dapat terasa seperti 12 tahun. Dan anak 12 tahun terasa   bertumbuh hanya terasa dalam dua jam.


cara mengatur waktu dalam bisnis
Waktu mana yang mendeskripsikan dunia yang anda tinggali, waktu sebenarnya atau waktu jam?

Alasan mengapa gadget dan sistem manajemen waktu tidak bekerja karena pada sistem tersebut didesain utnuk waktu jam. Waktu jam tidak relevan. Anda tidak hidup dalam atau bahkan punya akses dalam waktu jam. Anda hidup dalam waktu sebenarnya, dunia dimana waktu berlalu cepat ketika anda bersenang senang aau terasa lambat ketika anda membayar pajak.

Berita baiknya waktu sebenarnya adalah mental. Terletak diantara dua telinga anda. Anda yang menciptakannya. Apapaun yang anda ciptakan, bisa anda atur. Sekarang waktunya untuk menghilangkan sabotase diri atau pembatasan ketika anda bilang “tidak punya waktu” atau “sekarang bukan waktu yang tepat” untuk memulai bisnis atau mengatur bisnis anda secara benar.


Ada 3 cara untuk menghabiskan waktu: berpikir, bercakap-cakap, dan beraksi. Terlepas dari apa jenis bisnis anda, pekerjaan anda tersusun atas 3 item tersebut.

Sebagai entrepreneur, anda mungkin akan terganggu oleh interupsi-interupsi yang tidak anda duga. Sementara anda tidak bisa menghilangkan interupsi tersebut, anda harus menentukan berapa lama anda akan menghadapi interupsi tersebut dan berapa waktu yang akan anda pakai untuk berpikir, bercakap-cakap dan beraksi yang akan membawamu menuju kesuksesan.

Teknik-teknik mengatur waktu dalam bisnis

1) Catat jadwal dan rekam dalam pikiran, percakapan dan aktivitas anda dalam seminggu. Ini akan membantumu mengerti seberapa banyak yang dapat anda selesaikan dalam sehari dan kemana momen berharga anda disalurkan. Anda akan melihat berapa waktu yang sebenarnya digunakan untuk menghasilkan sesuatu dan berapa banyak waktu yang terbuang pada pikiran, percakapan, dan aksi yang terbuang sia-sia.

2) Setiap kegiatan atau percakapan yang penting untuk keberhasilan anda harus mempunyai durasi. Jadwalkan untuk membuat perjanjian dengan anda sendiri dan ciptakan blok-blok waktu ke dalam pikiran, percakapan dan aksi yang butuh prioritas tinggi. Jadwalkan kapan mereka mulai dan selesai.
Rencanakan untuk menghabiskan setidaknya 50 persen dari waktu anda terlibat dalam pikiran, percakapan, dan aktivitas yang produktif untuk tujuan anda.

3) Ambil 30 menit pertama dari hari anda untuk merencanakan seluruh hari anda. Jangan mulai hari anda sampai anda menyelesaikan rencana dalam hari tersebut. Waktu yang paling penting dari hari anda adalah waktu dimana anda menjadwalkan untuk merencanakan seluruh waktu anda pada hari tersebut.

4) Ambil lima menit sebelum panggilan dan tugas anda untuk menentukan apa hasil yang ingin anda capai. Ini akan membantu anda untuk mengetahui keberhasilan seperti apa yang ingin anda capai sebelum memulai. Ambil 5 menit setelah tugas anda selesai untuk menentukan apakah hasil yang anda inginkan tercapai. Jika tidak, apa yang kurang? Bagaimana anda mengatasi kehilangan waktu tersebut dalam tugas anda berkutnya?

5) Pasang tanda “Jangan Ganggu” ketika anda punya pekerjaan yang harus segera diselesaikan.

6) Latihlah diri anda untuk tida menjawab telepon hanya karena berdering dan email hanya karena muncul dalam notifikasi. Putuskan koneksi instant messaging anda. Jangan mudah untuk memberikan ke orang lain perhatian anda kecuali sangat krusial untuk bisnis anda yang memerlukan respon secepatnya, jadwalkan waktu untuk menjawab email dan menelepon kembali.


7) Blokir distraksi seperti Facebook dan sosial media lain kecuali anda menggunakannya untuk keperluan bisnis.


8) Ingat bahwa tidak mungkin untuk mengerjakan semuanya. Juga ingat bahwa peluang tersebut baik ketika 20 persen pikiran, percakapan, dan aksi anda menghasilkan 80 persen dari hasil anda.

Semoga artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang cara mengatur waktu dalam bisnis, jika anda punya pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih