6 Strategi SEO yang Harus Anda Fokuskan di 2015

SEO terus berubah. Update baru yang dirilis, pembahasan tren-tren baru dan strategi baru terus dikembangkan. SEO adalah sesuatu yang akan terus berevolusi.

Pada tahun 2014, sudah ada 13 update untuk algoritma Google, dan menurut catatan Moz hal tersebut adalah yang terlihat dan umum – Selalu ada pembaruan dan perubahan hampir setiap hari di belakang layar dimana para online marketer harus terus menerus beradaptasi.

Tahun 2015 tentu banyak perubahan baru untuk menyesuaikan strategi SEO berdasarkan sejumlah faktor. Berikut ini adalah beberapa strategi SEO yang harus anda sesuaikan ketika memasuki tahun 2015. Mari kita bahas 6 tips strategi berikut ini:

Strategi SEO tahun 2015

Optimalisasikan trafik mobile
Kembali pada tahun 2012, ComScore memprediksi bahwa trafik mobile akan melebihi trafik desktop pada tahun 2014, dan itu benar. Google selalu mengatakan penyedia website yang responsif (mobile-friendly) tentu akan memberikan kenyamanan pengguna dengan baik, dan baru-baru ini Google memberi teks notasi “mobile-friendly” di bawah judul hasil pencarian melalui perangkat mobile.

Anda bisa melihat apakah website anda lolos uji mobile-friendly Google dengan klik disini. Bing juga menyatakan lebih menyukai URL yang responsif.


Optimalisasikan untuk Bing, dan Yahoo
strategi seo tahun 2015
Apakah 2015 akan menjadi tahun dimana search engine lain mulai mengambil langkah untuk mengambil pangsa pasar yang lebih? Ini adalah pertanyaan yang sering diajukan tiap tahun, tapi beberapa perkembangan terakhir menunjukkan bahwa hal ini bisa saja terjadi.

Firefox menyisihkan Google dan Yahoo akan menjadi search engine default di firefox. Kesepakatan Google dengan Safari pada tahun 2015, dan laporan mengatakan Bing dan Yahoo juga berebut mengamankan tempat tersebut.

Dengan pilihan selain Google menjadi lebih populer dan  sangat penting untuk memiliki visibilitas di search engine berbeda daripada hanya berfokus di Google.

Alihkan fokus anda dari ranking keyword menuju metrik ROI
JIka SEO anda mash menempatkan fokus pada peringkat keyword dan menentukan keberhasilan campaign bedasarkan posisi keyword, maka saatnya untuk move on. Laporan peringkat bisa saja dibuat menarik dan beberapa jasa SEO akan mentarget keyword yang tidak berguna hanya untuk mengatakan, “Hey lihat – anda sudah berhasil menempati peringkat pertama di Google!”

JIka anda pemilik bisnsi yang mengeluarkan uang perbulan untuk SEO, apa yang ingin anda denganr dari jasa/agensi SEO?

  • “Selamat, anda peringkat pertama pada keyword “beli mebel furniture online” tapi kita tidak yakin apakah akan terjadi penjualan.”
  • “Infografik yang kita rilis bulan lalu berhasil mendapatkan 67 link dan menghasilkan konversi sebanyak 45 dan mendapatkan penghasilan sebesar Rp 22.300.000.”

Jadi, apakah anda ingin laporan peringkat yang tinggi atau apakah anda ingin mengetahui bagaimana Return on Investment anda?


Lebih berfokus pada pendekatan sosial media
Sosial media dulunya hanya sebuah platform untuk sharing konten, jadi kebanyakan bisnis mendaftar pada banyak platform sosial media dan hanya menyebarkan konten mereka disana tanpa adanya komunikasi dengan audiens. Sosial media dewasa ini adalah saluran marketing sama seperti saluran customer service. Audiens sosial media mengharapkan agar brand lebih terlibat dengan mereka secara pribadi.

Hal ini lebih efektif jika anda berfokus pada dua atau tiga platform sosial media dan sangat aktif dalam berinteraksi serta mengakomodir. Hal ini tidak hanya membantu anda menghasilkan lebih banyak peluang penjualan dan pendapatan, tapi juga membantu membangun follower dan fans loyal yang akan sharing konten anda. Hal ini bisa memperluas jaringan anda ke calon pelanggan baru dan peluang untuk mendapatkan backlink secara natural.


Mendapatkan link organik daripada membangun link
Dari banyak pembaruan dan perubahan algoritma selama bertahun-tahun, satu hal yang tetap sama: mendapatkan inbound link adalah tanda bahwa website anda berpengaruh dan mempunyai otoritas. Hal ini tidak akan berubah -  tidak pada 2015

Hari-hari dimana membangun link pada blog yang tidak relevan dan mengejar banyak link dalam strategi SEO anda sudah berakhir. Mendapatkan satu link pada website yang relevan menjadi sangat bernilai untuk beberapa alasan termasuk SEO, menarik trafik rujukan, lead, penjualan, dan brand eksposur.

Mentarget kata kunci dan frase pencarian yang tepat
Hari-hari dimana mentargetkan kata kunci yang luas/umum akan berakhir. Kata kunci tersebut memang cenderung mempunyai volume pencarian yang lebih besar, tapi tidak menarik target yang tertarget dan sangat mahal untuk mendapatkan peringkat. 

Mentarget kata kunci long-tail tidak hanya menarik trafik yang tertarget, tapi juga mempunyai kompetisi yang lebih sedikit. Riset kata kunci dan pemahaman tentang pola pencarian dan pembelian dari target pelanggan dapat membantu anda mengidentifikasi istilah dan frase apa saja yang akan anda kejar.


Artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang strategi SEO di tahun 2015? jika anda punya pertanyaaan silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share, like dan retweet artikel ini. Terima kasih!