SEO terus berubah.
Update baru yang dirilis, pembahasan tren-tren baru dan strategi baru terus
dikembangkan. SEO adalah sesuatu yang akan terus berevolusi.
Pada tahun 2014, sudah
ada 13 update untuk algoritma Google, dan menurut catatan Moz hal tersebut
adalah yang terlihat dan umum – Selalu ada pembaruan dan perubahan hampir
setiap hari di belakang layar dimana para online marketer harus terus menerus beradaptasi.
Strategi SEO tahun 2015
Optimalisasikan
trafik mobile
Kembali pada tahun
2012, ComScore memprediksi bahwa trafik mobile akan melebihi trafik desktop
pada tahun 2014, dan itu benar. Google selalu mengatakan penyedia website yang
responsif (mobile-friendly) tentu akan memberikan kenyamanan pengguna dengan
baik, dan baru-baru ini Google memberi teks notasi “mobile-friendly” di bawah
judul hasil pencarian melalui perangkat mobile.
Anda bisa melihat
apakah website anda lolos uji mobile-friendly Google dengan klik disini. Bing juga
menyatakan lebih menyukai URL yang responsif.
Artikel terkait: cara membuat landing page yang efektif
Optimalisasikan untuk
Bing, dan Yahoo
Apakah 2015 akan
menjadi tahun dimana search engine lain mulai mengambil langkah untuk mengambil
pangsa pasar yang lebih? Ini adalah pertanyaan yang sering diajukan tiap tahun,
tapi beberapa perkembangan terakhir menunjukkan bahwa hal ini bisa saja
terjadi.
Firefox menyisihkan
Google dan Yahoo akan menjadi search engine default di firefox. Kesepakatan
Google dengan Safari pada tahun 2015, dan laporan mengatakan Bing dan Yahoo
juga berebut mengamankan tempat tersebut.
Dengan pilihan selain Google
menjadi lebih populer dan sangat penting
untuk memiliki visibilitas di search engine berbeda daripada hanya berfokus di
Google.
Alihkan fokus anda
dari ranking keyword menuju metrik ROI
JIka SEO anda mash
menempatkan fokus pada peringkat keyword dan menentukan keberhasilan campaign
bedasarkan posisi keyword, maka saatnya untuk move on. Laporan peringkat bisa
saja dibuat menarik dan beberapa jasa SEO akan mentarget keyword yang tidak
berguna hanya untuk mengatakan, “Hey lihat – anda sudah berhasil menempati
peringkat pertama di Google!”
JIka anda pemilik
bisnsi yang mengeluarkan uang perbulan untuk SEO, apa yang ingin anda denganr
dari jasa/agensi SEO?
- “Selamat, anda peringkat pertama pada keyword “beli mebel furniture online” tapi kita tidak yakin apakah akan terjadi penjualan.”
- “Infografik yang kita rilis bulan lalu berhasil mendapatkan 67 link dan menghasilkan konversi sebanyak 45 dan mendapatkan penghasilan sebesar Rp 22.300.000.”
Jadi, apakah anda
ingin laporan peringkat yang tinggi atau apakah anda ingin mengetahui bagaimana
Return on Investment anda?
Lebih berfokus pada
pendekatan sosial media
Sosial media dulunya
hanya sebuah platform untuk sharing konten, jadi kebanyakan bisnis mendaftar
pada banyak platform sosial media dan hanya menyebarkan konten mereka disana
tanpa adanya komunikasi dengan audiens. Sosial media dewasa ini adalah saluran
marketing sama seperti saluran customer service. Audiens sosial media
mengharapkan agar brand lebih terlibat dengan mereka secara pribadi.
Hal ini lebih efektif
jika anda berfokus pada dua atau tiga platform sosial media dan sangat aktif
dalam berinteraksi serta mengakomodir. Hal ini tidak hanya membantu anda
menghasilkan lebih banyak peluang penjualan dan pendapatan, tapi juga membantu membangun
follower dan fans loyal yang akan sharing konten anda. Hal ini bisa memperluas
jaringan anda ke calon pelanggan baru dan peluang untuk mendapatkan backlink
secara natural.
Artikel terkati: 5 strategi sosial media untuk bisnis
Dari banyak pembaruan
dan perubahan algoritma selama bertahun-tahun, satu hal yang tetap sama: mendapatkan inbound link adalah tanda bahwa website anda berpengaruh dan mempunyai otoritas.
Hal ini tidak akan berubah - tidak pada
2015
Hari-hari dimana
membangun link pada blog yang tidak relevan dan mengejar banyak link dalam
strategi SEO anda sudah berakhir. Mendapatkan satu link pada website yang relevan
menjadi sangat bernilai untuk beberapa alasan termasuk SEO, menarik trafik
rujukan, lead, penjualan, dan brand eksposur.
Mentarget kata kunci
dan frase pencarian yang tepat
Hari-hari dimana
mentargetkan kata kunci yang luas/umum akan berakhir. Kata kunci tersebut
memang cenderung mempunyai volume pencarian yang lebih besar, tapi tidak
menarik target yang tertarget dan sangat mahal untuk mendapatkan peringkat.
Mentarget
kata kunci long-tail tidak hanya menarik trafik yang tertarget, tapi juga
mempunyai kompetisi yang lebih sedikit. Riset kata kunci dan pemahaman tentang
pola pencarian dan pembelian dari target pelanggan dapat membantu anda mengidentifikasi
istilah dan frase apa saja yang akan anda kejar.
Baca juga: 5 panduan bisnis online untuk pemula
Artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang strategi SEO di tahun 2015? jika anda punya pertanyaaan silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share, like dan retweet artikel ini. Terima kasih!