5 Panduan Bisnis Online untuk Pemula

Jika tujuan anda adalah untuk memulai bisnis online kecil yang menggantikan dan melebihi pendapatan anda sekarang, mungkin artikel ini sangat penting untuk anda baca tahun ini.

Terasa berlebihan, ya?

Panduan di bawah ini telah dilakukan oleh banyak pebisnis online yang sukses di luar sana yang sudah melalui banyak kegagalan dan banyak kesuksesan.

Tidak ada cara yang lebih baik untuk mempelajari bagaimana cara sukses dari seseorang yang telah melakukannya.

Panduan Bisnis Online

Tips #1: Fokuslah pada apa yang terpenting
panduan bisnis online untuk pemula
Apa yang terpenting? Aksi.

Pada awalnya, langsunglah praktek. Jangan terlalu terjebak dalam rincian yang tidak penting.

Berurusan dengan dokumen, kartu nama, dan perlengkapan lainnya tidak mutlak diperlukan, karena ini adalah bisnis online. Simpanlah waktu, kertas, dan uang anda.

Jika anda bertemu seseorang yang ingin tahu lebih tentang anda atau ingin mengunjungi website anda, tanyakan alamat email mereka dan secara aktif follow-up mereka.

Tips #2: Berinvestasilah di edukasi
Apapun bisnis yang anda ingin anda mulai, penjualan eBay, trading forex, affiliate, marketing, atau cara-cara lain untuk mendapatkan uang secara online, selalu ada orang yang sudah memulainya sebelum anda.

Terkadang orang akan menulis tentang apa yang mereka lakukan untuk sukses. Dalam kasus tersebut, jika bisnis mereka sejalan dengan apa yang anda ingin lakukan, jangan takut untuk menginvestasikan uang anda untuk membeli produk mereka.

Rata-rata, pebisnis online menghabiskan jutaan – puluhan juta untuk edukasi non-universitas. Hal tersebut termasuk membeli eBook, buku cetak, seminar, workshop, situs keanggotaan, dll.

Sebagai peraturan umum, keahlian yang paling penting yang dapat anda pelajaru, tidak peduli bisnis apa yang anda mulai, adalah marketing. Saya tidak membedakan antara marketing bisnis online dan offline. Setelah anda belajar marketing anda bisa menggunakannya dimana saja, dengan beberapa penyesuaian tentu saja.


Tips #3: Mintalah bantuan
Jika anda agak introvert seperti saya anda mungkin suka malu-malu ketika meminta bantuan.
Jangan biarkan hal itu menjadi penghalang anda untuk sukses.

Dengan kata lain, rasakan ketakutan itu dan lakukan segera.

Anda akan mengalami penolakan. Banyak orang mungkin tidak akan merespon email, panggilan telpon, atau tweet anda.

Tapi apakah anda tahu? Tidak menjadi masalah!

Memulai bisnis tidak seharusnya mudah. Hal ini akan menjadi filter.

Jika anda berani berbicara dengan cukup banyak orang, anda akan mendapat bantuan yang anda butuhkan. Bahkan anda akan terkejut ada beberapa orang yang begitu terbukanya memberikan anda bantuan yang awalnya paling anda segani dan takut untuk memulai pembicaraan.

Tips #4: Berpartisipasilah dalam komunitas
Apapun niche anda selalu ada komunitas di dalamnya.

Sebagai contoh, ketika waktu itu saya menjual produk di eBay, saya aktif dalam papan pesan eBay, membantu apapun yang saya bisa dan memberikan informasi yang mereka butuhkan, dan saya juga mendapatkan bantuan dari sana.

Sebagai bonus tambahan, ketika saya memutuskan untuk memulai menjual eBook panduan di eBay, tenak siapa yang membantu saya untuk meluncurkan bisnis tersebut? Komunitas yang sama dimana saya berpartisipasi secara gratis selama lebih dari setahun.

Dewasa ini, dimanapun industri anda berkecimpung anda harus menjadi bagian dari sebuah komunitas untuk saling bantu satu sama lain sebagai hubungan timbal baik dan mengembangkan brand bisnis online anda.


Tips #5: Jangan keluar dari pekerjaan utama anda.
Tujuan utama anda mungkin keluar dari pekerjaan kantoran anda, namun jangan terlalu terburu-buru.

Anda akan menemukan banyak cerita orang-orang yang keluar dari pekerjaannya sebelum bisnis mereka benar-benar berjalan, dan apapun alasannya.

Orang-orang yang gagal biasanya karena mereka tidak punya pendapatan untuk men-support modal bisnis mereka dalam tahap start-up. Dan karena mereka tidak menulis tentang kegagalan mereka, anda mungkin tidak pernah mendengar tentang mereka.


Keluarlah dari pekerjaan anda ketika bisnis anda sudah stabil, dan membutuhkan lebih banyak waktu anda dalam pengelolaan.


Artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang panduan bisnis online untuk pemula? Jika anda punya pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share, like, dan retweet artikel ini ya. Terima kasih!