Bagaimana Cara Membuat Landing Page yang Efektif?

Sebuah landing page yang efektif merupakan hal terpenting dalam pemasaran online yang sukses. Penawaran anda mungkin bagus dan tertarget dan iklan PPC anda teroptimasi dengan sempurna, tapi tanpa landing page yang baik, bisnis online anda akan kehilangan banyak peluang. Landing page anda harus efektif dan menarik.

Landing page yang efektif menarik perhatian pengunjung dan mendorong mereka untuk melakuakn koversi (membeli produk, klik iklan anda, dll.). Pelajari bagaimana cara membuat landing page yang efektif dengan tips-tips simpel berikut ini:

Cara membuat landing page efektif

Desain yang bersih dan terorganisir
Penampakan, rasa, dan struktur keseluruhan desain halaman anda akan mempunyai dampak besar dalam keefektifitasan landing page anda dan seberapa baik konversinya. Tujuan utama landing page anda adalah mengkonversi pengunjung, jadi sangat penting semua elemen dalam halaman anda bertujuan untuk mengkonversi, baik itu mengisi form, melakukan pembelian, berlangganan newsletter, atau mengunduh ebook.

Desain landing page yang efektif memanfaatkan warna dan gaambar yang eye-catching. Warna tombol tertentu seperti merah atau hijau dikatakan sangat efektif untuk meningkatkan konversi landing page, tapi yang paling penting pastikan bahwa ada kontras yang kuat antara warna tombol dan background anda. Ada banyak atribut tombol yang harus anda uji untuk memastikan landing page yang bagus – ujilah warna, penempatan, dan ukuran yang harus anda sesuaikan untuk membuat layout landing page yang efektif.



Buatlah minimalis
Pastikan untuk menjaga halaman bersih, dengan navigasi alami dan tidak ada distraksi (seperti pop ups). Landing page yang baik menyediakan semua informasi yang dibutuhkan untuk mendorong pengunjung terkonversi. Terlalu banyak informasi dapat membingungkan pengunjung, jadi buatlah agar terlihat simpel dan menyediakan hanya informasi penting untuk menggiring pengunjung anda terkonversi.  Info yang anda taruh di depan dan tengah harus mudah terlihat dan jelas – landing page yang baik menggunakan poin poin untuk menjelaskan detail dengan singkat, padata, dan jelas.

Artikel terkait: 11 alasan mengapa website anda tidak menjual

Pertimbangkan untuk merangkum informasi apa yang dibutuhkan untuk dilihat para pengunjung website anda pada pandanga pertama, dan informasi tambahan apa yang bisa anda taruh di bawahnya. Sebagian besar pengunjung tahu bahwa mereka bisa scroll ke bawah untuk mencari informasi lebih banyak, jadi jangan takut untuk menambah penjelasan lebih di bagain bawah. Cara lain untuk menambah informasi yang lebih banyak tanpa menjejali pengunjung dengan banyak teks adalah menggunakan video.

Gunakan Header untuk menunjukkan penawaran anda
Landing page yang efektif harus mempunyai penawaran yang kuat dan mampu untuk menjelaskan mengapa penawaran tersebut berharga dengan jelas da ringkas. Headline dan subheading landing page memberikan anda peluang untuk mempromosikan nilai dari penawaran anda. Kebanyakan landing page yang efektif mengkonfirmasi penawaran dengan headline dan penggunaan seubheading yang memancing rasa ingin tahu pengunjung dan memberikan poprsi nilai. Contoh

eBook Twitter Marketing Gratis

Dapatkan follower twitter berkualitas -  cepat!

Bebeapa landing page memulih untuk mendorong proporsi nilai mereka ke headline utama dan menggunakan subheading untuk mendiskusikan penawaran atau produk. Jangan lupa, anda punya waktu 8 detik untuk meyakinkan pengunjung bahwa penawaran anda layak didapatkan.

Pasang sinyal kepercayaan
Landing page yang baik menggunakan sinyal kepercayaan dengan baik, dimana hal tersebut mengindikasikan kepada pengunjung bahwa penawaran dan brand mereka terpercaya. Sinyal kepercayaan ada beberapa bentuk yang berbeda – Testimonial adalah bentuk klasik dari sinyal kepercayaan, menunjukkan kepuasan dari pelanggan sebelumnya untuk meyakinkan pengunjung. Hal ini juga bisa dilakukan dengan penampakan jumlah “like” dan tombol –tombol share yang lain dari berbagai sosial media lain.



Alat sinyal kepercayaan lain yang bisa digunakan adalah “trust badge” . Trust badge seringkali dilambangkan dengan logo brand yang terkenal dan mengakui produk anda layak dan tersertifikasi oleh mereka, menunjukkan bahwa kualitas penawaran dan produk anda terjamin isinya.

Membuat landing page anda mobile friendly
Dewasa ini sangat penting untuk membuat landing page anda mudah dinavigasi pada perangkat mobile, sebanyak 30 persen aktivitas web datang dari perangkat mobile, Ditunjukkan bahwa memiiki website yang mobile friendly dapat menggandakan konversi anda. Landing page anda harus terlihat dan terasa bagus di perangkat mobile.

Baca juga: apa itu mobile marketing?

Pastikan form anda singkat
Ketika pengunjung mendatangi website anda, wajar sebagai marketer online ingin mendapatkan data dari pengunjung mereka. Namun ketika anda ingin membuat landing page yang efektif, less is more. Sangart penting sekali untuk memastikan bahwa pengunjung anda mengisi form sesedikit mungkin. Semakin banyak data yang anda minta, semakin kecil peluang pengunjung untuk mengisi form tersebut. Ingat anda bisa meminta informasi lebih di lain kesempatan.

Modifikasi landing page anda untuk audiens yang berbeda
Jika anda mempunyai penawaran yang bagus dan mempromosikannuya dengan baik, anda akan mendapatkan trafik dari berbagai sumber yang berbeda. Jika memungkinkan, modifikasilah landing page anda untuk audiens yang berbeda. Pengunjung yang datang ke landing page anda dari facebook atau twitter biasanya berbeda dengan pengunjung dari iklan PPC atau newsletter berlangganan anda.

Uji coba                     

Langkah terakhir cara membuat landing page yang efektif adalah uji coba. Landing page yang efektif tidak bisa dibuat tanpa melalui banyak uji coba yang berkelanjutan. Menguji coba dan melacak hasil sangat penting untuk memastikan landing page anda berjalan dengan benar dan bebas dari masalah.