Sebuah landing page
yang efektif merupakan hal terpenting dalam pemasaran online yang sukses. Penawaran
anda mungkin bagus dan tertarget dan iklan PPC anda teroptimasi dengan
sempurna, tapi tanpa landing page yang baik, bisnis online anda akan kehilangan
banyak peluang. Landing page anda harus efektif dan menarik.
Landing page yang
efektif menarik perhatian pengunjung dan mendorong mereka untuk melakuakn
koversi (membeli produk, klik iklan anda, dll.). Pelajari bagaimana cara
membuat landing page yang efektif dengan tips-tips simpel berikut ini:
Cara membuat landing page efektif
Desain yang bersih dan
terorganisir
Penampakan, rasa, dan
struktur keseluruhan desain halaman anda akan mempunyai dampak besar dalam
keefektifitasan landing page anda dan seberapa baik konversinya. Tujuan utama
landing page anda adalah mengkonversi pengunjung, jadi sangat penting semua
elemen dalam halaman anda bertujuan untuk mengkonversi, baik itu mengisi form,
melakukan pembelian, berlangganan newsletter, atau mengunduh ebook.
Desain landing page
yang efektif memanfaatkan warna dan gaambar yang eye-catching. Warna tombol
tertentu seperti merah atau hijau dikatakan sangat efektif untuk meningkatkan
konversi landing page, tapi yang paling penting pastikan bahwa ada kontras yang
kuat antara warna tombol dan background anda. Ada banyak atribut tombol yang
harus anda uji untuk memastikan landing page yang bagus – ujilah warna,
penempatan, dan ukuran yang harus anda sesuaikan untuk membuat layout landing
page yang efektif.
Buatlah minimalis
Pastikan untuk menjaga
halaman bersih, dengan navigasi alami dan tidak ada distraksi (seperti pop ups).
Landing page yang baik menyediakan semua informasi yang dibutuhkan untuk mendorong
pengunjung terkonversi. Terlalu banyak informasi dapat membingungkan
pengunjung, jadi buatlah agar terlihat simpel dan menyediakan hanya informasi
penting untuk menggiring pengunjung anda terkonversi. Info yang anda taruh di depan dan tengah
harus mudah terlihat dan jelas – landing page yang baik menggunakan poin poin
untuk menjelaskan detail dengan singkat, padata, dan jelas.
Artikel terkait: 11 alasan mengapa website anda tidak menjual
Artikel terkait: 11 alasan mengapa website anda tidak menjual
Pertimbangkan untuk
merangkum informasi apa yang dibutuhkan untuk dilihat para pengunjung website
anda pada pandanga pertama, dan informasi tambahan apa yang bisa anda taruh di
bawahnya. Sebagian besar pengunjung tahu bahwa mereka bisa scroll ke bawah
untuk mencari informasi lebih banyak, jadi jangan takut untuk menambah
penjelasan lebih di bagain bawah. Cara lain untuk menambah informasi yang lebih
banyak tanpa menjejali pengunjung dengan banyak teks adalah menggunakan video.
Gunakan Header untuk menunjukkan
penawaran anda
Landing page yang
efektif harus mempunyai penawaran yang kuat dan mampu untuk menjelaskan mengapa
penawaran tersebut berharga dengan jelas da ringkas. Headline dan subheading
landing page memberikan anda peluang untuk mempromosikan nilai dari penawaran anda.
Kebanyakan landing page yang efektif mengkonfirmasi penawaran dengan headline
dan penggunaan seubheading yang memancing rasa ingin tahu pengunjung dan
memberikan poprsi nilai. Contoh
Dapatkan follower
twitter berkualitas - cepat!
Pasang sinyal
kepercayaan
Landing page yang baik
menggunakan sinyal kepercayaan dengan baik, dimana hal tersebut mengindikasikan
kepada pengunjung bahwa penawaran dan brand mereka terpercaya. Sinyal
kepercayaan ada beberapa bentuk yang berbeda – Testimonial adalah bentuk klasik
dari sinyal kepercayaan, menunjukkan kepuasan dari pelanggan sebelumnya untuk
meyakinkan pengunjung. Hal ini juga bisa dilakukan dengan penampakan jumlah “like”
dan tombol –tombol share yang lain dari berbagai sosial media lain.
Alat sinyal
kepercayaan lain yang bisa digunakan adalah “trust badge” . Trust badge
seringkali dilambangkan dengan logo brand yang terkenal dan mengakui produk
anda layak dan tersertifikasi oleh mereka, menunjukkan bahwa kualitas penawaran
dan produk anda terjamin isinya.
Membuat landing page
anda mobile friendly
Dewasa ini sangat
penting untuk membuat landing page anda mudah dinavigasi pada perangkat mobile,
sebanyak 30 persen aktivitas web datang dari perangkat mobile, Ditunjukkan
bahwa memiiki website yang mobile friendly dapat menggandakan konversi anda.
Landing page anda harus terlihat dan terasa bagus di perangkat mobile.
Baca juga: apa itu mobile marketing?
Baca juga: apa itu mobile marketing?
Pastikan form anda singkat
Ketika pengunjung
mendatangi website anda, wajar sebagai marketer online ingin mendapatkan data
dari pengunjung mereka. Namun ketika anda ingin membuat landing page yang
efektif, less is more. Sangart
penting sekali untuk memastikan bahwa pengunjung anda mengisi form sesedikit
mungkin. Semakin banyak data yang anda minta, semakin kecil peluang pengunjung
untuk mengisi form tersebut. Ingat anda bisa meminta informasi lebih di lain
kesempatan.
Modifikasi landing
page anda untuk audiens yang berbeda
Jika anda mempunyai
penawaran yang bagus dan mempromosikannuya dengan baik, anda akan mendapatkan
trafik dari berbagai sumber yang berbeda. Jika memungkinkan, modifikasilah
landing page anda untuk audiens yang berbeda. Pengunjung yang datang ke landing
page anda dari facebook atau twitter biasanya berbeda dengan pengunjung dari
iklan PPC atau newsletter berlangganan anda.
Uji coba
Langkah terakhir cara
membuat landing page yang efektif adalah uji coba. Landing page yang efektif
tidak bisa dibuat tanpa melalui banyak uji coba yang berkelanjutan. Menguji
coba dan melacak hasil sangat penting untuk memastikan landing page anda
berjalan dengan benar dan bebas dari masalah.