Bagaimana Cara Memulai Bisnis Restoran?

Dengan pertumbuhan yang cepat dalam industri kuliner, bisnis restoran adalah salah satu bisnis yang berkembang sangat pesat pada generasi kita sekarang ini. Ini karena meskipun bisnis restoran adalah bisnis yang umum dan banyak orang melakukan, tapi bisnis ini kenyataannya sangat sulit dijalankan. Faktaya banyak restoran yang gagal dalam tahun pertama bisnisnya. Semua aksi selalu ada harganya, membangun restoran dari nol bukanlah hal yang mudah.

Tapi hal ini harusnya tidak mengganggu anda, selalu ada cara untuk menghindari risiko memulai bisnis restoran. Tanpa membuang banyak waktu, dibawah ini adalah paduan langkah demi langkah untuk memulai bisnis restoran sendiri.

Memulai Bisnis Restoran

Bekerja di restoran
memulai bisnis restoran
Salah satu cara untuk mengurangi risiko memiliki bisnis restoran yang gagal adalah mempunyai pengalaman bekerja di restoran sebelum anda memulai sendiri. Banyak pemiik restoran yang sukses mengatakan cara terbaik untuk menyiapkan kepemilikan bisnis anda adalah bekerja di restoran, bagusnya lagi adalah jenis restoran yang sama dengan yang anda buka. Anda tidak hanya akan belajar menangani pelanggan, anda juga akan belajar marketing restoran, pengembangan menu, penggajian dan komponen-komponen penting lainnya di dunia restoran.

Ketahui target pasar anda
Siapa yang anda target untuk makan di restoran anda? Apakah anda menarget keluarga, remaja, mahasiswa, karyawan, atau orang tua? Mengetahui target pasar anda sebelum anda memulai bisnis restoran anda tidak hanya membantu menentukan menu anda. Restoran keluarga, yang melayani orang tua dan anak-anak, mungkin tidak menarik bagi mahasiswa. Di sisi lain, restoran kelas atas dengan penyajian lengkap (pembuka, utama, penutup) tidak akan menarik remaja atau keluarga dengan anak kecil.

Pilih gaya layanan dan konsep makanan
Jenis restoran apa yang ingin anda mulai? Salah satu yang harus anda tentukan adalah gaya layanan seperti apa  yang menarik minat anda. Jika anda golongan orang pagi, anda mungkin lebih cenderung untuk restoran yang melayani sarapan dan makan siang. Di sisi lain, jika anda adalah golongan orang malam anda mungkin bisa membuka restoran/kafe diatas jam 4 sore.

Biasanya, gaya layanan anda akan termasuk fast food, dimana menawakan makanan seperti burger, kentang goreng, hot dog, sandwich; atau skala menengah, restoran pada umumnya yang menyajikan menu masakan dengan harga yang sesuai untuk kalangan menengah; atau kelas atas, dengan layanan penyajian makanan yang lengkap dan suasana high-class dan tentunya harga yang mahal.

Setelah mempersempit pilihan anda dari tiga pilihan tersebut, anda dapaat memilih konsep makanan pilihan anda. Apakah anda ingin menyajikan seafood? Pizza atau masakan jepang? Masakan indonesia atau china? Memilih konsep makanan anda akan sejalan dengan gaya pelayanan anda nantinya.


Membuat bisnis plan
Seperti jenis usaha lainnya, restoran butuh bisnis plan yang singkat. Perencanaan ini harus mencakup: konsep restoran anda secara keseluruhan dan tujuan dari restoran anda, informasi keuangan yang spesifik, deskripsi target pasar anda, menu dan harga, detail peralatan dan karyawan, rencana pemasaran dan iklan.


Membuat menu
Sebuah menu dapat mensukseskan atau menghancurkan restoran, dan harus sesuai dengan keseluruhan konsep restoran. Tinjau kembali bisnis plan anda dan pastikan menu yang anda buat menaruk untuk target pasar anda, terjangkau dalam anggaran anda, dan melengkapi konsep desain restoran anda. Sebagai contoh, jika restoran anda berbasis keluarga, anda membutuhkan menu ana-anak. Jika anda restoran kelas atas, pastikan anda memiliki wine dalam menu anda.

Pilih lokasi dan tata letak
Lokasi, lokasi, dan lokasi adalah sangat vital dalam dunia restoran Sangat penting untuk menemukan lokasi yang dilalui banyak orang secara berkelanjutan, parkir yang nyaman, dan di dekat bisnis yang lain (terutama jika anda melayani pemesanan katering untuk makan siang). Dan jangan lupa untuk meninjau kembali bisnis plan anda untuk memastikan lokasi anda dekat dengan target pasar anda. Jika anda membuka restoran keluarga, bukanlah ide yang bagus untuk membuka di daerah universitas/kampus.

Setelah anda menemukan lokasi yang tepat, tata letak dan desain interior harus diperhitungkan juga. Anda harus mempunyai konsep restoran anda dalam bisnis plan, bawa konsep ini untuk mendesain restoran anda dan sesuaikan dengan menunya.

Mendapatkan pendanaan
Bisnis plan anda akan membantu anda mengukur berapa banyak uang yang anda butuhkan untuk memulai bisnis restoran. Jika anda belum yakin berapa uang yang anda butuhkan untuk memulai, berbicara dengan pemilik restoran lain dapat membantu anda menetukan biaya perkiraan pembukaan restoran anda.


Ada banyak cara calon pemilik restoran membuka bisnisnya, termasuk bantuan pemerintah untuk usaha kecil, likuidasasi aset atau menggunakannya sebagai jaminan pinjaman, atau bekerja sama dengan teman atau keluarga menjadi rekan bisnis sebagai pemilik modal.

Rekrut karyawan
Salah satu tantangan terbesar yang restoran hadapi adalah kurangnya tenaga kerja yang berkualitas. Dalam rangka untuk mendapatkan dan mempertahankan karyawan yang berkualitas, pastikan lowongan pekerjaan anda menyantumkan bahwa anda mencari karyawan yang bertanggunng jawab dan mengerti seluk beluk pelayanan restoran. Tambahan, cari informasi berapa gaji yang dibayarkan restoran lain, jadi anda bisa kompetitif di pasar kerja, tanpa harus membayar lebih mahal untuk gaji.

Memasarkan dan mempromosikan bisnis anda
Jika anda berpikir hanya membuat restoran dan orang akan datang sendiri, anda salah besar. Setiap bisnis membutuhkan rencana pemasaran yang komperehensif dan restoran termasuk di dalamnya. Setelah menentukan budget pemasaran anda, pertimbangkan untuk beriklan di billboard, selebaran, radio dan media cetak. Buatlah website dan sosial media untuk memasarkan secara online. Buat juga stan untuk tester sehingga calon pelanggan anda akan tertarik dan menyebarkan dari mulut ke mulut.


Kesimpulannya, memulai bisnis restoran bukan untuk semua orang. Karena ada banyak pekerjaan yang harus anda kuasai, Tapi dengan pengetahuan industri yang baik, bisnis plan yang tepat dan informasi diatas, anda bisa memulai bisnis restoran yang sukses.