Contoh Bisnis Plan - 8 Hal yang Harus ada Dalam Bisnis Plan

Mencari contoh bisnis plan? Membuat bisnis plan adalah proses rinci yang bersifat menjabarkan dan edukasional. Untuk memulai mencari contoh bisnis plan yang baik dan memutuskan apa tujuan yang akan anda rencanakan. Untuk bisnis yang sudah berjalan membuat bisnis plan adalah kesempatan untuk mengevaluasi kembali margin keuntungan dan fokus pada kegiatan yang berhasil dalam bisnis anda dan memangkas aktivitas atau departemen yang tidak menguntungkan. Untuk bisnis start up membuat bisnis plan adalah kesempatan untuk membangun fokus bisnis anda, memahami industri dan mengevaluasi apakah peluang baru start up ini akan berhasil sebelum menginvestasikan waktu dan uang anda.

Inilah apa yang ingin Anda cari dalam contoh bisnis plan:

Executive Summary - Meskipun sebagian besar bisnis plan memasukkan executive summary pada urutan pertama, Anda bisa saja menulisnya di bagaian terakhir. Executive summary mencakup tujuan perusahaan, misi, dan faktor-faktor yang akan menyukseskan bisnis anda. Bagian ini setidaknya satu atau dua halaman untuk menyoroti bagian yang penting dan menarik.

Perencanan Perusahaan - Deskripsikan perusahaan Anda, sejarahnya, kepemilikan, karya-karyanya. Anggap saja sebagai penguraian rincian pembentukan perusahaan yang legal secara keseluruhan. Bagian ini dapat berguna sebagai pembuktian latar belakang untuk mitra bank jika bisnis Anda melibatkan banyak transaksi perbankan.

contoh bisnis planDeskripsi produk - Apa yang Anda jual. Pada bagian ini cobalah untuk fokus untuk fokus pada manfaat apa yang diberikan untuk pelanggan, bukan hanya fitur produk. Dan tentunya Anda bisa menyertakan produk yang ada saat ini dan produk yang akan dibuat pada masa mendatang.

Analisis Pasar - Bagian yang menunjukkan seberapa banyak Anda tahu pasar Anda: siapa mereka, dimana mereka, dan bagaimana untuk menjangkau mereka. Anda juga mungkin ingin menyertakan faktor industri di sini, seperti persaingan, tren, dan pola bisnis.

Strategi dan implementasi ringkasan - Implementasi sangat penting. Anda dapat memiliki rencana bisnis yang sempurna tetapi sekali Anda gagal dalam pelaksanaan (atau perencanaan pelaksanaan), seluruh bisnis anda akan gagal juga. Selalu lacak tanggal, anggaran, siapa yang bertanggung jawab untuk apa, dan semuanya.

Rencana website - Bagian ini adalah opsional; terbatas pada pemasaran web dan promosi. Tetapi dengan raihan dan pencapaian yang luar biasa dari pembuatan website, Anda dapat dengan mudah meningkatkan reputasi perusahaan Anda.

Struktur manajemen dan paradigma - Sama seperti sejarah keuangan perusahaan bisa sangat berharga untuk bank, tim manajemen Anda dapat menarik investor jika itu tujuan bisnis plan Anda. Dari bagian tenaga kerja sampai ke bagian manajemen, semuanya dirangkum di sini.

Rencana Keuangan - Semua data numerik dan analisis ada dalam kategori ini. Salah satu bagian yang sangat penting di sini adalah cash flow. Bagian ini adalah di mana semua tabel, grafik benar-benar bisa membuat perbedaan.


Sebuah contoh bisnis plan yang baik mencakup semua ini dan mungkin lebih. Tapi jangan bergantung hanya pada contoh. Mungkin ada sampel ahli di luar sana, tapi bisnis plan Anda harus cocok dengan bisnis Anda. Anda tidak bisa bergantung dengan terlalu banyak pada sampel dan akhirnya menulis bisnis plan yang terlihat seperti template. Bisnis plan Anda harus fokus pada bisnis Anda, bagaimana mengalokasikan sumber daya Anda, fokus pada poin-poin penting tertentu, dan mempersiapkan Anda dan bisnis Anda untuk setiap masalah atau peluang yang mungkin timbul di masa depan. Ketika mencari contoh bisnis plan perlakukan sebagai panduan, dan fokuskan waktu anda untuk riset industry dan audiens anda.