5 Elemen dari Franchise Sukses

Anda ingin membeli franchise yang sempurna. Saya tidak akan melarang anda.

Mungkin saja hal tersebut akan mengeliminasi banyak risiko. Tapi, bukankah akan terasa sangat membosankan?

Sekarang, anda tahu dalam hati anda bahwa franchise yang sempurna itu tidak ada. Tapi jika benar-benar ada, terlihat seperti apakah franchise sempurna tersebut?

Untuk franchise bisa dikatakan sukses, ada beberapa hal yang perlu dimiliki franchise tersebut. Apa saja itu?


Kunci Franchise sukses

Sistem bisnis yang powerful
elemen franchise sukses
Sebuah franchise tanpa sistem bisnis bukanlah franchise. Itu adalah sebuah bisnis yang diambang kematian.

Maka dari itu, model bisnis franchise yang sukses semuanya berfokus pada sistem, temasuk sistem dalam sistem,

Ketika anda mencari franchise yang ingin anda beli, pastikan anda mengetahui seberapa kuat sistem mereka. Karena hal tesebut adalah bagian yang anda bayar.

Kekuatan brand yang serius
Kebanyakan orang yang sudah lama terjun ke dunia bisnis selama bertahun-tahun mengatakan sangat tertarik dengan franchise dengan brand yang terkenal.

Tapi, franchise dengan brand besar lebih susah untuk dibeli.

Bukan saja mereka lebih mahal daripada franchise yang belum punya nama brand yang bagus (dalam beberapa kasus) tapi mungkin saja mereka tidak memiliki lokasi yang tersedia pada daerah anda.

Jika sebuah franchise dikatakan “brandnya bagus” itu berarti mereka sangat populer. Hal tersebut juga berarti franchise tersebut sudah ada pada waktu yang lama. Dan itulah mengapa menemukan lokasi yang tepat adalah sebuah tantangan bagi anda.


Inovasi
Untuk peluang bisnis franchise sukses bertahan pada era yang serba cepat ini, kantor perusahaan harus selalu mencari cara untuk berinovasi.

Pelanggan dewasa ini suka sekali mencoba hal-hal baru. Contoh kasus: McDonald’s. Anda bisa pergi ke McDonald’s dan memesan Big Mac. Anda juga bisa menemukan hal yang unik seperti McSpaghetti dan McFloat, menu-menu tersebut meruapakan menu utama. Tapi anda bisa melihat inovasi McDonalds menyediakan McCafe dengan suasana kafe bar dan melihat proses pembuatan kopi langsung dari pembuat kopi disana.

Franchise yang terus berinovasi adalah franchise yang meningkatkan peluang sukses untuk cabang franchise dan brandnya.

Pelatihan franchise yang kuat
Jika anda akan membuka franchise, anda perlu merasa percaya diri dalam menjalankan bisnis anda.

Satu-satunya cara untuk merasa percaya diri adalah mendapat pelatihan. Pelatihan yang anda terima dari pemilik franchise (franchisor) anda sangatlah penting. Pelatihan ini harus meliputi semua aspek dan menjawab semua pertanyaan anda. Anda harus mengetahui segala sesuatu tentang operasi franchise anda sehari-hari, dan tidak kaget kalau ada masalah yang tidak ada duga sebelumnya. Ingat, anda membeli sistem bisnis yang terbukti. Itu adalah janji franchisor yang harus ditepati.                                                                                                     

Franchisees yang kaya
Franchise yang sukses mempunyai pembeli franchise (franchisees) yang kaya.

Tentu saja, beberapa dari mereka sudah kaya sebelumnya, sebelum memiliki franchise. Franchisor yang bagus adalah yang berfokus pada keuntungan franchisee-nya. Franchisor yang mempunya banyak franchisee yang menguntungkan akan selalu bertumbuh.

Belajar dari franchisee-franchisee yang sukses dan terus menggali potensi franchise anda menuju kesuksesan. Binsnis franchise bukan franchise yang sempurna, tidak benar-benar ada peluang bisnis franchis yang sempurna.

Tapi mungkin anda akan menemukan franchis yang berpotensi untuk sukses ada di dekat anda.

Mereka ada di luar sana.