8 Peluang Bisnis Kopi yang Menguntungkan

Apakah anda terampil dalam membuat kopi? Apakah anda tertarik memulai bisnis berbasis kopi tapi anda kehabisan ide? Dibawah ini adalah 8 peluang bisnis kopi yang bisa anda lakukan mulai dari rumah.

Menurut Eric Goldschein dalam artikelnya yang berjudul “11 fakta menakjubkan tentang industri kopi global”, industri kopi bernilai lebih dari 100 milyar US dollar.

Fakta tentang Industri Kopi:
  • Komoditas yang paling dicari setelah minyak mentah adalah kopi
  • Kopi banyak dikonsumsi di negara-negara maju tetapi diproduksi oleh negara berkembang
  • Lebih dari 500 milyar cangkir kopi dikonsumsi di dunia setiap hari
  • Lebih dari 25 juta orang bergantung pada pertanian kopi sebagai mata pencaharian
  • Ada ratusan rasa kopi di dunia, tapi hanya ada dua jenis kopi – Kopi Arabika dan Kopi Robusta
  • Dalam bisnis restoran, kedai kopi adalah pasar yang paling cepat berkembang di dunia.
Jadi, apa yang membuat kopi beitu penting dan menjadi barang yang paling dicari di seluruh dunia?

Manfaat Kopi untuk kesehatan:

  • Kopi mempunyai properti antioksidan yang bermanfaat untuk memperlamabat proses penuaan
  • Kopi terlah terbukti mencegah beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung dan diabetes
  • Kopi mengandung kafein yang menstimulasi dan meningkatkan energi. Kopi dapat meningkatkan mood, meningkatkan kinerja otak dan kognitif.
  • Ya, kopi membakar lemak. Bagaimana? Kopi meningkatkan tingkat metabolisme sampai 11% dimana membantu dalam pembakaran lemak
  • Kopi mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh seperti Riboflavin, Asam Pantothenic, Mangan, Potassium, Magnesium, dan Niacin
  • Kopi dapat mencegah dementia, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, kanker, strok, dan penyakit hati

Jadi, sekarang anda tahu betapa baik kopi untuk kesehatan, bagaimana anda bisa mendapatkan uang dari industri kopi? Inilah 8 peluang bisnis kopi yang menguntungkan:

Peluang Bisnis Kopi yang Menguntungkan

Memproduksi Kopi Anti-Aging
peluang bisnis kopi yang menguntungkan
Seperti yang disebutkan sebelumnya, kopi mempunyai properti antioksidan dimana menjadi perhatian bagi dunia kesehatan dan fashion. Banyak pria dan wanita akan melakukan apapun untuk tetap muda dan sehat. Secangkir kopi mengandung 350mg senyawa phenolic dimana bisa mencegah penuaan.

JIka anda tahu beberapa bahan lain yang tercampur dengan baik dengan kopi dan membantu mencegah penuaan, anda bisa menambahkannya dan mulai membuat merk kopi anti-aging anda sendiri. Anda akan terkejut berapa banyak orang yang akan berlangganan kopi anda.

Kopi Penurun Berat Badan
Seperti yang disebutkan sebelumnya, copi membantu menurunkan berat badan. Ada banyak merk kopi penurun berat badan di pasaran dan mereka membuat penjualan tinggi di seluruh dunia. Anda juga bisa membuat merk kopi penurun berat badan anda sendiri.

Kedai kopi (kafe)
Ini adalah bisnis paling populer di industri kopi. Sebagian besar orang di Indonesia memanfaatkan kedai kopi untuk nongkrong dan menikmati secangkir kopi, atau biasanya untuk orang kantoran yang belum sempat minum kopi dari rumah untuk menghindari telat kerja.

Ini adalah satu alasan mengapa kedai kopi membuat banyak penjualan karena banyak orang yang memesan kopi di pagi hari dan ketika jam makan siang. Kedai kopi juga biasa digunakan sebagai tempat meeting. Anda bisa menambakan penjualan cake atau snack ke dalam bisnis kedai kopi anda.

Mobil Kopi Keliling
Ide bisnis ini sedang ngetrend di Amerika dimana mempermudah orang untuk membeli kopi. Pemilik mobil kopi keliling menghasilkan ribuan dollar dari penjualan kopi perbulannya.


Petani Kopi
Kebun kopi merupakan sumber pendapatan yang bagus. Anda bisa memulai kebun kopi anda sendiri dan menjual biji kopi mentah kepada individu atau pabrik yang akan menggunakan biji itu untuk diolah dan memproses kopi untuk dijual ke konsumen

Kedai Kopi Ramah Lingkungan
Anda juga bisa membuat kedai kopi ramah lingkungan, Kedai kopi ramah lingkungan yang juga bisa disebut green coffee shop yang menyediakan tempat untuk orang yang ingin menikmati kopi dalam lingkungan yang bersahabat atau ramah lingkungan.

Produksi Kopi Kemasan
Minuman kopi bagus untuk stimulan dan sumber energi. Anda dapat memulai minuman kopi kemasan untuk dijual secara komersial, mulailah dari orang-orang terdekat anda.

Menjual Benda yang Berhubungan dengan Kopi
Ide bisnis lain dalam industri kopi adalah menjual peralatan  dan barang yang biasa digunakan untuk membuat kopi seperti mesin penggiling kopi, cangkir kopi, dispenser kopi, dll.

Kesimpulannya, kunci untuk menjalankan dan mengelola bisnis kopi adalah pelayanan pelanngan. Kopi meungkin terlihat sebagai produk makanan yang murah dan menjalankan bisnisnya dengan mudah, tapi ada banyak komeptisi yang menunggu, dengan banyaknya orang-orang yang memulai bisnis ini pertahunnya. Jadi, jika anda ingin sukses dalam berbisnis kopi, anda harus memastikan untuk selaliu menempatkan pelanggan di urutan pertama dan selalu cari cara untuk memuaskan mereka lebih baik lagi.


Artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang peluang bisnis kopi yang menguntungkan? Jika anda punya pertanyaan silahkan tulis pada bagian komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share, like, dan retweet artikel ini ya. Selamat berbisnis!




IBX5B627F64244B2