Sebuah situs web yang
didesain dengan baik secara organik akan menumbuhkan perusahaan dan memperkuat
branding.
Studi dari Nielsen
Norman Group menemukan bahwa pengguna bertahan pada setiap website rata-rata 10
sampai 20 detik. Pengunjung yang bertahan lama ketika mereka menemukan sesuatu
yang menarik mereka pada pandangan pertama mengunjungi website. Untuk sebuah
bisnis, setiap detik sangat berarti.
Beberapa faktor bisa
saja dapat mengurangi nilai website tanpa anda sadari. Berikut ini adalah 11
masalah yang berpengaruh pada presentasi website dan bagaimana cara mengatasi
masalah tersebut secepatnya untuk membantu menarik keterlibatan pengguna dan
trafik website yang lebih baik.
Alasan website tidak menjual?
Visual yang
berkualitas rendah
Sudah banyak yang
menulis tentang kekuatan visual dalam komunikasi. Dalam studi pada tahun 1986
oleh University of Minnesota Pusat Riset Sistem Manajemen Informasi menemukan
bahwa menggunakan bantuan visual yang lebih baik menambah ketertarikan sebuah
website sebanyak 43 persen. Potensi sebuah website dapat tertahan jika
dipresentasikan dengan visual berkualitas rendah.
Govind Agarwal,
seorang ahl pemasaran menyarankan untuk menampilkan foto kualitas tinggi (HD)
untuk menarik minat pengunjung, meningkatkan social share, dan bahkan meningkatkan SEO secara keseluruhan jika
gambar di-tag dengan tepat. Labnol.org menawarkan dimana saja tempat untuk
menemukan gambar prrofesional yang gratis.
Kurang atau tidak
adanya review dan testimonial
JIka sebuah website
bisnis tidak mempunyai testimonial, sebuah bisnis sudah kehilangan alat
marketing yang paling mudah dan efektif. Pelanggan sudah bisa membeda-bedakan.
Hanya memberi tahu mereka tentang kekuatan/kelebihan produk/jasa anda sudah tidak
cukup. Testimonial dapat membantu anda menciptakan kepercayaan pada penawaran
perusahaan dan memadamkan kekhawatiran ketika pelanggan akan melakukan
pembelian.
Kurangnya skema warna
yang impresif
Faktor lain mengapa
penjualan dari website perusahaan begitu lemah adalah karena skema warna. Banyak
penelitian sedang dilakukan pada informasi visual yang terkait pada rona. Banyak
entrepreneur mungkin sudah mengetahui apa
pentingnya sebuah branding.
Artikel terkait: cara menarik pelanggan dengan visual branding
Brand yang powerful memisahkan diri dari
persaingan dan membuat bisnisnya secara instan dikenali oleh para konsumen. Tapi
website bisa kehilangan kredibilitasnya dengan pelanggan jika website tersebut
dihiasi dengan skema warna yang tidak impresif
Informasi yang sudah
usang
Scroll ke bawah menuju
bagian dasar halaham website menuju tanggal copyright tertera. Apakah masih
baru-baru ini? Menurut Small Business Trends, penampilan website yang terlihat
usang membunuh minat pelanggan.
Klien/pengunjung/pelanggan
ingin melihat perusahaan tersebut melakukan upaya untuk terus update. Ini
termasuk secara reguler menambah konten baru yang masih fresh.
Sulit ditemukan
Website terbaik dunia
akan tidak ada gunanya jika sulit ditemukan. Seorang entrepreneur butuh banyak
tahu tentang Search Engine Optimization (SEO) untuk mengembangkan sebuah website
yang mudah ditemukan pada search engine dan pelanggan. Gwen Moran
merekomendasikan untuk menggunakan nama domain yang kuat mengoptimalkan judul
halaman secara akurat untuk merekflesikan konten di dalamnya dan menggunakan
kata kunci secara efektif.
Artikel terkait: 5 cara meningkatkan SEO website
Tidak bersahabat
dengan perangkat mobile
Website bisnis
meungkin menyerupai sebuah karya seni ketika dibuka di dekstop, tapi jika tidak
tampak dan berfungsi dengan baik pada perangkat mobile, perusahaan akan
kehilangan segmen yang sangat berkembang dari online audiens. Shopify, platform
ecommerce terkemuka, melihat data dari 100.000 website yang menggunakan
platform mereka dan emnemukan lebih dari 50 persen orang yang berbelanja adalah
melalui perangkat mobile. Pastikan website anda responsif.
Waktu load yang lama
Audiens digital sangat
tidak sabaram. Bahkan jika website anda berisi media yang sangat menawan,
website tersebut akan mengalami high
bounce rate jika halaman tersebut terlalu lama loading untuk pembaca.
Pengunjung website sangat menghargai waktu mereka, jadi bangunlah website yang
cepat yang melayani kebutuhan mereka. Kompresi gambar dan file-file yang besar
adalah cara termudah untuk menjamin waktu load yang lebih cepat. Gunakan alat
seperti Smush untuk mengompresi files dan mengoptimasi performa website anda.
Audio atau video auto
play
Salah satu cara untuk
mengganggu kenyamanan pengunjung website adalah mengatur audio dan video secara
autoplay. Troy Dreier, editor senior dari StreamingMedia.com, menulis, “kebanyakan
website terlalu banyak menggunakan autoplay, da itu merusak citra dari industri
video online.” Untuk meminimalisir gangguan kepada pengunjung anda, batasi klip
hingga 5 detik atau kurang atau sediakan tombol pause jika berjalan untuk waktu
yang lama.
Membutuhkan pendaftaran
terlebih dahulu
Memasa pengguna untuk
mendaftar pada website perusahaan sebelum mereka dapat mengakses konten dapat
mengurangi keterlibatan. Hal ini menempatkan rintangan buatan antara pelanggan
dan produk perusahaan. Form pendaftaran secara agresif membuat pembaca ragu-ragu
untuk menuliskan data pribadi mereka karena ketakutan mereka akan menerima
spam. Buatlah setiap kunjungan berarti dan jangan pojokkan pengguna melakukan
apapun yang membuat mereka tidak nyaman.
Fokus yang salah arah
Pelanggan ingin
pengalaman dalam website bisnis tersebut terfokuskan pada mereka. Ini berarti
termasuk bagian yang menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dan memenuhi kebutuhan mereka. Cara termudah adalah memasukkan halaman FAQ (halaman hal yang
sering diitanyakan).
The Content Marketing Institute merekomendasikan untuk
menyorot pertanyaan populer (penting dan sering ditanyakan), dengan jawaban
yang tepat waktu dan mebuat arsipnya mudah ditemukan. Jika memungkinkan,
sederhanakan cara ini dengan membuat jawaban-jawaban tersebut hanya dengan satu
klik. Pelanggan ingin informasi yang cepat dan berguna.