Apa itu Mobile Marketing?

Karena smartphone makin menjadi andalan setiap orang untuk berkomunikasi dan interaksi online dengan konsumen di seluruh dunia, banyak perusahaan beralih menggunakan metode mobile marketing, mengirim iklan langsung ke smartphone dalam bentuk pesan teks.

Mobile marketing adalah peluasan dari istilah internet marketing, yang sangat tergantung dalam bentuk marketing yang meminta persetujuan dari pengguna. Dalam rangka untuk memasarkan secara aktif ke dalam perangkat mobile, perusahaan pertama kali harus mendapatkan nomor telepon pelanggan, yang umumnya hanya dapat dilakukan dengan meminta nomor telepon sebagai bagian dari pelayanan informasi atau menjanjikan reward untuk pelanggan.

Mobile marketing terdiri dari iklan yang muncul pada perangkat mobile, seringkali dalam bentuk pesan teks. Mengingat fakta bahwa sebagain besar pengguna biasanya enggan untuk memberikan nomornya kepada perusahaan jika itu berarti berurusan dengan munculnya iklan, banyak dari pelangfan memberikan nomor teleponnya karena bisa menghentikan layanan ini jika sudah dirasa tidak diperlukan lagi.

Penggunaan umum dari mobile marketing

Perusahaan - perusahaan menggunakan metode mobile marketing dalam berbagai cara yang menghubungkan mereka secara langsung dengan pelanggan, Beberapa pelanggan rela memberikan nomor teleponnya kepada pengiklan. Metode yang paling traditional untuk mendorong agar pelanggan berlangganan mobile marketing adalah dengan cara menawarkan diskon atau pelayanan gratis ketika mereka mau menerima pesan mobile marketing dari perusahaan.

apa itu mobile marketing

Banyak perusahaan menggunakan mobile marketing sebagai cara untk melibatkan audiens, menanyakan pertanyaan atau memberi tahu tentang event yang akan diadakan. Apakah perusahaan mempunyai promo terbaru, kupon harian, atau produk baru, penggunaan pesan teks merupakan metode yang populer untuk memberikan informasi kepada pelanggan. Pesan yang secara aktif melibatkan penerima pesan dan bukan cuma beriklan satu arah akan mendapatkan hasil yang baik dan lebih sedikit yang memutuskan untuk berhenti berlangganan.


Tren mobile marketing
Menurut studi pada tahun 2008 oleh Experian, The Standard, MarketTree dan Cellnumbers.com, lebih dari 75 milyar SMS dikirimkan setiap bulannya, melebihi jumlah dua kali lebih banyak dari pengguna email aktif. Sama seperi perusahaan yang membuatuhkan komputer dengan koneksi internet, statistik penggunaan perangkat mobile mengindikasikan pentingnya untuk menarik para pengguna perangkat mobile. Studi ini juga menyampaiakan beberapa informasi penting yaitu:

  • 60 persen populasi dunia (lebih dari 4 milyar) merupakan pelanggan mobile marketing
  • 10 persen pesan SMS adalah spam (perbandingannya dengan 65 persen pesan yang masuk email)
  • 98 persen perangkat mobile mempunyai kemampuan untuk mengirimkan SMS
  • Pengguna pesan teks rata-rata mengirikmkan lebih dari 400 pesan per bulan



Mobile marketing, adalah salah satu metode untuk mencapai pelanggan modern, dibuktikan dengan cara yang efektif untuk melibatkan dan menginformasikan pelanggan tentang penjualan-penjualan dan update event perusahaan

Layanan mobile marketing
Cara kerja layanan mobile marketing yaitu mengirimkan pesan secara masal kepada daftar nomor pelanggan dengan biaya bulanan yang rendah. Layanan ini termasuk kemampuan untuk mengirimkan satu pesan ke salah satu pelanggan dalam daftar nomor telepon. Karena banyak pelanggan mempunyai layanan paket SMS maupun gratis ini membuktikan mobile marketing sebagai metode efektif dan murah untuk tehubung langsung dengan pelanggan.

Tidaklah cukup hanya dengan mengirimkan ribuan pesan teks. Jika tidak ada alat pelaporan kemana pesan terkirim, interaksi apa yang terjalin dan respon apa yang diterima, mobile marketing akan kehilangan banyak potensinya. Sebagian besar layanan mobile marketing menyediakan laporan yang memungkinkan anda untuk melacak setiap pesan untuk membangun interaksi baik dengan audiens  dan merespon balasan pesan mereka daripada hanya terus mengrimkan pesan tanpa mau melayani pertanyaan dan respon pelanggan.

Layanan mobile marketing yang paling populer adalah perusahaan seperti SUMOTEXT, Ez Texting dan Trumpia atau anda bisa membuat program mobile marketing anda sendiri dengan bantuan programmer berupa SMS gateway atau SMS broadcast.