Karena smartphone
makin menjadi andalan setiap orang untuk berkomunikasi dan interaksi online
dengan konsumen di seluruh dunia, banyak perusahaan beralih menggunakan metode mobile
marketing, mengirim iklan langsung ke smartphone dalam bentuk pesan teks.
Mobile marketing
adalah peluasan dari istilah internet marketing, yang sangat tergantung dalam bentuk
marketing yang meminta persetujuan dari pengguna. Dalam rangka untuk memasarkan
secara aktif ke dalam perangkat mobile, perusahaan pertama kali harus mendapatkan
nomor telepon pelanggan, yang umumnya hanya dapat dilakukan dengan meminta nomor
telepon sebagai bagian dari pelayanan informasi atau menjanjikan reward untuk pelanggan.
Mobile marketing
terdiri dari iklan yang muncul pada perangkat mobile, seringkali dalam bentuk
pesan teks. Mengingat fakta bahwa sebagain besar pengguna biasanya enggan untuk
memberikan nomornya kepada perusahaan jika itu berarti berurusan dengan
munculnya iklan, banyak dari pelangfan memberikan nomor teleponnya karena bisa
menghentikan layanan ini jika sudah dirasa tidak diperlukan lagi.
Penggunaan umum dari mobile marketing
Perusahaan - perusahaan menggunakan metode mobile marketing dalam berbagai cara yang menghubungkan mereka secara langsung dengan
pelanggan, Beberapa pelanggan rela memberikan nomor teleponnya kepada pengiklan.
Metode yang paling traditional untuk mendorong agar pelanggan berlangganan
mobile marketing adalah dengan cara menawarkan diskon atau pelayanan gratis
ketika mereka mau menerima pesan mobile marketing dari perusahaan.
Banyak perusahaan
menggunakan mobile marketing sebagai cara untk melibatkan audiens, menanyakan
pertanyaan atau memberi tahu tentang event yang akan diadakan. Apakah perusahaan mempunyai promo terbaru, kupon harian, atau produk baru,
penggunaan pesan teks merupakan metode yang populer untuk memberikan informasi
kepada pelanggan. Pesan yang secara aktif melibatkan penerima pesan dan bukan cuma
beriklan satu arah akan mendapatkan hasil yang baik dan lebih sedikit yang memutuskan
untuk berhenti berlangganan.
Artikel terkait: cara meningkatkan loyalitas pelanggan
Tren mobile marketing
Menurut studi pada
tahun 2008 oleh Experian, The Standard, MarketTree dan Cellnumbers.com, lebih
dari 75 milyar SMS dikirimkan setiap bulannya, melebihi jumlah dua kali lebih
banyak dari pengguna email aktif. Sama seperi perusahaan yang membuatuhkan
komputer dengan koneksi internet, statistik penggunaan perangkat mobile
mengindikasikan pentingnya untuk menarik para pengguna perangkat mobile. Studi
ini juga menyampaiakan beberapa informasi penting yaitu:
- 60 persen populasi dunia (lebih dari 4 milyar) merupakan pelanggan mobile marketing
- 10 persen pesan SMS adalah spam (perbandingannya dengan 65 persen pesan yang masuk email)
- 98 persen perangkat mobile mempunyai kemampuan untuk mengirimkan SMS
- Pengguna pesan teks rata-rata mengirikmkan lebih dari 400 pesan per bulan
Baca juga: 4 trik email marketing yang efektif
Mobile marketing,
adalah salah satu metode untuk mencapai pelanggan modern, dibuktikan dengan
cara yang efektif untuk melibatkan dan menginformasikan pelanggan tentang penjualan-penjualan
dan update event perusahaan
Layanan mobile
marketing
Cara kerja layanan
mobile marketing yaitu mengirimkan pesan secara masal kepada daftar nomor
pelanggan dengan biaya bulanan yang rendah. Layanan ini termasuk kemampuan untuk
mengirimkan satu pesan ke salah satu pelanggan dalam daftar nomor telepon.
Karena banyak pelanggan mempunyai layanan paket SMS maupun gratis ini
membuktikan mobile marketing sebagai metode efektif dan murah untuk tehubung
langsung dengan pelanggan.
Tidaklah cukup hanya
dengan mengirimkan ribuan pesan teks. Jika tidak ada alat pelaporan kemana
pesan terkirim, interaksi apa yang terjalin dan respon apa yang diterima, mobile
marketing akan kehilangan banyak potensinya. Sebagian besar layanan mobile
marketing menyediakan laporan yang memungkinkan anda untuk melacak setiap pesan
untuk membangun interaksi baik dengan audiens
dan merespon balasan pesan mereka daripada hanya terus mengrimkan pesan
tanpa mau melayani pertanyaan dan respon pelanggan.
Layanan mobile
marketing yang paling populer adalah perusahaan seperti SUMOTEXT, Ez Texting dan Trumpia atau anda bisa membuat program
mobile marketing anda sendiri dengan bantuan programmer berupa SMS gateway atau
SMS broadcast.