8 Fitur Facebook untuk Berbisnis

Facebook memberikan sejumlah fitur yang melebihi fitur pada media soial lainnya. Mulai dari media periklanan sampai marketing media sosial, sejumlah fitur ini dapat sangat membantu untuk bisnis yang ingin membuat dampak besar dan keterlibatan dalam dunia intenet.

Berikut adalah 8 fitur facebook yang harus Anda gunakan untuk meningkatkan bisnis anda:

Fitur Facebook untuk Berbisnis

Page Insight
Seperti Google Analytics, Facebook juga menyediakan data metrik, yang memungkinkan untuk memantau kinerja business page yang anda buat

Page Insight memungkinkan administrator untuk melihat berapa orang yang menekan tombol LIKE pada business page, jumlah orang yang melihat post dan data demografis tentan pembaca halaman. Yang paling penting, halaman ini mendeskripsikan konten yang seperti apa yang melibatkan banyak pembaca.

Hashtags
Hashtags berkaitan dengan platform seperti Twitter, hashtagging (menandai kata kunci dengan simbol #) adalah sebuah fitur media sosial paling esensial yang memungkinkan anda untuk ikut dalam pembicaraan/isu dalam lingkup yang lebih besar.


Baru-baru ini diperkenalkan oleh Facebook, praktiknya yaitu menciptakan tautan yang dapat di-klik yang akan membawa postingan anda tergabung dalam topiik yang berkaitan, bahkan diluar jejaring lingkaran pertemanan dan fans anda. Sebagai contoh, hashtagging #marketing akan membawa postingan anda menuju orang-orang yang tertarik dengan bisnis dan strategi marketing.

Stock Photography
Facebook baru-baru ini menjalin kemitraan dengan Shutterstock, sebuah pasar fotografi bebas royalti populer, untuk menyediakan jutaan stok gambar untuk bisnis kecil untuk terintegrasi dengan iklan Facebook dan posts.

Tanpa biaya tambahan, pengguna mempunyai akses tak terbatas menuju perpustakaan berlisensi milik Shutterstock, lengkap dengan kemampuan mesin pencari dan alat pembuatan iklan Facebook.

Pages Manager App
Aplikasi gratis Facebook untuk Android dan iOS memungkinkan dan memudahkan admin page untuk posting konten dari perangkat mobile mereka.

Pengguna dapat tetap up-to-date dengan perkembangan tebaru dari page mereka, mengatur event, dan mengunggah banyak foto dalam satu post. Versi terakhir dapat anda temui pada Apple App Store dan Google Play Store.


Scheduled Posts
Ingin menjaga  aliran konten dan trafik tapi anda tidak punya waktu untuk terus memantau page anda? Facebook kini memungkinkan anda untuk menjadwalkan post muncul dalam waktu tertentu.

Ketika ingin menciptakan post yang muncul dalam waktu tertentu. Klik ikon jam pada kiri bawah atau dekat tombol post, dan masukkan kapan waktu post anda akan tampil secara terjadwal. Post dapat dijadwalkan dengan interval sebesar 10 menit.

Promoted Posts
Ini adalah fitur paling efektif untuk bisnis kecil yang ingin mempromosikan konten mereka dan tidak punya banyak dana untuk beriklan.

Butuh sedikitnya US $5 per post, konten yang dipromosikan dilabeli “sponsored dan akan muncul lebih sering pada newsfeed target audiens anda dalam jangka waktu tertentu. Fitur ini memberikan peluang lebih baik agar audiens anda terlibat dalam post yang anda tampilkan.

Graph Search
Versi tebaru dari bar pencarian Facebook meliputi hasil pencarian diluar jaringan petemanan dan fans anda.

Facebook Graph Search mengumpulan data pengguna dan menyediakan hasil pencarian yang dipersonalisasi berdasarkan minat dan koneksi anda, meungkinkan bisnis anda tampil pada pencarian yang dioptimalan pada audiens spesifik.

Places
Facebook memperbarui fitur lokasi yang memungkinkan pengguna untuk menambah lokasi spesifik pada post dan foto mereka menggunakan teknologi GPS.

Dengan menambahakan bisnis sebagai tempat, pengguna dapat check in  ketika datang pada suatu tempat, memberikan notifikasi pada linimasa mereka, dan pada dasarnya mempromosikan bisnis anda sambil memberi tahu lokasi bisnis anda.

Artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang fitur facebook untuk berbisnis? Jika anda punya pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar di bawah. Jangan lupa like, share, dan retweet artikel ini. Terima kasih!