Facebook memberikan sejumlah
fitur yang melebihi fitur pada media soial lainnya. Mulai dari media periklanan
sampai marketing media sosial, sejumlah fitur ini dapat sangat membantu untuk
bisnis yang ingin membuat dampak besar dan keterlibatan dalam dunia intenet.
Berikut adalah 8 fitur
facebook yang harus Anda gunakan untuk meningkatkan bisnis anda:
Fitur Facebook untuk Berbisnis
Page Insight
Seperti Google
Analytics, Facebook juga menyediakan data metrik, yang memungkinkan untuk
memantau kinerja business page yang anda buat
Page Insight
memungkinkan administrator untuk melihat berapa orang yang menekan tombol LIKE
pada business page, jumlah orang yang melihat post dan data demografis tentan
pembaca halaman. Yang paling penting, halaman ini mendeskripsikan konten yang
seperti apa yang melibatkan banyak pembaca.
Hashtags
Hashtags berkaitan
dengan platform seperti Twitter, hashtagging
(menandai kata kunci dengan simbol #) adalah sebuah fitur media sosial paling
esensial yang memungkinkan anda untuk ikut dalam pembicaraan/isu dalam lingkup
yang lebih besar.
Artikel terkait: mengapa follower twitter palsu tidak baik untuk bisnis
Baru-baru ini
diperkenalkan oleh Facebook, praktiknya yaitu menciptakan tautan yang dapat
di-klik yang akan membawa postingan anda tergabung dalam topiik yang berkaitan,
bahkan diluar jejaring lingkaran pertemanan dan fans anda. Sebagai contoh, hashtagging #marketing akan membawa
postingan anda menuju orang-orang yang tertarik dengan bisnis dan strategi
marketing.
Stock Photography
Facebook baru-baru ini
menjalin kemitraan dengan Shutterstock, sebuah pasar fotografi bebas royalti
populer, untuk menyediakan jutaan stok gambar untuk bisnis kecil untuk
terintegrasi dengan iklan Facebook dan posts.
Tanpa biaya tambahan,
pengguna mempunyai akses tak terbatas menuju perpustakaan berlisensi milik
Shutterstock, lengkap dengan kemampuan mesin pencari dan alat pembuatan iklan Facebook.
Pages Manager App
Aplikasi gratis Facebook
untuk Android dan iOS memungkinkan dan memudahkan admin page untuk posting
konten dari perangkat mobile mereka.
Pengguna dapat tetap
up-to-date dengan perkembangan tebaru dari page mereka, mengatur event, dan
mengunggah banyak foto dalam satu post. Versi terakhir dapat anda temui pada
Apple App Store dan Google Play Store.
Scheduled Posts
Ingin menjaga aliran konten dan trafik tapi anda tidak punya
waktu untuk terus memantau page anda? Facebook kini memungkinkan anda untuk
menjadwalkan post muncul dalam waktu tertentu.
Ketika ingin
menciptakan post yang muncul dalam waktu tertentu. Klik ikon jam pada kiri
bawah atau dekat tombol post, dan masukkan kapan waktu post anda akan tampil
secara terjadwal. Post dapat dijadwalkan dengan interval sebesar 10 menit.
Promoted Posts
Ini adalah fitur paling
efektif untuk bisnis kecil yang ingin mempromosikan konten mereka dan tidak
punya banyak dana untuk beriklan.
Butuh sedikitnya US $5
per post, konten yang dipromosikan dilabeli “sponsored dan akan muncul lebih
sering pada newsfeed target audiens anda dalam jangka waktu tertentu. Fitur ini
memberikan peluang lebih baik agar audiens anda terlibat dalam post yang anda
tampilkan.
Graph Search
Versi tebaru dari bar
pencarian Facebook meliputi hasil pencarian diluar jaringan petemanan dan fans
anda.
Facebook Graph Search mengumpulan data pengguna dan
menyediakan hasil pencarian yang dipersonalisasi berdasarkan minat dan koneksi
anda, meungkinkan bisnis anda tampil pada pencarian yang dioptimalan pada
audiens spesifik.
Places
Facebook memperbarui
fitur lokasi yang memungkinkan pengguna untuk menambah lokasi spesifik pada
post dan foto mereka menggunakan teknologi GPS.
Dengan menambahakan
bisnis sebagai tempat, pengguna dapat check
in ketika datang pada suatu tempat,
memberikan notifikasi pada linimasa mereka, dan pada dasarnya mempromosikan
bisnis anda sambil memberi tahu lokasi bisnis anda.
Artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang fitur facebook untuk berbisnis? Jika anda punya pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar di bawah. Jangan lupa like, share, dan retweet artikel ini. Terima kasih!