Cara Mempromosikan Produk Affiliate

JIka anda menggunakan affiliate marketing sebagai salah satu cara menghasilkan uang secara online, anda pasti ingin tahu bagaimana cara mempromosikan produk affiliate. Hal inilah yang membuat para pemula bingung apa yang harus dilakukan dan mana yang benar dan salah.

Sebagian besar online marketer yang gagal dalam affiliate marketing mengatakan bahwa mereka kesulitan untuk menarik perhatian dan mendatangkan trafik ke website mereka. Misalnya, anda menargetkan niche kesehatan dan kecantikan, pertama saya ingin menunjukkan bahwa niche tersebut adalah pasar yang sangat besar, dengan pencarian di Google:

Kesehatan: 1,76 milyar hasil pencarian
Kecantikan: 1,06 milyar hasil pencarian

Anda tidak akan pernah berhasil jika anda membuat website umum untuk mempromosikan produk tentang masalah  kesehatan dan kecantikan. Karena anda akan melawan banyak situs pesaing.

Dan anda akan kalah saing dalam penulisan artikel tertarget yang anda butuhkan untuk menarik trafik ke website anda. Sebagai contoh, seseorang yang sedang mencari krim anti ketiput tidak sama pasarnya dengan seseorang yang mencari kemoterapi untuk kanker serviks – dan anda tidak bisa membuat website yang secara efektif menjual ke dua orang tersebut.


Jadi jika anda ingin kesempatan untuk berkompetisi pada pasar yang luar biasa besar, yang anda butuhkan adalah tiga hal ini: fokus, fokus dan fokus.

  • Fokuslah pada halaman produk anda, bukan halaman utama
  • Fokuslah pada masalah spesifik dimana produk yang menjadi solusinya
  • Fokuslah pada upaya marketing PPC dan pencarian jadi setiap iklan dan artikel yang anda tulis memberikan jawaban atas masalah dan membawa audiens/pengunjung untuk menuju landing page produk anda yang menyelesaikan masalah mereka.


Cara terbaik untuk menjamin keberhasilan cara mempromosikan produk affiliate adalah memastikan halaman produk affiliate anda menarik dan dibutuhkan untuk sejumlah besar target pasar anda. Semakin tertarget halaman produk affiliate anda, semakin mudah anda untuk:

  • Berbicara langung dengan target pasar anda
  • Mendapatkan peringkat di search engine untuk kata kunci anda
  • Mendominasi ceruk pasar, dan
  • Menetapkan diri anda sebagai ahli dalam bidang tersebut

Cara mempromosikan produk affiliate secara efektif

cara mempromosikan produk affiliate
Jadi mulailah untuk mencari produk affiliate yang anda pahami. Lihatlah berbagai masalah kesehatan dan kecantikan yang produk mereka bisa tangani. Dan tentukan berapa orang yang mencari permasalahan tersebut dan secara aktif mencari jawabannya.

Ingat, ketika orang mencari solusi masalah mereka secara online, mereka memasukkan kata kunci di search engine. Anda dapat menemukan apa yang orang-orang cari menggunaan alat riset kata kunci seperti AdwordKeywordTools atau Wordtracker.com.

Apa masalah yang orang cari informasinya? Dan kata kunci spesifik apa yang mereka gunakan? Temukan kata kunci solusi masalah tersebut seperti “Bagaimana cara..” atau “Tips..” Carilah kata kunci yang mempunyai banyak pencari dan sedikit kompetisinya.

Follow-up riset kata kunci anda dengan mengunjungi blog, forum dan grup tentang kesehatan atau kecantikan untuk memastikan apakah masalah ini banyak dibicarakan dan apa pendapat mereka. Apa masalah yang sulit untuk mereka selesaikan? Solusi apa yang ada sekarang dan solusi apa yang mereka harapkan?

Situs pertanyaan dan jawaban seperti Yahoo! Answer juga bisa menjadi sumber referensi informasi anda untuk menentukan masalah apa yang sedang target audiens anda hadapi, dan mendapatkan jawaban-jawaban untuk menjadi referensi artikel anda nantinya.

Setelah anda mengidentifikasi masalah yang banyak orang cari solusinya, maka sekarang anda mengerti permasalahn apa yang harus difokuskan pada artikel penjualan dan upaya marketing  anda untuk prduk affiliate tersebut.

Setelah upaya marketing tertarget (iklan, SEO, dll.) anda menghasilkan aliran trafik yang berkualitas menuju halaman/artikel permasalahan produk anda, sekarang saatnya untuk mengalihakn perhatian anda ke halaman produk affiliate anda dan berfokus pada satu masalah spesifik.


Mungkin anda akan sangat tergoda sekali untuk menjelaskan bahwa produk affiliate anda adalah solusi terbaik untuk semua masalah kulit sampai obesitas (misalnya). Tapi, orang-orang yang mencari produk tentang masalah kulit tidak mencari tentang masalah obesitas – dan anda tidak bisa membuat artikel yang berfokus pada dua masalah tersebut secara efektif.



Sekali lagi, cara mempromosikan produk affiliate secara online yang terpenting adalah fokus. Anda akan mendapatkan penjualan lebih banyak dengan menjual ke sejumlah kecil audiens yang tertarget daripada berusahan untuk menjangkau orang banyak dan tak terarah.