5 Nasihat Karir dari Donald Trump

Donald Trump dikenal lewat teriakannya “You’re fired!” pada konstestan di reality show terkenalny, “The Apprentice” dan juga Donald Trump adalah salah satu entrepreneur paling terkenal di dunia. Konglomerat real estate ini telah berbisnis lebih dari 40 tahun, dan ketika ia tidak tampil di TV dan mempertimbangkan untuk maju sebagai presiden, ia sibuk menulis buku buku tentang entrepreneurship dan berbagi tentang nasihat karirnya pada dunia.

Baik anda baru memulai karir atau pemilik bisnis musiman, berikut 5 tips penting untuk sukses di dunia kerja oleh Donald Trump:

Nasihat karir Donald Trump

Milikilah passion
“Anda harus mencintai apa yang anda kerjakan,” kata Trump dalam sebuah wawancara dengan AOL Jobs. Trump menyebutkan faktor-faktor kesuksesannya salah satunya adalah passion di dunia real estate, da itu adalah kualitas penting dalam perjalanan karir seseorang. Tak peduli apa yang anda lakukan, cara anda untuk stand out sebagai karyawan atau pebisnis harus diinvestasikan dalam pekerjaan. “Milikilah passsion dalam pekerjaan anda – jangan biarkan hanya menjadi sekedar pekerjaan,” kata Trump. Ketika anda mencintai pekerjaan anda, kualitas kerja anda akan terus meningkat.


Belajarlah dari orang lain
Kecerdasan dan keahlian anda menentukan peran besar dalam kesuksesan anda, anda juga harus meluangkan waktu untuk belajar dan berbagi pengalaman dari rekan-rekan anda. “Anda bisa belajar dari keberhasilan dan kegagalan orang lain, dan saya pikir itu adalah kombinasi yang tepat – anda perlu kombinasi keduanya,” kata Donald Trump dalam sebuah wawancara dengan Forbes. Sangat penting untuk terus bersaing dengan pesaing-pesaing anda, amati apa yang menyebabkan anda berhasil dan apa yang tidak, dan gunakan observasi tersebut untuk beradapatasi dan meningkatkan skill dan stratei anda.

Jadilah pemecah masalah
Konflik dapat timbul meskipun dalam lingkungan kerja yang terbaik sekalipun, jadi keahlian pemecah masalah dapat membantu anda untuk sukses. Kunci dari memecahkan masalah secara efektif adalah tetap tenang, optimistik dan selalu melihat gambaran besar pada suatu masalah. “Ketika saya punya masalah pada tahun 90-an, saya memutuskan untuk menangani situasi tersebut sebagai tantangan bukan bencana. Saya juga berfokus pada solusi dan bukan pada masalah,” kata Trump pada AOL Jobs.


Seimbangkan kepercayaan diri dengan kerendahan hati
Ingin stand out di bursa kerja? “Pancarkan kepercayaan diri. JIka anda tahu apa yang anda lakukan, apapun menjadi mudah,” kata Trump pada AOL Jobs. Kepercayaan diri sama pentingnya dengan kerendahan hati. “Jangan menyombongkan diri terlalu banyak. Hal ini bisa disalahartikan. Menjadi percaya diri tidak selalu harus menyebutkan pencapaian anda terlalu banyak.” Trump menambahkan. Ini adalah nasihat baik untuk orang-orang yang sedang membangun karirinya, dan juga penting ketika proses interview pekerjaan. Jelaskan pada pewawancara anda bahwa anda antusias dan mampu, tapi jangan menyebutkan seluruh prestasi/pencapaian anda. Simpan ego anda dan biarkan CV anda yang berbicara.


Jangan menyerah

Hal yang paling penting yang bisa anda lakukan dalam karir anda adalah terus mencoba. Ketika banyak faktor dari luar menyebabkan banyak rintangan, potensi keberhasilan pada akhirnya terletak di tangan anda. “Saya telah melihat banyak orang yang sangat brilian tapi tidak mempunyai kemampuan untuk bertahan. Mereka tidak mempunyai kualitas ‘tidak pernah menyerah”. Kemampuan untuk tidak menyerah adalah hal yang sangat sangat penting untuk kesuksesan anda dalam karir/entrepreneurship,” kata Trump pada Forbes.